APLIKASI PROPORTIONAL NAVIGATION UNTUK SASARAN BERGERAK DAN KENDALI SUDUT PERKENAAN PADA BOM TERPANDU BERBASIS BOM BT-X PT.PINDAD

Penulis

  • Ria Septitis Mentari Universitas Pertahanan Indonesia
  • R. Djoko A. Navalino Universitas Pertahanan Indonesia
  • Y.H. Yogaswara Universitas Pertahanan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33172/tsj.v1i1.471

Abstrak

Ketidakpresisian bom konvensional dalam mengenai sasaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan pilot dan platform pembawa dalam memenuhi parameter-parameter pelepasan bom. Untuk meminimalisir ketidakpresisian tersebut, bom konvensional dilengkapi sistem pemandu dan kendali. Penelitian ini bertujuan membandingkan dua sistem pemandu Pure Proportional Navigation (PPN) dan Time-to-go Polynomial Guidance (TPG) pada proportional navigation untuk mengetahui sistem pemandu mana yang dapat mengenai sasaran bergerak dan kendali sudut perkenaan. Metode penelitian menggunakan solusi numerik dari ordinary differential equation (ODE) yang diaplikasikan dalam model dinamik koordinat Cartesian pada bidang dua dimensi. Bom terpandu direpresentasikan sebagai benda kaku di udara menggunakan persamaan titik bermassa dan dihubungkan pada kedua persamaan sistem pemandu. Dua sistem pemandu tersebut dibuat dan diaplikasikan menggunakan dua model dinamik pada Simulink. Pengulangan simulasi dilakukan untuk mempelajari perilaku kedua sistem model dinamik. Hasil penelitian menunjukkan model dinamik Time-to-go Polynomial Guidance (TPG) mampu mengenai sasaran bergerak dan kendali sudut perkenaan. Sedangkan, model dinamik Pure Proportional Navigation (PPN) hanya mampu mengenai sasaran bergerak. Nilai keakurasian sudut perkenaan TPG mendekati sudut yang diinginkan dengan presentase tertinggi dan terendah adalah 96% dan 76%. Nilai keakurasian sudut perkenaan semakin berkurang ketika kecepatan sasaran bergerak semakin tinggi.

Kata kunci: Bom Terpandu, Persamaan Titik Bermassa, dan Proportional Navigation.

Referensi

Buku

Direktorat Riset Dan Pengabdian Masyarakat. 2018. Panduan Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Edisi XII. Direktorat Jenderal Penguatan Riset Dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi.

Khotimah, B.K. 2015. Teori Simulasi Dan Pemodelan: Konsep, Aplikasi Dan Terapan Fakultas Teknik Prodi Teknik Informatika Universitas Trunojoyo Madura: Wade Group

Souris, G, M. 2003. Missile Guidance and Control Systems.Springer: New York. ISBN 0-387-00726-1

Internet

Korean Society for Industrial And Applied Mathematics. 2018. “Homing Guidance”, dalam https://www.ksiam.org/conference/3cbf86f3-4131-440b-a6f6-407c6c52edbf/past, KSIAM 2014,Jeju, diakses 23 Januari 2019

Milan N. Vego. 2006. Effects-Based Operations: A Critique, dalam Ndu.press.ndu.edu. Issue 41, 2 quarter/JFQs, diakses 20 Desember 2018.

Thomson, Loren. 2018. JDAM: How Boeing’s Low Cost Smart Bomb Revolutionized Strike Warfare, dalamhttps://www.forbes.com/sites/lorenthompson/2018/08/29/jdam-how-boeings-low-cost-smart-bomb-revolutionized-strike-warfare/#15fc6112c7da, diakses 21 Januari 2018

Jurnal

Lee, Chang Hun, Shin, Hyo San, Lee, Jin Ik, Tahk, Min Jea. 2013. “Polynomial Guidance Laws Considering Final Impact Angle and Acceleration Constraint”. IEEE Transactions on Aerospace and Electronic System Vo.49 No.1 January, 2013, hlm. 74-92.

Lee, Chang Hun, Kim, Tae Hun, Tahk, Min Jea. 2018. Zero Effort Miss Shaping Guidance Laws. IEEE Transaction On Aerospace And Electronic Systems, Volume: 54, Issue:2, April 2018 pp 693-705.

Diterbitkan

2020-04-14