ANALISIS KEBIJAKAN PENANGANAN DAMPAK WABAH COVID-19 PADA SEKTOR SOSIAL-EKONOMI DARI PERSPEKTIF STUDI KEAMANAN NASIONAL DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Authors

  • Farah Asmajasmine Intishardewi Universitas Pertahanan RI
  • Puguh Santoso Universitas Pertahanan RI
  • Agus Adriyanto Universitas Pertahanan RI

Abstract

Mewabahnya pandemi COVID-19 memberikan dampak bagi sosial-perekonomian. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu provinsi yang paling rentan mengalami dampak terberat , sebab kegiatan perekonomian di Yogyakarta sangat ditopang oleh pariwisata dan pendidikan. Respon variatif dalam bentuk kebijakan dikeluarkan oleh Pemerintah DIY seiring dengan bertambahnya jumlah kasus, yang seringkali tidak sinkron dari sisi kesehatan dan sosial-ekonomi, hal ini dapat berdampak lebih jauh mempengaruhi keamanan nasional dan memunculkan konflik apabila terus berlanjut dan masyarakat mencapai titik kesulitan dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kebijakan pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam penanganan dampak wabah Covid-19 pada sektor sosial-ekonomi dan menganalisis strategi peningkatan efektivitas pelaksanaan kebijakannya dari perspektif studi keamanan nasional. Peneliti mengunakan pendekatan kualitatif Sedangkan model evaluasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah CIPP Evaluation model (Context, Input, Process ,Product). Hasil penelitian menunjukkan Pemerintah Provinsi DIY telah melakukan berbagai upaya dan rencana yang efektif untuk langkah kedepannya. Yang menjadi catatan adalah perlu adanya optimalisasi dalam sosialisasi yang lebih kepada masyarakat baik dari segi aspek kesehatan pencegahan COVID-19 maupun langkah upaya baru menggerakkan roda ekonomi berbasis teknologi.

References

Goble, Frank G. (1971). Madzhab Ketiga Psikologi Humanistik Abraham Maslow, terj. Drs. A. Supratinya. Yogyakarta: PT Kanisius.

Kemhan. (2014). Buku Putih Pertahanan. Jakarta: Kemhan

Maslow, Abraham H. (1984). Motivasi dan Kepribadian: Teori Motivasi dengan Ancangan Hirarki Kebutuhan Manusia (judul asli: Motivation and Personality). Diterjemahkan oleh Nurul Iman. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo.

Miles , Matthew B., A. Michael Huberman, Johnny Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis : A Methods Sourcebook Edition 3. London : SAGE Publications.

Downloads

Published

2021-12-30