MENINGKATKAN PEMANFAATAN CITRA SATELIT MULTI RESOLUSI BERBASIS GOOGLE EARTH ENGINE (GEE) UNTUK IDENTIFIKASI OBJEK PERMUKAAN LAUT DI SELAT SUNDA DALAM RANGKA MENUDUKUNG PERTAHANAN

Authors

  • Rizky Amelia Universitas Pertahanan Republik Indonesia
  • Trismadi Trismadi Universitas Pertahanan Republik Indonesia
  • Makmur Supriyatno Universitas Pertahanan Republik Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33172/tp.v2i2.820

Abstract

 Wilayah perairan Indonesia dengan kekayaan laut yang melimpah menjadi daya tarik Negara lain, salah satunya ialah wilayah perairan Selat Sunda. Selat Sunda menjadi bagian dari ALKI I dan termasuk kedalam WPP-RI 572 dengan potensi Sumber Daya Ikan (SDI) yang melimpah serta sebagai salah satu checkpoint dunia dengan aktivitas perdagangan laut yang ramai. Oleh karena itu, diperlukan upaya pengawasan dengan mengembangkan teknologi penginderaan menggunakan Google Earth Engine (GEE). GEE sebagai platform komputasi dan arsip data geospasial berukuran petabyte dapat dimanfaatkan untuk identifikasi objek kapal guna mendukung upaya pengawasan di wilayah perairan Selat Sunda. Menganalisa pemanfaatan citra satelit multi resolusi dan multi temporal Landsat-8 dan Sentinel-2 pada GEE serta menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi visualisasi citra untuk identifikasi objek kapal menjadi tujuan dari penelitian ini. Pengamatan pada GEE menghasilkan 21 citra satelit Landsat-8 dan 71 citra satelit Sentinel-2 per tahunnya. Selanjutnya dilakukan kombinasi kanal dan transformasi HSV untuk mempertajam citra sehingga dapat diidentifikasi sebagai objek kapal dan menentukan koordinat posisinya pada tools inspector didalam GEE. Upaya peningkatkan pemanfaatan citra satelit Landsat-8 dan Sentinel-2 pada GEE telah berhasil dilakukan untuk identifikasi objek kapal di perairan Selat Sunda, dimana GEE mampu mewadahi peneliti dengan kemudahan akses data geospasial tanpa proses unduh, algoritma pemograman yang dimodifikasi dan kecepatan waktu dalam pengolahan data.

References

Ashraf, Muhammad A., Maah, Mohd. J., dan Yusoff, Ismail. (2014). “Introduction to Remote Sensing of Biomass”. ResearchGate Publication 221915805: University of Malaya, Malaysia.

Cirigliano, Raffaella Valeria. (2017). Monitoring Urban Heat Island through GEE: potentialities and difficulties in the case of Phoenix, Arizona. Department of Civil and Environmental Engineering, Faculty of Civil and Industrial Engineering: Sapienza Universita Di Roma.

Doktrin TNI AL Eka Sasana Jaya. Keputusan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Nomor: KEP/07/II/2001

Eksa, Golda. (2019). Tiga Komando Gabungan Wilayah Pertahanan TNI Diresmikan : Media Indonesia. Retrieved from https://mediaindonesia.com/read/detail/262018-tiga-komando-gabungan-wilayah-pertahanan-tni-diresmikan, diakses pada 23 Februari 2020.

Ikhtiari, Richarunia Wenny. (2011). Strategi Keamanan Maritim Indonesia dalam Menanggulangi Ancaman Non-Tradisional Security, Studi Kasus: Illegal Fishing Periode Tahun 20-5-2010. Universitas Indonesia.

Putri, H.M., Pramoda, R dan Firdaus, M. (2017). “Kebijakan Penenggelaman Kapal Pencuri Ikan Di Wilayah Perairan Indonesia Dalam Perspektif Hukum”. Balai Besar Riset Sosial Ekonomi, Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jurnal Kebijakan Sosek KP, vol. 7(2), Desember 2017: 91-102.

Siombo, M.R. (2010). Hukum Perikanan Nasional dan Internasional. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sitanggang, Gokmaria. (2010). “Kajian Pemanfaatan Satelit Masa Depan: Sistem Penginderaan Satelit LDCM (Landsat-8)”. Berita Dirgantara, vol. 11(2), hlm. 47-58.

Sobaruddin, Dyan Primana., Armawi, Armaidy dan Martono, Edhi. (2017). “Model Traffic Separation Scheme (TSS) Di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I di Selat Sunda dalam Mewujudkan Ketahanan Wilayah”. Jurnal Ketahanan Nasional, vol. 23(1), 27 April 2017 Halaman 104-122 ISSN: 0853-9340 (Print), ISSN: 2527-9688 (Online).

Suniada, Komang Iwan. (2018). “Validasi Sebaran Kapal Penangkap Ikan Tradisional Menggunakan Data Penginderaan Jauh dan GPS Tracker”. Jurnal of Marine and Aquatic Sciences, vol. 4(1), 14-21. Balai Riset dan Observasi Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Downloads

Published

2020-12-29

How to Cite

Amelia, R., Trismadi, T., & Supriyatno, M. (2020). MENINGKATKAN PEMANFAATAN CITRA SATELIT MULTI RESOLUSI BERBASIS GOOGLE EARTH ENGINE (GEE) UNTUK IDENTIFIKASI OBJEK PERMUKAAN LAUT DI SELAT SUNDA DALAM RANGKA MENUDUKUNG PERTAHANAN. Teknologi Penginderaan, 2(2). https://doi.org/10.33172/tp.v2i2.820

Most read articles by the same author(s)