ANALISIS PEMBENTUKAN KOMPONEN CADANGAN SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PERAN ANGKATAN DARAT TERHADAP PERTAHANAN NEGARA (Studi Kasus: Konsep Pembentukan Komcad Pada Matra TNI AD)

Authors

  • Fredi Firmansyah Universitas Pertahanan RI
  • Eri Radityawara Hidayat Universitas Pertahanan RI
  • M. Adnan Madjid Universitas Pertahanan RI

Abstract

Komponen Cadangan Negara Republik Indonesia untuk saat ini masih belum terbentuk, sedangkan perannya sangat penting dalam sistem pertahanan negara sebagai penambah kekuatan dan kemampuan komponen utama yaitu TNI. Permasalahan penelitian yaitu tentang kekuatan TNI Angkatan Darat dalam pertahanan negara dan Pembentukan Komponen Cadangan matra darat sebagai upaya optimalisasi peran Angkatan Darat terhadap pertahanan negara. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kekuatan TNI Angkatan Darat dalam pertahanan negara dan menganalisis Pembentukan Komponen Cadangan matra darat sebagai upaya optimalisasi peran Angkatan Darat terhadap pertahanan negara. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh dari literatur-literatur dan narasumber yang berjumlah 5 orang. Selanjutnya, data yang diperoleh akan dianalisis dengan teknik tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembentukan Komcad Matra Darat dapat meningkatkan peran TNI AD pada fungsi utama pertempuran. Komcad yang dikembalikan ke masayarakat dan tersebar di seluruh wilayah NKRI merupakan Bapul yang membantu peran TNI sebagai mata dan telinga. Komponen Cadangan Matra Darat dibentuk kedalam satuan tempur setingkat Batalyon dengan sebutan Batalyon Komcad (Yonkomcad) dan satuan Brigade. Komposisi personel yang ada di dalamnya merupakan gabungan antara personel TNI AD dan personel Komcad Matra Darat dimana pucuk pimpinan/komandannya dipegang personel TNI AD aktif. Batalyon-Batalyon Komcad akan ditempatkan di daerah-daerah yang tidak memiliki satuan TNI setingkat Kodim dengan tujuan sebagai pelapis dan pendukung kekuatan utama. Sebagai rekomendasi, berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk mempercepat terbentuknya Komponen Cadangan yang sesuai dengan kebutuhan dan kajian dari TNI AD.

References

Ahmed, J. U. (2010). Documentary Research Method : New Dimensions. Indus Journal of Management & Social Science (IJMSS), 4(1), 1–14.

Asrin, H. (2015). Komponen Cadangan dan Komponen Pendukung Simplifikasi Bela Negara Dalam Pusaran Ancaman Nyata Maupun Belum Nyata. WIRA Edisi Khusus, 26–29.

Berantas, S. (2015). Percepatan Pembangunan Pertahanan dalam Upaya Mewujudkan Negara Maritim Indonesia yang Kuat: Suatu Tinjauan Peraturan Perundang-Undangan. Jurnal Pertahanan, 5(2), 151.

Bogdan, R., & Taylor. (1992). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif (Terjemahan oleh Arief Rurchan). Penerbit Usaha Nasional.

Hidayat, S. (2015). Doktrin Pertahanan dalam Mewujudkan Keamanan Maritim: Perspektif Posmodernisme. Jurnal Pertahanan, 5(2), 85.

Mishael, G., Setiyono, J., & Hardiwinoto, S. (2016). Kebijakan Operasi Militer Tentara Nasional Indonesia Terhadap Organisasi Papua Merdeka Dalam Perspektif Hukum Humaniter Internasional. Jurnal Diponegoro Law Review, 5(2), 3–6.

Moleong, L. J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Murgiyanto, B. (2005). Konstruksi Sistem Pertahanan Negara Dalam Menghadapi Aksi Terorisme. Jurnal Ketahanan Nasional, 10(1), 50–53.

Pratiwi, Y. D. (2017). Mengatasi Gerakan Separatis Melalui Operasi Militer Selain Perang (OMSP): Tinjauan Hukum Humaniter dan Hukum Nasional. Jurnal Lembaga Keris, 3(1), 20.

Sahabuddin. (2020). Sistem Pertahanan Rakyat Semesta Pasca Berlakunya UU PSDN Untuk Pertahanan Negara. Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 6(3), 13.

Samudra, N. (2016). Mengikuti Pelatihan Kader Bela Negara. Patriot Garuda. https://patriotgaruda.com/2016/09/16/mengikuti-pelatihan-kader-bela-negara/#prettyPhoto

Sihotang, K. J., & Kasto. (2008). Peningkatan kekuatan TNI-AD sebagai Komponen Utama Pertahanan Negara dalam Merespon Ancaman :: Studi di Kabupaten Merauke Provinsi Papua. Universitas Gajah Mada.

Stockley, D. (2003). Training and Management Consulting. http://www.derekstockley.com.au/background.html

Sukoco, I., & Prameswari, D. (2017). Pendekatan Human Capital untuk Pengelolaan Sumber Daya Manusia yang Lebih Produktif. Jurnal AdBispreuneur, 2(1), 94–95.

Toruan, G. T. (2019). Tinjauan Yuridis Kebijakan Bela Negara Kemhan dalam Persepktif Hukum Indonesia. Jurnal Esensi Hukum, 1(1), 71.

Zarqan, I. A., & Sukarni. (2017). Human Resource Development In The Era Of Technology; Technology’s Implementation For Innovative Human Resource Development. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 10(3), 218–219.

Downloads

Published

2022-06-30