IMPLIKASI PEMBERITAAN MEDIA ARUS UTAMA NASIONAL TERHADAP KETAHANAN MASYARAKAT MENGHADAPI MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU PANDEMI COVID-19 (Studi pada Pengguna Twitter di Indonesia)
Abstract
Pandemi Covid-19 membawa dampak signifikan terutama di bidang kesehatan dan ekonomi. Pemerintah memutuskan untuk melakukan transisi dari permbatasan sosial berskala besar (PSBB) menuju masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk menyelamatkan perekonomian. Penelitian ini menganalisis implikasi pemberitaan media online terhadap ketahanan masyarakat menghadapi masa adaptasi kebiasaan baru pandemi Covid-19, yakni melalui tanggapan netizen di Twitter terhadap pemberitaan terkait new normal. Media massa memiliki peran untuk memberikan edukasi kepada masyarakat guna meningkatkan mitigasi serta mengawasi kebijakan tata kelola penanganan pandemi. Di sisi lain, realitas yang dikonstruksi oleh media mempengaruhi opini publik dalam menanggapi kebijakan pemerintah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Data didapatkan melalui wawancara terhadap lima narasumber yang relevan di bidang komunikasi pemerintahan dan media massa, studi pusaka, dan observasi berdasarkan peta Social Network Analysis (SNA) media sosial Twitter. Analisis penelitian menggunakan teori ketahanan masyarakat oleh Nuwayhid et al (2011). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga kluster dalam perbincangan mengenai new normal di Twitter, yaitu kluster pro pemerintah, pro oposisi, dan information arbitrage. Temuan tersebut mengindikasikan bahwa pemberitaan mengenai new normal dari beragam perspektif, meleburkan kohesi sosial yang sebelumnya telah terbentuk. Di sisi lain, solidaritas organik terbentuk di masyarakat untuk bersama-sama menangani pandemi Covid-19, didorong oleh pemberitaan mengenai praktik baik di masyarakat. Kepercayaan publik terhadap tata kelola penanganan Covid-19 menunjukkan terjadinya kegamangan dengan terbentuknya kelompok pro oposisi dan pro pemerintah. Penelitian lebih lanjut direkomendasikan untuk menganalisis persepsi publik terhadap kebijakan pemerintah di masa pandemi guna meningkatkan ketahanan masyarakat.
References
American Press Institute. (2015). Breaking Down the Millennial Generation: A typology of young news consumers. Retrieved from https://www.americanpressinstitute.org/publications/reports/survey-research/millennials-typology/.
Bungin, B. (2006). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan . Jakarta: Kencana.
Chandra, A. (2011). Building community resilience to disasters. RAND Corporation; Santa Monica, CA. doi:10.7249/TR915.
Eriyanto. (2002). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta : LKIS.
Hassan, M. H. (2020). Impact of Risk Perception on Trust in Government and Self Efficiency During Covid-19 Pandemic: Does Social Media Content Help Users Adopt Preventative Measures? Research Square.
Hootsuite (We are Social). (2020). Digital 2020.
Letouzé, E. (2012). Big Data for Development: Challenges & Opportunities. Global Pulse is a United Nations initiative.
Mardianto. (2019). Prasangka dan Ujaran Kebencian Siber: Peran Pola Komunikasi Daring dan Algoritma Media Sosial (Ruang Gema dan Gelembung Informasi ). Psikologi Sosial di Era Revolusi Industri 4.0: Peluang dan Tantangan, 74-85.
Norris, F. H. (2008). Community resilience as a metaphor, theory, set of capacities, and strategy for disaster readiness. American Journal of Community Psychology. doi:10.1007/s10464-007-9156-6resilience. Global Public Health. doi:10.1080/17441692.2011.557666.
Nuwayhid, I. (2011). Summer 2006 war on Lebanon: A lesson in community resilience. Global Public Health. doi:10.1080/17441692.2011.557666.
Paramastri, N. A. (2019). Penggunaan Twitter sebagai Medium Distribusi Berita dan News Gathering Oleh Tirto.Id. Jurnal Kajian Jurnalisme. doi:10.24198/jkj.v3i1.22450
Pariser, E. (2011). The Filter Bubble: What the Internet is Hiding From You. New York: The Penguin Press.
Reuters Institute. (2020). Reuters Intitute Digital News Report 2020. Reuters Institute for the Study of Journalism.
Rusadi, U. (2014). Konsumsi Berita Lintas Media Massa Konvensional Dan Internet. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika.
Setatama, M. S. (2017). Implementasi Social Network Analysis pada Penyebaran Country Branding “Wonderful Indonesia”. Indonesian Journal on Computing (Indo-JC). doi:10.21108/indojc.2017.2.2.183
Simsa, R. (2019). Spontaneous Volunteering in Social Crises: Self-Organization and Coordination. Nonprofit and Voluntary Sector Quarterly. doi: 10.1177/0899764018785472.
Suharso, P. (2019). Pemanfaatan Drone Emprit dalam Melihat Trend Perkembangan Bacaan Digital melalui Akun Twitter. Anuva.
Utama, A. P. (2020, Juni 23). Pandemi dan Sistem Keamanan Publik. Dipetik Juli 14, 2020, dari detik.com: https://news.detik.com/kolom/d-