STRATEGI PERUBAHAN SISTEM PENDIDIKAN SESKOAD DALAM RANGKA MENDUKUNG TUGAS POKOK TNI AD
DOI:
https://doi.org/10.33172/skm.v6i2.1026Abstract
Abstrak - Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perubahan dinamika dan ancaman merupakan fenomena yang dihadapi TNI AD sebagai komponen utama pertahanan matra darat. Dalam menyikapi fenomena tersebut, TNI AD melaksanakan kebijakan melalui pembangunan postur matra darat yang dijabarkan dengan validasi organisasi seperti pembentukan satuan-satuan baru, perubahan nomenklatur jabatan dan kepangkatan dan pengadaaan alutsista. Sebagai lembaga pendidikan pengembangan umum tertinggi TNI AD yang memiliki peranan penting dalam mencetak kader pimpinan masa depan, kebijakan pembangunan postur tersebut perlu ditindaklanjuti melalui strategi perubahan sistem pendidikan Seskoad dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komponen pendidikan yaitu Kurikulum Pendidikan, Paket Instruksi dan Metode Pengajaran. Perubahan atau penyesuaian komponen tersebut perlu dilaksanakan berdasarkan hasil penelitian melalui wawancara dengan nara sumber, perbandingan dengan Seskoad Luar Negeri yaitu US Army CGSC dan NACC China, serta tinjauan dari teori-teori terkait Sistem Pendidikan. Beberapa teori yang digunakan diantaranya teori strategi, teori perubahan, teori managemen, teori kurikulum, teori instruksi dan teori pengajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan Metode Penelitian Kualitatif yang dilaksanakan melalui observasi, studi kepustakaan dan wawancara. Dari hasil penelitian ini, maka strategi perubahan sistem pendidikan Seskoad dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD dapat dilaksanakan melalui perubahan atau revisi Kurikulum Pendidikan khususnya terkait penambahan beberapa materi yang bersifat mutlak atau penting, perbaikan Paket Instruksi berupa penggantian hanjar cetakan menjadi elektronik (e-book), penataan ulang e-learning dan e-library, serta penambahan metode pengajaran berupa pemberian tugas timbangan buku (book review) dan bacaan wajib (mandatory reading). Melalui strategi perubahan sistem pendidikan tersebut diharapkan Seskoad mampu menjadi Center of Excellence dan World Class Institution dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD.
Kata Kunci: strategi, perubahan, sistem pendidikan, tugas pokok TNI AD.
References
Anderson, Andrea A. (2009). The Community Builder’s Approach to Theory of Change: A Practical Guide to Theory Development. New York: The Aspen Institute.
Bloom, Benjamin. (1956). Taxonomy of Educational Objectives. Chicago: University of Chicago Press.
Clausewitz, Carl von. (1989). On War. Princeton, New Jersey: Princeton University Press.
Field Manual No. FM 1-02 MCRP 5-12A. (2017). Operational Terms and Graphics. Washington, DC: Headquarters Department of the Army.
Freedman, Lawrence. (2013). Strategy: History. New York: Oxford University Press.
Jones, Phil. (2012). “Inputs, Outputs, Outcomes: Using a Misunderstood Approach, Successfully”, An Excitant White Paper. UK: Excitant Ltd.
Null, Wesley. (2011). Curriculum. Maryland: Rowman & Little Publishers, Inc.
Dictionary Oxford, https://www.lexico. com/en/definition/strategy, diakses tanggal 14 Februari 2020 pukul 13.06.
Parsons, Jim, Caitlin Gokey dan Monica Thornton. (2013). Indicators of Inputs, Activities, Outputs, Outcomes and Impacts in Security and Justice Programming. London: Department for International
Pinar, William F. (2004). What is Curriculum Theory? New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc., Publisher.
Seel, Norbert M., Thomas Lehman, Patrick Blumschein dan Oleg A. Podolskiy. (2017). Instructional Design for Learning. Rotterdam: Sense Publisher.
Tennyson, Robert D. (2010) “Historical reflection on Learning Theories and Instructional Design”, Contemporary Educational Technology, 2010, 1(1), 1-16.
Terry, George R. (1968). Principles of Management. Illinois: Richard Irwin Publisher.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia.
Wilson, Suzanne M. (2006). Theories of Learning and Teaching: What Do They Mean for Educators? Washington, DC: NEA Publisher.