STRATEGI KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DALAM MEMBANTU MENCEGAH KONFLIK TERKAIT ALGORITMA PADA MESIN PENCARI

Authors

  • Wildan Akbar Hashemi Rafsanjani Universitas Pertahanan

Abstract

Indonesia adalah negara demokratis dengan kebebasan berbicara menjadi salah satu pilarnya. Baru-baru ini, kebebasan berpendapat telah berubah bentuk, tidak lagi dalam konteks dunia nyata, tetapi juga dunia maya. Ini kemudian dimanfaatkan oleh sekelompok individu untuk mencapai target mereka untuk mendapatkan massa orang dengan cepat dan tidak bertanggung jawab, salah satu caranya dengan bantuan alogaritma di mesin pencari. Alogaritma ini dapat menciptakan Informatika yang berulang untuk dikonsumsi oleh masyarakat secara tidak sadar karena kurangnya budaya literasi. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kesadaran pemerintah Indonesia dan masyarakat tentang urgensi bahaya alogaritma di mesin pencari, serta pentingnya perlindungan data privasi karena saat ini kita berada di era big data. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan data dan observasi, dengan studi literasi sebagai tambahan. Saat ini strategi pemerintah untuk melindungi masyarakat Indonesia dari bahaya terjadinya manipulasi pada opini publik menggunakan alogaritma mesin pencari dan upaya pemerintah dalam mencegah konflik di masyarakat akibat alogaritma mesin pencari sudah tidak efektif lagi dikarenakan oleh perkembangan zaman.

References

Buku

Creswell, J., W. (2012). RESEARCH DESIGN Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Douglas J, Murray & Paul R, Viotti. (1985). The Defense Policies of Nations : A Comparative Study. Baltimore : The John Hopkins University.

Lahiri, Kris. (2018). What Is General Data Protection Regulation?, Forbes. Jersey City: Forbes Media

McLuhan, Marshall. (1964). Understanding Media: Extension of A Man. Kanada : The MIT Press.

Moleong, L., J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remadja Rosdakarya.

Potter, James. (2011). Media Literacy, Fifth Edition. Washington DC : Sage Publication.

Silverblatt, Art. (1995). Media Literacy: Keys to Interpreting Media Messages. London : Praeger.

United Nations Development Programme. (1994). Human Development Report. New York : United Nations.

Jurnal

Andreas, Kaplan & Michael, Haenlein. (2019). “Siri, Siri in my Hand, who's the Fairest in the Land? On the Interpretations, Illustrations and Implications of Artificial Intelligence”. Business Horizons.

Lambert, Paul. (2017). “Understanding the new European data protection rules”. CRC Press. ISBN 978-1-138-06983-1, 2017

National Research Council. (2010). “America's Climate Choices: Panel on Advancing the Science of Climate Change, National and Human Security”. The National Academies Press.

Nugroho, S., E. (2017). “Upaya Masyarakat Anti Fitnah Indonesia Mengembalikan Jatidiri Bangsa dengan Gerakan Anti HOAX”. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia.

Juditha, C. (2019). “Literasi Informasi Melawan Hoaks Bidang Kesehatan di Komunitas Online”. Jurnal Ilmu Komunikasi. Volume 16. Nomor 1. Juni

Juliswara, V. (2017). “Mengembangkan Model Literasi Media yang Berkebhinnekaan Dalam Menganalisis Informasi Berita Palsu (Hoax) di Media Sosial”. Jurnal Pemikiran Sosiologi. 4(2).

Pariser, Eli. (2012). “The Filter Bubble : How The New Personalized Web is Changing What We Read and How We Think”. InterActions: UCLA Journal of Education and Information Studies. 8(2).

Septanto, H. (2018). “Pengaruh HOAX dan Ujaran Kebencian Sebuah Cyber Crime Dengan Teknologi Sederhana di Kehidupan Sosial Masyarakat”. Journal Kalbiscentia. Volume 5. No. 2. Agustus.

Spiegel, J., M. & Huish, R. (2009). “Canadian foreign aid for global health: Human security opportunity lost”. Canadian Foreign Policy Journal 15.

Voigt, Paul. & Bussche, Axel von dem. (2017). “The EU General Data Protection Regulation (GDPR): A Practical Guide”. Springer International Publishing AG.

Peraturan dan Perundang-Undangan

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Undang-Undang No 24 Tahun 2013 mengenai Administrasi Kependudukan

General Data Protection Regulation, European Commission.

Web

Kaplan, Michael. "Facebook and Google are already facing lawsuits under new data rules". CNN.com. Atlanta: Turner Broadcasting Network Inc. 2018.

Kominfo. “Terungkap Hoax Gaya Baru Jelang Pilpres, Besar-besaran”, https://kominfo.go.id/content/detail/17074/terungkap-hoax-gaya-baru-jelang-pilpres-besar-besaran/0/sorotan_media. 12 Maret 2019. diakses pada tanggal 21 Mei 2019.

Syaripudin. “Urgensi Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi di Indonesia”. https://indopos.co.id/read/2018/04/17/134995/urgensi-undang-undang-perlindungan-data-pribadi-di-indonesia/. 17 April 2018 diakses pada tanggal 12 Desember 2019

Downloads

Published

2020-08-28