Peran Seskoad Dalam Mendidik Calon Pemimpin TNI di Era Globalisasi

Authors

  • Chairi Suhanda Program Studi Strategi Pertahanan Darat, Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahanan
  • Mukhtadi Mukhtadi Program Studi Manajemen Bencana, Fakultas Keamanan Nasional, Universitas Pertahanan
  • Wibisono Poespitohadi Program Studi Strategi Perang Semesta, Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahana

DOI:

https://doi.org/10.33172/skm.v5i1.390

Abstract

Abstrak -- Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) merupakan lembaga pendidikan pengembangan umum tertinggi TNI Angkatan Darat yang didirikan untuk memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan para perwira TNI AD menjadi pemimpin TNI. Sebagai dapur konsepsi Angkatan Darat, selain menghasilkan sejumlah perwira sebagai komandan militer, Seskoad juga menghasilkan alumni yang berhasil menjadi pemimpin sipil, bahkan pemimpin negara, dan tokoh dunia. Menjadi kelaziman di dalam dunia kemiliteran di negara manapun bila ingin membangun angkatan bersenjata yang kuat dan modern. Untuk itu diperlukan sebuah lembaga pendidikan yang memiliki kemampuan staf dan komando. Penelitian ini dilaksanakan guna memperoleh pemahaman tentang bagaimana peran Seskoad dalam mempersiapkan perwira-perwira TNI AD yang melaksanakan pendidikan untuk dapat menjadi pemimpin TNI di era globalisasi. Tujuan penelitian, untuk: pertama, menganalisis peran pendidikan di Seskoad dalam mendidik perwira TNI AD; kedua, menganalisis hal-hal yang mempengaruhi peran seskoad dalam mendidik para perwira TNI AD untuk siap menjadi pemimpin TNI di era globalisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Teknik analisis data lebih banyak dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data saat peneliti berada di lapangan, analisis data menggunakan analisis domain. Lokasi penelitian di wilayah Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran Seskoad dalam mempersiapkan para perwira TNI AD agar dapat menjadi pemimpin TNI di era globalisasi harus disesuaikan dengan pemberian materi perkembangan lingkungan strategis internasional dan nasional;  2) Hal-hal yang mempengaruhi peran Seskoad dalam mempersiapkan para perwira TNI AD agar siap menjadi pemimpin di era globalisasi antara lain adalah materi kuliah, kualitas pengajar dan pengembangan wawasan melalui studi banding maupun kuliah kerja lapangan.

Kata kunci: peran pendidikan, pemimpin TNI, era globalisasi

 

Abstract -- Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) is the highest military general education development institution established to provide knowledge and abilities of Army officers to be TNI leaders. As an army conception, in addition to producing a number of officers as military commanders, Seskoad also produced alumni who managed to become civilian leaders, even state leaders, and world leaders. Become commonplace in the military world in any country if you want to build a strong and modern army. For this reason, an educational institution that has staff and command capability is needed. This research was conducted in order to gain an understanding of how the role of Seskoad in preparing army officers who carry out education in order to become TNI leaders in the era of globalization. Research objectives, to: first, analyze the role of education in Seskoad in educating army officers; second, analyzing matters that influence the role of seskoad in educating army officers to be ready to become TNI leaders in the era of globalization. This study uses a qualitative method. Data is obtained through observation, interviews and literature studies. More data analysis techniques are carried out simultaneously with data collection when researchers are in the field, analyzing data using domain analysis. Research location in Bandung area. The results of the study show that: 1) The role of Seskoad in preparing TNI AD officers to become TNI leaders in the era of globalization must be adjusted to the provision of material for the development of international and national strategic environments; 2) Matters that influence the role of Seskoad in preparing army officers to be ready to become leaders in the era of globalization include lecture material, teaching quality and development of insight through comparative studies and lectures in field work.

Keywords: role of education, TNI leaders, era of globalization

Author Biographies

Chairi Suhanda, Program Studi Strategi Pertahanan Darat, Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahanan

Program Studi Strategi Pertahanan Darat, Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahanan

Mukhtadi Mukhtadi, Program Studi Manajemen Bencana, Fakultas Keamanan Nasional, Universitas Pertahanan

Program Studi Manajemen Bencana, Fakultas Keamanan Nasional, Universitas Pertahanan

Wibisono Poespitohadi, Program Studi Strategi Perang Semesta, Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahana

Program Studi Strategi Perang Semesta, Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahanan

References

Daftar Pustaka

Buku

Antulio J. Echevarria II, ‘Clausewitz and The Nature of War on Terror,’ in Clausewitz in the TwentyFirst-Century, ed. Hew Stratchan and Andreas Herberg-Rothe (New York: OxfordUniversity Press, 2007) p. 208 dalam Kajian Triwulan I TA. 2014, Implementasi Transformasi TNI AD di Lemdik Seskoad Terbaik, Terhormat dan Disegani.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bass, B. M., & Avolio, B. J. (1993). Transformational Leadership and Organizational Culture. Public Administration Quarterly, 17.

Burt Nanus.1992 Visionary Leadership: Creating a Compelling Sense of Direction for Your Organization. San Francisco, CA: Jossey-Bass Publishers

Bagong, Suyanto J. Dwi Narwoko. 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana Media Group.

Cahyono, Dwi. 2008. “Persepsi Ketidakpastian Lingkungan, Ambiguitas Peran, dan Konflik Peran Sebagai Mediasi antara Program Mentoring dengan Kepuasan Kerja, Prestasi Kerja dan Niat Ingin Pindah.” Disertasi tidak dipublikasikan. Universitas Diponegoro Semarang.

Conger, J.A. and Kanungo, R.N. (1988) The Empowerment Process Integrating Theory and Practice. Academy of Management Review, 13.

Daniel Katz and Robert L. Kahn. Wiley, 1978. The Social Psychology of Organizations

Dehesa de la Guilarmo. 2006. The Winner and The Loser in Globalization. Wiley-Blackwell.

George R. Terry, 2006. Principles of Management. (Alih bahasa winardi), Alumni Bandung.

Hemphill, J. K., & Coons, A. E. 1957. Development of the leader behavior description questionnaire. In R. M. Stodgill and A. E. Coons (Eds.), Leader behavior: Its description and measurement. Columbus, Ohio: Bureau of Business. Research, Ohio State University.

Herdiansyah, haris. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Salemba. Humanika.

Noeng Muhajir. (1993). Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial Suatu Teori. Pendidikan. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Mustofa, Hasan. 2006. “Perspektif Dalam Psikologi Sosial.” Makalah tidak dipublikasikan. Fakultas Administrasi Negara Universitas Parahiyangan Bandung.

Martono, Nanang. (2012). Sosiologi perubahan sosial: perspektif klasik, modern, postmodern, dan postkolonial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman. 2005. Qualitative Data Analysis (terjemahan). Jakarta : UI Press.

Patton, M.Q., 2002, Qualitative Research & Evaluation Methods Third Edition,. California, Sage Publication, Inc.

Rauch, C.F. and Behling, O. (1984) Functionalism Basis for an Alternate Approach to the Study of Leadership. Leaders and Managers International Perspectives on Managerial Behavior and Leadership.

Ritzer, dan Goodman J. Douglas. 2010. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana.

Spencer, Lyle & Signe M. Spencer. 1993. Competence at Work, Models For Superior. Performance. Canada : John Wiley & Sons, Inc.

Stephen P. Robbins, 1996. Perilaku Organisasi, Konsep, Kontroversi dan Aplikasi. Alih Bahasa : Hadyana Pujaatmaka. Edisi Keenam. Penerbit PT.Bhuana.

Sarwono, W Sarlito, Psikologi Remaja, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002.

Sukmadinata, 2006. Metode Penelitian Tindakan. Bandung: Remaja Rodsakarya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Thomas L. Friedman. 2000. Globalisasi “The World Is Flat”. Cet. 2, Dian Rakyat.

Veithzal Rivai, 2005, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Dari Teori ke Praktik, Edisi 1, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Wuryan, Sri. & Syaifullah. (2008). Ilmu Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan.

Widodo, Joko. 2009. Analisis Kebijakan Publik Konsep dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik. Malang: Bayumedia Publishing.

William D. Hitt, (1993) "The Model Leader: A Fully Functioning Person", Leadership & Organization Development Journal , Vol. 14 Issue: 7.

Wahjosumidjo. 1991. Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Yukl, Gary, 2010, Kepemimpinan dalam Organisasi, Edisi Kelima. Jakarta: PT. Indeks.

Internet

https://id.wikipedia.org/wiki/Sekolah_Staf_dan_Komando_Angkatan_Darat diakses tanggal 15 mei 2018

https://sayidiman.suryohadiprojo.com Perjuangan, Pengabdian dan Kesetiaan Seorang Prajurit diakses pada 5 Oktober 2018

http://hdr.undp.org/en/statistics/ diakses pada tanggal 23 Okt 2018

https://id.wikipedia.org/wiki/Sekolah_Staf_dan_Komando_Angkatan_Darat5 Mei 2018.

Published

2019-04-01

How to Cite

Suhanda, C., Mukhtadi, M., & Poespitohadi, W. (2019). Peran Seskoad Dalam Mendidik Calon Pemimpin TNI di Era Globalisasi. Strategi Dan Kampanye Militer (SKM), 5(1). https://doi.org/10.33172/skm.v5i1.390