MANAJEMEN STRATEGIS PENELITIAN DAN PENGEMBANGANPERTAHANAN BAN TANPA UDARA BUATAN POLTEKAD UNTUK MENDUKUNG TNI AD

Authors

  • Ully Ngesti Pratiwi UNIVERSITAS PERTAHANAN REPUBLIK INDONESIA
  • Edy Saptono UNIVERSITAS PERTAHANAN REPUBLIK INDONESIA
  • Arifuddin Uksan UNIVERSITAS PERTAHANAN REPUBLIK INDONESIA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan berupa hambatan dalam pelaksanaan manajemen strategis Litbanghan Ban Tanpa Udara buatan Poltekad dari aspek SDM, anggaran, sarana dan prasarana, dan birokrasi. Permasalahan tersebut berdampak pada terhambatnya keberlanjutan Litbanghan Ban Tanpa Udara sehingga menyebabkan produk hasil Ban Tanpa Udara yang belum sempurna. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen strategis Litbanghan Ban Tanpa Udara buatan Poltekad, hambatan yang dialami, dan upaya mengatasinya. Guna mencapai tujuan, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan manajemen strategis dalam Litbanghan Ban Tanpa Udara dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. (2) Hambatan yang dialami berupa anggaran terbatas, sarana dan prasarana belum memadai, hambatan dalam birokrasi, dan keberlanjutan Litbanghan Ban Tanpa Udara belum menjadi skala prioritas, (3) Upaya yang dilakukan dengan meningkatkan kualitas SDM, menjalankan Litbanghan Ban Tanpa Udara sesuai dengan perencanaan, pemanfaatan sarana dan prasarana di tempat lain, dan melakukan koordinasi intensif dengan lembaga Litbang yang berada di lingkungan TNI AD dengan menunjukkan keunggulan dari Ban Tanpa Udara. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa dengan penerapan manajemen strategis pada Litbanghan Ban Tanpa Udara, maka hambatan yang dialami dapat diatasi melalui upaya-upaya strategis guna mencapai tujuan yang diinginkan.

References

Anshori, Luthfi. (2020). Keunggulan Ban Tanpa Udara Buatan TNI AD: Kebal Paku dan Tahan Peluru. Retrieved from https://oto.detik.com/berita/d- 5118952/keunggulan-ban-tanpa-

udara-buatan-TNI AD- kebal-paku- dan-tahan-peluru, diakses pada 01Agustus 2021.

Armawi, Armaidy. (2019). Eksistensi TNI dalam Menghadapi Ancaman Militer dan Nir Militer Multidimensional di Era Milenial. Jakarta: Puskom Publik Kemhan,Wira Edisi Khusus, h. 7.

Darma, Agung. (2021). Kadislitbangad Membuka Acara FGD Pemanfaatan Prototipe Hasil Litbanghan. Retrieved from

https://tniad.mil.id/kadislitbangad- membuka-acara-fgd-pemanfaatan- prototipe-hasil-litbanghan/.

David, F. R. (2009). Manajemen Strategis.

Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Ferdian, Azwar. (2020). Mobil Aksesoris Michelin Bakal Uji Ban Tanpa Udara di Indonesia. Retrieved from https://otomotif.kompas.com/read/ 2020/11/23/192551115%20/%20micheli n%20-bakal-uji-ban-tanpa-udara-di- indonesia#%20text%20=%20Seperti% 2020diketahui%202C%2020sebelum nya%20kendaraan%20TNI,sampai%2 0diuji%20tembak%20menggunakan % 20peluru.

Fitri, A. dan Debora, S. (2019). Pemberdayaan Industri Pertahanan Nasional dalam Pemenuhan Minimum Essential Forces (MEF).

Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, 9(22), 25-30.

Komite Kebijakan Industri Pertahanan. (2020). TNI Mengembangkan Ban Tanpa Udara. Retrieved from https://www.Komite Kebijakan Industri mengembangkan-ban- tanpa-udara- 1/.

Miles, M. B., Huberman, A. M., dan Saldana,J. (2014). Qualitative Data Analysis, A. Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications.

Peraturan Menteri Pertahanan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Perencanaan Kebutuhan Alutsista TNI di Lingkungan Kemhan dan TNI.

Rachmat, W. (2016). Kemandirian Industri Pertahanan. Jakarta: Puskom Publik Kemhan,Wira, No. 3.

Kementerian Keuangan RI. (2019). Ini Sederet Tantangan Dana Riset. Retrieved from

https://www.kemenkeu.go.id/publi kasi/berita/ini-sederet-tantangan- dana-riset/.

Kementerian Pertahanan RI. (2019). Tingkatkan Daya Saing, Menhan Tekankan Kerja sama Erat Tiga Pilar Industri Pertahanan. Retrievedfrom https://www.kemhan.go.id/2019/07

/22/tiga-pilar-industri-pertahanan-

perlu-kerjasama-erat-untuk- ingkatkan-daya-saing.html.

Kusumastuti, Adhi dan Ahmad M. K.(2019). Metode Penelitian Kualitatif. Annisya (Ed.). Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.

Moeheriono. (2010). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi. Edisi ke-3. Bandung:Alfabeta.

Susdarwono, E. T. (2020). Pokok- Pokok Pikiran Mengenai Pembangunan Kemandirian Industri Pertahanan Indonesia dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan. Jurnal Ius Constituendum, 5(1), 111-139.

Tentara Nasional Indonesia Angkatan

Darat. (2020). Poltekad Cetak Prestasi Nasional Bidang

Teknologi

Militer. Retrieved from https://tniad.mil.id/poltekad-

cetak- prestasi-nasional- bidang-teknologi- militer/.

Wibowo, Radhana Dwi. (2016). Permasalahan dalam Mewujudkan Kemandirian Industri Pertahanan. Jurnal Defendonesia, 1(2), 43-48

Downloads

Published

2023-01-05