PENGEMBANGAN BISNIS PRODUK BERBASIS TEKNOLOGI TINGGI PT PINDAD (PERSERO) (STUDI PADA PANSER ANOA DAN EKSKAVATOR)

Penulis

  • Nurina Munasyaroh Universitas Pertahanan Indonesia
  • Jupriyanto Jupriyanto Universitas Pertahanan Indonesia
  • Bambang Wahyudi Universitas Pertahanan Indonesia

Abstrak

Pengembangan bisnis merupakan suatu pendekatan yang mengedepankan kedisiplinan untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaan melalui kehadiran pelanggan baru dan perluasan pelanggan yang sudah ada. Pengembangan bisnis perlu diterapkan di seluruh sektor industri, tidak terkecuali industri pertahanan. PT Pindad (Persero) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur pertahanan. Sebagai bagian dari BUMN yang tergolong dalam cluster NDHI, PT Pindad (Persero) memberikan kontribusi besar bagi sistem pertahanan dan kemanan negara melalui hasil karya alutsista buatannya yang mendunia. Pengembangan bisnis PT Pindad (Persero) dijalankan melalui dua jenis produk berbeda yakni produk hankam dan produk industrial. Tujuan utama dari penelitian ini yakni menganalisis pengembangan bisnis produk berbasis teknologi tinggi yang diproduksi oleh PT Pindad (Persero). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil temuan menunjukkan bahwa proses pengembangan bisnis produk berbasis teknologi tinggi PT Pindad (Persero) dilakukan dengan mengedepankan sebuah inovasi baik produk maupun layanan yang diberikan. Produk berbasis teknologi tinggi yang dihasilkan PT Pindad (Persero) telah memasuki pasar wilayah regional ASEAN dan juga Asia. Dengan masuknya produk berbasis teknologi tinggi PT Pindad (Persero) dalam wilayah Asia, diharapkan nantinya PT Pindad (Persero) dapat memenuhi target perusahaan yang telah memasuki sasaran perusahaan tahap II dengan fokus produk hankam dalam wilayah Asia, dan produk industrial yang berfokus pada pasar ASEAN.

Kata Kunci: Ekskavator, Panser Anoa, Pengembangan Bisnis, Produk Berbasis Teknologi Tinggi, PT Pindad (Persero)

Referensi

Daftar Pustaka

Buku

Gaffar, F dan Vanessa. (2007). CRM dan MPR Hotel. Bandung: Alfabeta.

Kennedy, Anna. (2015). Business Development for Dummies: A Wiley Brand. West Sussex: John Wiley & Sons, Ltd.

Mohr, Jakki., Sengupta, Sanjit., & Slater, Stanley. (2010). Marketing on High-Technology Products and Innovations Third Edition. Pearson Education, Inc., Upper Saddle River, New Jersey, 07458.

Seskoad. (2014). Pemanfaatan Industri Strategis untuk Mendukung Modernisasi Alutsista TNI AD di Masa yang Akan Datang. Kajian Triwulan III TA 2014.

Supandi. (2018). Text Book Ekonomi Pertahanan (Defense Economics) 13 Wawasan Studi Ilmu Ekonomi Pertahanan Edisi Pertama 2018. Jakarta: CV. Makmur Cahaya Ilmu

Yusgiantoro, Purnomo. (2014). Ekonomi Pertahanan Teori & Praktik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Jurnal

Davis, Charles H., & Sun, Elaine. (2006). Business Development Capabilities in Information Technology SMEs in a Regional Economy: An Exploratory Study. Journal of Technology Transfer, 31: 145-161.

Gardner, D. M., Jonson, F., Griffin, A. (2000). A Contingency Approach to Marketing High Technology Products. European Journal of Marketing, 34(9/10), 1053-1077.

Gijsberts, Sven. (2017). New Business Development Processes in Small and Medium-Sized Enterprises (Masterthesis). Msc. Business Administration of University of Twente.

Hatzichronoglou, Thomas. (1997). Revision of the High-Technology Sector and Product Classification. OECD STI Working Paper.

Lee, Wan-I., Chiu, Yen Ting Helena., Chiang, Min-Huei., Chiu, Chun-Chen. (2009). Technology Readiness in The Quality-Value-Loyalty Chain. International Journal of Electronic Business Management, 7(2), 112-126.

Sturm, Michael. (2015). Business Development Characteristics: Findings from Literature. International Conference on Marketing and Business Development Journal, I(1), 130-137.

Teece, David J. (2010). Business Models, Business Strategy and Innovation. Long Range Planning 43 (2010), 172-194.

Truong, Y., Klink, R., R, Simmons, G., Grinstein, A., & Palmer, M. (2017). Branding Strategies for High Technology Products: The Effects of Consumer and Product Innnovativeness. Journal of Business Research, 70, 85-91.

Yulianti, Luli., Sjahruddin, Herman., & Tahir, Bungatang. (2015). Implementasi Customer Relationship Management (CRM) terhadap kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Pengguna Smartphone Android Merek Samsung. Jurnal Organisasi dan Manajemen Issue 3.

Dokumen

Komite Kebijakan Industri Pertahanan. Direktori Industri Pertahanan Indonesia 2018-2019.

Laporan Tahunan (Annual Report) 2017 Pindad. Semangat Incorporation Unggul (Spirit of Excellent Incorporation).

Laporan Tahunan (Annual Report) 2018 Pindad. Spread the Wings Through Strategic Innovation (Melebarkan Sayap Melalui Inovasi Strategis).

Website

Galamedianews.com. (2020, 10 Januari). Menperin Agus: Dubes Berperan Genjot Ekspor Produk Industri. https://www.galamedianews.com/?arsip=244191&judul=menperin-agus-dubes-berperan-genjot-ekspor-produk-industri, diakses 17 Januari 2020

Website PT Pindad (Persero) (www.pindad.com). Excava 200. Retrieved from https://www.pindad.com/excava200, diakses pada 5 Agustus 2019.

Diterbitkan

2020-05-17