PARTISIPASI PEMERINTAH INDONESIA DALAM PENANGANAN ISU PERUBAHAN IKLIM DITINJAU DARI PERSPEKTIF KEAMANAN MARITIM

Authors

  • Kasta Rosyada Universitas Pertahanan RI
  • Trismadi Trismadi Universitas Pertahanan RI
  • Abdul Rivai Ras Universitas Pertahanan RI

Abstract

Abstrak - Perubahan iklim merupakan isu global yang membutuhkan konsensus internasional dalam penanganannya. Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia mempunyai kepentingan dalam upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di sektor kemaritiman, namun pemenuhan Nationally Determined Contributions Indonesia belum memenuhi targetnya dan upaya mendorong keterkaitan laut dalam perubahan iklim masih perlu diadvokasi karena laut merupakan sektor yang sangat rentan dan menjadi faktor penentu dalam perubahan iklim. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana partisipasi pemerintah Indonesia dalam kerjasama perubahan iklim di sektor kemaritiman dan mengetahui dan menganalisa peran aktif pemerintah Indonesia dalam upaya adaptasi untuk menunjang keamanan maritim. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kualitatif melalui wawancara dengan pihak terkait untuk dapat memperoleh data normatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indonesia konsisten untuk terus mengikuti tren penanganan isu perubahan iklim pada tatanan global namun belum memiliki ambisi untuk pencapaian target dan kepentingannya. Meskipun narasi akan pentingnya keberadaan laut sudah mulai diadvokasi, hal tersebut masih memerlukan waktu dan proses dalam jangka panjang untuk dapat diterapkan melalui tata kelola iklim internasional. Upaya mitigasi dan adaptasi pada sektor kelautan dapat menjadi kontribusi utama bagi Indonesia dalam penanganan perubahan iklim. Indonesia memiliki potensi Karbon Biru yang penting bagi dunia, namun hal tersebut belum didukung oleh penelitian dan pengembangan serta kesedian data lebih lanjut terhadap potensi Blue Carbon. Pada Conference of Parties (COP) 25 urgensi laut mulai diangkat dan Indonesia mulai mengadvokasi akan pentingnya keberadaan laut sebagai upaya penanganan perubahan iklim.

References

Apriyanto, J. S. (2008). Signifikansi Pengentasan Kemiskinan Sebagai Upaya Perdamaian. Yogjakarta: UMY.

Climate Transparancy. (2019). BROWN TO GREEN: Transisi G20 Menuju Nir Emisi. Jakarta: Institute for Essential Services Reform (IESR).

Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim. (2021, January 16). RENSTRA Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim. Retrieved from www.menlhk.go.id: https://www.menlhk.go.id/site/single_post/1593/renstra-direktorat-jenderal-pengendalian-perubahan-iklim

German Advisory Council on Global Change (WBGU). (2008). Climate Change as Security Risk . New York: Earthscan .

Kaye, S. S. (2006). Freedom of Navigation in a Post 9/11 World: Security and Creeping Jurisdiction. OUP: Oxford.

Kementrian PPN/BAPPENAS. (2019). Ringkasan Eksekutif Rencana Aksi Nasional Adaptasi Perubahan Iklim . Jakarta: Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS)

Khakim, N., Satriagasa, M. C., Hafizi, M., & Sitompul, Z. (2018). Mitigasi Perubahan Iklim dI Kawasan Pesisir. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Knowlegde Center Perubahan Iklim . (2020, Juli 09). http://ditjenppi.menlhk.go.id/. Retrieved from Knowlegde Center Perubahan Iklim : http://ditjenppi.menlhk.go.id/kcpi/index.php/info-iklim/perubahan-iklim

Muhammad, S., R. Wiadya, D. G., & Sucipto, D. O. (2009). Adaptasi Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Kelautan Terhadap Dampak Perubahan Iklim Global. Seminar Nasional Pemanasan Global : Strategi Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim di Indonesia. Malang: Universitas Brawijaya Malang

Parura, T. C., Kartini, & Yuniarti, E. (2013). Analisis Dampak Perubahan Iklim Terhadap Tingkat Kesejahteraan Nelayan Di Desa Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Program Studi Teknik Sipil. Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura, Pontianak , 2.

Subagyo, A., & Wirasuta, D. S. (2013). Penyelundupan Manusia dan Ancaman Keamanan Maritim Indonesia. Jurnal Pertahanan , 151.

Syahailatua, A. (2008). DAMPAK PERUBAHAN IKLIM TERHADAP PERIKANAN. Oseana, 29

Union of Concerned Scientist (2018) https://www.ucsusa.org/climate retrived from Union of Concerned Scientist : https://www.ucsusa.org/climate#toc-what-we-re-facing

Winarno, B. (2011). Isu-isu Global Kontemporer. Yogjakarta: CAPS.

Downloads

Published

2021-12-30