ANALISIS SISTEM KONTROL SENAPAN MESIN BERAT (SMB) PADA PLATFORM UNMANNED GROUND VEHICLE (UGV) MENGGUNAKAN METODE PROPORSIONAL INTEGRAL DERIVATIVE (PID)

Authors

  • Muhammad Farid Muhyidin Universitas Pertahanan
  • Djoko A Navalino Universitas Pertahanan
  • Nur Rachman S Muda Universitas Pertahanan

DOI:

https://doi.org/10.33172/tsj.v2i2.1037

Abstract

Abstrak – Dalam penelitian ini dibuat sebuah simulasi Senapan Mesin Berat (SMB) yang dilengkapi dengan dua sumbu putar turret gun di atas platform Unmanned Ground Vehicle (UGV). Simulasi yang dibuat menggunakan Software Matlab Simulink dengan menggunakan sistem kontrol PID. Konfigurasi kontroler PID memiliki tiga parameter yaitu Kp, Ki dan Kd yang ditentukan sesuai respon. Simulasi ini dipergunakan sebagai komponen kontrol yang akan dipakai, agar sesuai dengan kriteria desain yang diinginkan. Penentuan parameter - parameter pengendali PID menggunakan metode root locus. Hasil nilai yang didapat menggunakan metode root locus menjadi dasar acuan untuk analisa PID menggunakan metode trial error. Simulasi PID ini di dasari persamaan dinamik sistem penembakan munisi dari Senapan Mesin Berat (SMB). Dari penelitian thesis ini didapatkan hasil nilai parameter PID yaitu P=900 dan D=130 untuk azimuth dan P=1300, I=900 dan D=150 pada elevasi. Pada uji error 10 sudut random, didapatkan bahwa nilai sudut aktual dari azimuth dan elevasi sama dengan nilai inputnya. Simulasi dari parameter PID tersebut telah sesuai dengan kriteria desain yang diinginkan yaitu 0% steady state error dan sistem stabil pada range sudut azimuth dan elevasi 00 - 600.

References

Buku

Creswell, Jhon. (2017). Designing and Conducting Mixed Methods Research. United State of America.

Dieter, G., & Schmidt, L. (2009). Engineering Design Fourth Edition. New York: McGraw-Hill.

Karim, S. (2014). Membangun Kemandirian Industri Pertahanan Indonesia. KPG. DKI Jakarta.

Kasiram, Mohammad. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif-Kualitatif. Malang: UIN Malang Press.

Kementerian Pertahanan. (2007). Strategi Pertahanan Negara. Jakarta: Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Kementerian Pertahanan. (2015). Buku Putih Pertahanan Indonesia. Jakarta.

Nise, N., (2011). “Control Systems Engineering Sixth Edition”, California State Polytechnic University, Pomona.

Ogata, Katsuhiko, (1997), “Teknik Kontrol Automatik Jilid I dan II” Edisi 2. Jakarta: Erlanga.

Ogata, K. (2010). Modern Control Engineering, fifth Edition, Prentice Hall, New Jersey.

Pitowarno, Endra. (2006). Robotika Desain, Kontrol dan Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: Andi Yogyakarta

Supriyanto, Makmur. (2014). Tentang Ilmu Pertahanan, Pustaka Obor, Jakarta.

Visioli, A. (2006). Practical PID Control. In Practical PID Control. Italy.

Wahyu, T., Hartanto, D., dan Wahyu, Y. (2002). Analisis dan Desain Sistem Kontrol Dengan Matlab. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Jurnal

Mushonnifah, S. (2016). Resolve Acceleration Control (RAC) dan Active Force Control (AFC) pada Sistem Turret-gun Kaliber 20 Millimeter. Jurnal Teknik ITS.

Subiono (2001), Sistem Linear dan Kontrol Optimal, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Kunto, D., Wahjudi, A., & Nurhadi, H. (2016). Perancangan Sistem Kontrol PID untuk Pengendali Sumbu Elevasi Gun pada Turret- gun Kaliber 20 Milimeter. Jurnal Teknik ITS

Tamara, M. N. (2018). Simulasi Dan Eksperimen Kontrol Automatic Turret gun. Jurnal ELTEK.

Wardhana, D. W., Wahyudi, A., & Nurhadi, H. (2016). Perancangan Sistem Kontrol PID Untuk Pengendali Sumbu Azimuth Turret Pada Turret-gun Kaliber 20mm. Jurnal Teknik ITS.

Wicaksono, R. H. (2018). Perancangan Sistem Kontrol Posisi Sumbu Elevasi Gun Pada Turret-Gun Menggunakan Kontroler PID Berbasis Arduino Mega. Jurnal Teknik Elektro.

Peraturan dan Undang-Undang

BPKP, B. P. (2010). Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 42 Tahun 2010. Jakarta: Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.

Kemenristek RI, K. R. (2010). Keputusan Strategi Pembangunan Nasional Ilmu Pengetahun dan Teknologi Tahun 2010-2014. Jakarta: Kementrian Riset dan Teknologi.

Kemhan. (2012). Peraturan Menteri Pertahanan Republik Indonesia. Kebijakan Penyelarasan Minimum Essential Force Komponen Utama.

Website

UAV Militer Indonesia, Jalan Berliku Menuju Kemandirian Teknologi UAV. http://lembagakeris.net/uav-militer-indonesia-jalan-berliku-menuju-kemandirian-teknologi-uav (Di Akses Agustus 2019) agungaswam30508-3-2008ta-2.pdf (Di Akses November 2019)

Jurnal Teknik ITS: http://www.digilib.itb.ac.id/files/disk1/611/jbptitbpp-gdl-

Published

2020-12-28