IDENTIFIKASI MODEL BISNIS PT PAL INDONESIA (PERSERO) BERDASARKAN BISNIS MODEL KANVAS

Penulis

  • Hestu Nugroho Universitas Pertahanan RI

Abstrak

Produk yang dibuat oleh PT PAL Indonesia (Persero) kuat ikatannya dengan industri pertahanan Indonesia dan kemiliteran itu sendiri. Identifikasi model bisnis dilakukan untuk mengetahui keefektivan sebuah bisnis. Model bisnis yang baik adalah yang dapat menjelaskan bagaimana sebuah perusahaan menghasilkan keuntungan dari kegiatan yang dilakukan. Masalah penelitian adalah tentang model bisnis PT PAL saat ini dan bentuknya di dalam format model bisnis kanvas. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis model bisnis yang telah diterapkan di PT PAL dan menstandarkannya ke model bisnis kanvas. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Data didapatkan dari observasi, wawancara dan studi dokumentasi dianalisa menggunakan model bisnis umum, dan model bisnis kanvas. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa model bisnis PT PAL Indonesia (Persero) berbentuk model bisnis umum yang memiliki value creation, value delivery dan value capture, dan standarisasi ke model bisnis kanvas menghasilkan model bisnis yang dapat menjelaskan tentang Infrastruktur (mitra kunci, sumber daya dan kegiatan kunci), Proposisi, Pelanggan (hubungan pelanggan, konektivitas dan segmen pelanggan) dan finansial (struktur biaya dan arus pendapatan).

Referensi

Buku

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Osterwalder, Alexander. (2004). The Business Model Ontology - A Proposition in A Design Science Approach. Lausanne: Universite De Lausanne.

Osterwalder, Alexander., Pigneur, Yves., & Clark, Tim. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Hoboken: John Wiley & Sons, Inc.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tesis

Bergh, Tom Hiis, & Kahrs, Kristoffer Berg. (2015). Theoretical Development of A Conceptual, General Business Model Framework illustrated with A Case on Norwegian Marine Technology Company Sea-Hawk Navigation AS. Bergen: Norwegian School of Economics.

Jurnal

Osterwalder, Alexander, Pigneur, Yves, & Tucci Christopher. (2005). Clarifying Business Models: Origins, Present, and Future of the Concept. Communications of the Association for Information Systems, Vol. 16, hal. 1-25.

Undang-Undang

Undang-Undang Nomor 16 tahun 2012 tentang Industri Pertahanan.

Diterbitkan

2021-06-29