TINJAUAN KEAMANAN NASIONAL DALAM PENANGAN COVID-19

Authors

  • Rizky Bintang Pratama Universitas Pertahanan RI
  • Eri R Hidayat Universitas Pertahanan RI
  • IDK Kertawidana Universitas Pertahanan RI

Abstract

Di Indonesia, melalui keputuan presiden, Covid-19 telah ditetapkan sebagai bencana nasional non-alam sehingga memerlukan penanganan yang melibatkan antar lembaga terkait karena dampak yang begitu besar, tidak hanya pada kesehatan masyarakat tapi juga berbagai sektor lainnya seperti ekonomi, sosial, bahkan pendidikan. Namun, dalam penanganan Covid-19 selain respon pemerintah yang dianggap lambat dalam menangani Covid-19, interagency yang terjadi juga dinilai masih lemah karena koordinasi terlihat tidak sejalan dengan tindakan yang dilakukan antar lembaga dalam penanganan. Permasalahan penelitian yaitu tetang inetragency penanganan Covid-19, tinjauan keamanan nasional dalam penanganan Covid-19, dan konsepsi Dewan Keamanan Nasional dalam penanganan Covid-19. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis inetragency penanganan Covid-19, tinjauan keamanan nasional dalam penanganan Covid-19, dan konsepsi Dewan Keamanan Nasional dalam penanganan Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengupulan data melalui wawancara, observasi tidak langsung, dan dokumentasi. Data diperoleh dari enam kementerian dan lembaga terkait, dua akademisi, dan satu pengamat kebijakan publik yang selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses interagency penanganan Covid-19 masih lemah dengan adanya hambatan berupa konflik kepentingan (ego sektoral) dan over interagency. Pada tinjauan keamanan nasional, hal tersebut terjadi karena Covid-19 belum disekuritisasi secara tegas karena sistem keamanan nasional yang belum terbentuk secara utuh, kemudian dalam proses sekuritisasi muncul diferensiasi struktural pada kementerian dan lembaga terkait. Namun lembaga baru yang dibentuk pemerintah, masih belum mencangkup seluruh stakeholder terkait sehingga konsepsi Dewan Keamanan Nasional pada penelitian ini akan menjelaskan bagaimana lembaga ini dengan tingkat koordinasi tertinggi lintas kementerian yang dipimpin langsung oleh presiden dapat mengakomodir permasalahan multisektoral seperti Covid-19. Penelitian lebih lanjut direkomendasikan untuk menganalisis ancaman multisektoral guna memaksimalkan fungsi Dewan Keamanan Nasional nantinya.

References

Aida, N. R. (2020). Indonesia Resmi Resesi, Ini yang Perlu Kita Tahu soal Resesi dan Dampaknya. Retrieved from https://www.kompas.com/tren/read/2020/11/05/125200565/indonesia-resmi-resesi-ini-yang-perlu-kita-tahu-soal-resesi-dan-dampaknya?page=all.

Arifin, D. (2020). Presiden Tetapkan COVID-19 Sebagai Bencana Nasional - BNPB. Retrieved from https://bnpb.go.id/berita/presiden-tetapkan-covid19-sebagai-bencana-nasional.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Pendidikan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

BNPB. (2020). Rapat Koordinasi Penanganan Virus Corona. Retrieved from BNPB.go.id.

Faisal, A. (2020). Menpan RB sebut rencana ubah Wantanas jadi Dewan Keamanan Nasional. Retrieved from Retrieved from https://www.antaranews.com/berita/1846516/menpan-rb-sebut-rencana-ubah-wantanas-jadi-dewan-keamanan-nasional.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. (2020). Protokol Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) (Vol. 19). Jakarta : Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Hampson, F. O., Buzan, B., Waever, O., & Wilde, J. de. (1998). Security: A New Framework for Analysis. In International Journal. https://doi.org/10.2307/40203739

Jaring.id. (2020). Wantannas Tak Cukup Pertahanan. Retrieved from https://jaring.id/wantannas-tak-cukup-pertahanan/

Mabruroh. (2020). Pengamat Nilai PSBB Sudah tidak Efektif. Retrieved from https://republika.co.id/berita/qg0xfz396/pengamat-nilai-psbb-sudah-tidak-efektif.

Ridder, H. G., Miles, M. B., Michael Huberman, A., & Saldaña, J. (2014). "Qualitative data analysis. A methods sourcebook". London : SAGE.

Rizal, J. G. (2020). Presiden Bentuk Komite Penanganan Covid-19, Ini Tanggapan Epidemiolog. Retrieved from https://www.kompas.com/tren/read/2020/07/21/144000765/presiden-bentuk-komite-penanganan-covid-19-ini-tanggapan-epidemiolog?page=all

Suara.com. (2020). Pemerintah Indonesia Dinilai Lambat Mengantisipasi Covid-19 Sejak Dini. Retrieved from Suara.Com.

Utama, A. P. (2020). Pandemi dan Sistem Keamanan Publik. Retrieved from detik.com.

Yani, Y. M., & Montratama, I. (2016). Mengenal Dewan Keamanan Nasional di Empat Negara sebagai Referensi Pembentukan Struktur Koordinasi Penanganan Terorisme di Indonesia. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 6(1), 1–29.

Downloads

Published

2021-08-30