Strategi Pemanfaatan Media Online Dalam Publisitas Pembinaan Teritorial (Studi PENREM 084/Bhaskara Jaya)

Authors

  • Gerald Nusra Program Studi Damai dan Resolusi Konflik, Fakultas Keamanan Nasional, Universitas Pertahanan

Abstract

Abstrak -- Teknologi informasi yang berkembang begitu pesat memudahkan masyarakat umum untuk mendapatkan dan membagikan informasi melalui media online atau media sosial sebagai media informasi yang efektif dan efisien yang terhubung dengan jaringan internet.  Dengan kemajuan teknologi informasi dengan fasilitas media informasi berupa media online atau media sosial, merupakan peluang bagi TNI AD khususnya Korem 084/Bhaskara Jaya sebagai satuan komando kewilayahan dalam menyebarkan informasi secara luas kepada masyarakat tentang kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) yang dilaksanakan di wilayah Korem 084/Bhaskara Jaya. Penelitian ini dirancang guna memperoleh pemahaman tentang strategi pemanfaatan media online dalam publisitas kegiatan pembinaan teritorial (studi Penrem 084/Bhaskara Jaya Kodam V/Brawijaya). Tujuan penelitian, untuk: pertama, menganalisis strategi pemanfaatan media online dalam publisitas kegiatan Pembinaan Teritorial ; kedua, menganalisis faktor apa saja yang menjadi hambatan dalam strategi pemanfaatan media online dalam publisitas kegiatan Pembinaan Teritorial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Teknik analisis data lebih banyak dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data saat peneliti berada di lapangan.  Lokasi penelitian di wilayah Kota Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pemanfaatan media online dalam publisitas kegiatan Pembinaan Teritorial belum optimal ; 2) hal-hal yang mempengaruhi pemanfaatan media online dalam publisitas kegiatan Pembinaan Teritorial ditinjau dari beberapa dimensi yaitu dimensi public relations, dimensi sumber daya, dimensi jurnalistik dan komunikasi sosial.

Kata kunci: strategi, pemanfaatan, media online dan publisitas

 

Absract -- Information technology that is developing so rapidly facilitates the general public to obtain and share information through online media or social media as an effective and efficient information media connected to the internet network. The advancement of information technology with information media facilities in the form of online media or social media, it is an opportunity for TNI AD especially Korem 084 / Bhaskara Jaya as a unit of regional command in spreading information widely to the community about the activities of territorial development (Binter) implemented in Korem 084 / Bhaskara Jaya. This study was designed to gain an understanding of online media utilization strategies in the publicity of territorial development activities (Penrem 084 / Bhaskara Jaya Kodam V / Brawijaya study). The purpose of the study is: first, analyze the strategies of online media utilization in the publicity of territorial development activities; secondly, analyzing any factors that impeded the strategy of online media utilization in the publicity of territorial development activities. This study uses qualitative methods. The data were obtained through observation, interviews and library studies. Data analysis techniques are more often done along with data collection when researchers are in the field. Research location in Surabaya area. The results showed that : 1) online media utilization in the publicity of territorial development activities is not optimal; 2) things that affect the use of online media in the publicity of territorial development activities are reviewed from several dimensions, namely the dimensions of public relations, the dimensions of resources, the dimensions of journalism and social communication.

Keywords: Strategy, utilization, online media, and publicity

Author Biography

Gerald Nusra, Program Studi Damai dan Resolusi Konflik, Fakultas Keamanan Nasional, Universitas Pertahanan

Program Studi Damai dan Resolusi Konflik, Fakultas Keamanan Nasional, Universitas Pertahanan

References

Daftar Pustaka

Baried, Siti Barorah, 2003. Pengantar Teori Filologi, Jakarta: Pranata.

Creeber and Martin. 2009. Digital Cultures: Understanding New Media. Open University

Heryanto, Gun Gun dan Shulhan Rumaru. 2013. Komunikasi Politik: Sebuah Pengantar. Bogor: Penerbit. Ghalia Indonesia.

Hutabarat, Jemsly. 2018. Strategi, terpadu, komprehensif, simultan. Jakarta: Prasetiya Mulya Publishing.

Jefkins, Frank. 2004. Public Relations, Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, Dedik, 2005. Membangun Bisnis Sekolah Online. Jakarta: Gramedia.

Kriyantono, Rachmat. 2008. Public Relations Writing: Teknik Produksi Media Public Relations dan Publisitas Korporat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

L.A, Lievrouw. 2011. Alternative and Activist New Media. Cambridge: Polity Press

Ma’ruf, Hendri. 2006. Pemasaran Ritel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Mondry. 2008. Mass Communication Theory. London: Stage Publication, 2008

Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nazir Moh. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Peter, J. Paul dan James H.Donnelly. 2009. Marketing Management. New York: McGraw Hill-Irwin.

Rangkuti. 2013. Analisis SWOT Teknis Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: Pratama Media.

Swastha, Basu dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Cetakan Ketigabelas. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syahputra, Dr.Iswandi. 2018. Opini Publik. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Uchjana Effendy, Onong. 2002. Dinamika Komunikasi (Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Uchjana Effendy, Onong. 2009. Human Relation and Public Relation. Bandung: Mandar Maju

Sumber Internet

Anonim. “Pemanfaatan” dalam https://kbbi.web.id/manfaat diunduh pada 12 Agustus 2018.

Downloads

Published

2018-08-21