PERAN SATUAN KOMANDO KEWILAYAHAN PADA KEGIATAN MITIGASI BENCANA BANJIR DI WILAYAH KERJA KODIM 0616/INDRAMAYU
DOI:
https://doi.org/10.33172/skm.v4i1.217Abstrak
Abtsrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Kodim 0616/Indramayu pada penanggulangan bencana banjir, terutama pada tahap pra bencana dalam kegiatan mitigasi bencana non struktural. Mengingat pelaksanaan tugas Kodim 0616/Indramayu pada penanggulangan bencana mengacu pada UU nomor 34/2004 tentang TNI, khususnya pada pasal 7 ayat 2 (b) (12) yang berbunyi bahwa TNI membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan. Harapannya TNI tidak hanya digunakan untuk menanggulangi akibat bencana alam saja, namun lebih jauh TNI dilibatkan pada semua tahap manajemen penanggulangan bencana, yaitu mulai dari tahap pra bencana sampai dengan pasca bencana, mengingat TNI memiliki kemampuan memberikan bantuan terkait hal tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, adapun pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, yang dilakukan terhadap 7 (tujuh) informan, yaitu Komandan dan Staf Kodim 0616/Indramayu, Bupati, Kepala Pelaksana BPBD, tokoh pemuda Indramayu serta Direktur Pengurangan Risiko Bencana BNPB, selain itu juga melalui observasi serta studi pustaka untuk memperoleh data guna dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kodim 0616/Indramayu belum dapat mengoptimalkan perannya pada kegiatan mitigasi bencana banjir di wilayah kerjanya. Faktor penghambat yang ditemukan adalah UU nomor 34/2004 tentang TNI belum mengatur pelibatan satuan TNI pada tahap pra bencana, keterbatasan kualitas prajurit Kodim dalam mempengaruhi masyarakat Indramayu untuk menjadi masyarakat sadar bencana dan faktor anggaran yang terbatas. Selanjutnya terdapat faktor pendukung yaitu tugas penanggulangan bencana sejalan dengan tugas Binter yang merupakan fungsi utama TNI AD, Organisasi Kodim menjangkau sampai tingkat Desa melalui Babinsa yang setiap saat berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai lapisan, serta tidak adanya resistensi terhadap peran yang dilaksanakan oleh Kodim 0616/Indramayu tersebut.
Kata kunci: Banjir, peran Kodim, mitigasi bencana.
Abstract: The purpose of this research the role of engagments Kodim 0616/Indramayu about the management of flood disaster relief, especialy on te pre disaster stage on the mitigation of the non structural disaster. According the implementation of the duty of Kodim 0616/Indramayu on the disaster management refers to UU No 34/2004 about TNI, especialy in article 7, paragraph 2b (12) which says that it helps peoples for handling the consequences of the natural disaster, evacuation and the provision of the humanitarian assistance. Hopefully TNI is not only used to overcome the qonsequences of the disaster, but also being involved in all of the management stage of the disaster, further which is starting with pre disaster until the after of disaster. Considering that it has the ability for helping those thing. This research uses qualitative method, therefore in depth interview is the way to collect the data, had be done by seven peoples, they are Commandan and staf of Kodim 0616/Indramayu, Regent, head of BPBD, Youth figures of the Indramayu and also Director of risk reduction of BNPB, is also going through the observation and literature studies for obtain data to be analyzed qualitatively. The result of this research of the study indicate Kodim 0616/Indramayu has not been able to optimize its role in flood mitigation activities in its area of responsibility. The obstacle that is found is actually the UU No 34/2004 about TNI has not arranged the involvement of the TNI on the pre disaster stage, the limitation of the Kodim’s soldiers quality in affecting the Indramayu society into a disaster conscious society and also limited budgetary factors. The supporting factors, which are the task of the disaster management is parallel to the task of Pembinaan Teritorial (Binter) which is the main function of TNI AD, the organization of Kodim can be reach the village level through the Babinsa who can interact to the society in each level any time, and also there is no resistant to the role that Kodim 0616/Indramayu.
Key words: Flood, Kodim’s role, mitigation of disaster.
Referensi
Daftar Pustaka
Buku
Amarulla Octavian, Militer dan Globalisasi, “Studi Sosiologi Militer Dalam Konteks Globalisasi Dan Kontribusinya Bagi Transformasi TNI, Cetakan kedua, UI Press Jakarta, 2012, hal 16.
Andri Feriyanto dan Endang Shyta Triana, Pengantar Manajemen (3 in 1), Cetakan pertama, PT. Pustaka Baru, Kebumen, Januari 2015, hal 36.
Berry, David, Pokok-Pokok Pikiran Dalam Sosiologi, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, 2003, hal 105.
Dinas Sejarah AD, Peranan TNI AD dalam penanggulangan bencana alam tahun 2004-2010, CV. Prawira, Bandung, 2011, hal 32.
Gerdan, S, Determination of Dissaster Awareness, Attitude Levels and Individual Priorities at Kocaeli University, Eurasuan Journal of Educational Research, Issue 55, 2014, 159-176.
Herryal Z. Anwar dan Hery Harjono, Menggapai Cita-Cita Masyarakat Tangguh Bencana Alam di Indonesia, LIPI, Bandung, 2013, hal 242.
I. A. Widhiyanasari, A.A. Diah Parami Dewi dan G.A.P Candra Dharmayanti, Jurnal Spektran, Vol. 5, No. 2, Juli 2017, hal 132.
Jurnal Penanggulangan Bencana alam, BNPB, Jakarta, Vol 6, No 2, 2015 hal. 52-53.
Jurnal Administrasi Publik ( JAP ), Aditya, B.R., Sarwono dan Rozikin, M. Sinergitas Stakeholders Dalam Pengelolaan Sampah Terpadu Yang Demokratis Dalam Perspektif Teori Governance, Vol 2, No.3, 2014, Hal. 407-413.
Jurnal Riset Kebencanaan Indonesia vol 1 No. 1, 2015.
Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Edisi revisi, PT. Remaja Rosdakarya Bandung, 2007, hal 6.
Matsuda, Y., & Okada, N, Community Diagnosis for Suistainable Disaster Preparedness, Journal of natural dissaster science, Kyoto Uiversity, 2006.
Miftah Thoha, Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya, Fisipol UGM, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2001, hal 4-5.
M. Mas’ud S aid, Birokrasi Di Negara Birokratis, Makna, Masalah dan Dekonstruksi Birokrasi Indonesia, Cetakan kedua, Januari 2010, hal 32.
Pemda Kabupaten Indramayu, Indramayu Dalam Angka, 2017.
Pemda Kabupaten Indramayu, BPBD Kabupaten Indramayu, 2015.
Pribadi, K., Argo, T.Mariani, A. Parlan, H, Implementation of Community Based Disaster Risk Management in Indonesia: Progress, Issues and Challenges, 2011.
Prof Dr. Afrizal,M. A., Metode Penelitian Kualitatif, Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu, Rajawali Pers, Jakarta 2014, hal 30.
Roz D and Lasker Elisa S. Weiss, Creating partnership synergy: The crictical role of community Stakeholders, New york Academy of Medicine, 2003, hal 123.
Pusat Penelitian Politik LIPI ( P2P LIPI ), Dinamika Pemikiran Internal tentang Peran dan Fungsi TNI di Era Transisi Demokrasi, Jakarta, 2001.
Samuel P. Huntington, Mereformasi Hubungan Sipil - Militer dalam Larry Diamond & Marc F. Plattner, Hubungan Sipil-Militer dan Konsolidasi Demokrasi, edisi terjemahan, Rajawali Pers, Jakarta, 2003 hal 13.
Samuel P. Huntington, Prajurit dan Negara, Teori dan Politik Hubungan Militer- Sipil, PT. Gramedia, Jakarta, 2003, hal 477 – 478.
Sarwono, S.W. Teori-teori Psikologi Sosial. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2002.
Sri Widyantoro, et all. “Bencana Kebumian: Gempa Bumi” Dalam Majelis Guru Besar ITB, Mengelola Resiko Bencana di Negara Maritim Indonesia: Bencana Kebumian, Kelautan dan Atmosferik, Bandung, 2010, hal 48-52.
Stephen R. Covey, The 7Habits of Highly Effective People (7 Kebiasaan Manusia Yang Sangat Efektif), Covey Leadership Center, Edisi Revisi, Binarupa Aksara Publisher, Tangerang, 2013 hal 300.
Stephen R. Covey , Principles Centered Leadership,1999.
Sudibyakto Danang Sri Hadmoko, Dyah R Hizbaron, Emy Dwi Suryanti, I Made Susmayadi dan Efrinda Ari Ayuningtyas, Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat di Kawasan Wisata Kotagede, Yogyakarta, Jurnal Riset Kebencanaan Indonesia, IABI, BNPB, 2015, hal 58-66.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung, (2016) Tinjauan Umum Manajemen Bencana, Program Pelatihan Manajemen Bencana, UNDP, 1992.
Waluyo, Manajemen Publik, Forum Inovasi Tata Pemerintahan, CV. Mandar Maju, Bandung, 2007, hal 37.
Yusriadi, Aktualisasi Sinergitas Komponen Governance Dalam Peningkatan Pelayanan Pendidikan Kecakapan Hidup di Kota Makassar, Vol.3, N0.1, 2016.
Dokumen dan Sumber Lain
Anpotwil Kodim 0616/Indramayu TA. 2017, Maret 2017.
Anpothan Kodim 0616/Indramayu TA. 2017, Maret 2017.
BNPB, Indeks Risiko Bencana BNPB, 2013, hal 87.
Ceramah Kalakhar Bakornas PBP kepada Siswa Seskoad Dikreg XLV, pada tanggal 26 April 2007 Data Babinsa Kodim 1606/Imy per Desember 2016.
Dwi Cahyono, “ Persepsi Ketidakpastian Lingkungan, Ambiguitas Peran, dan Konflik Peran Sebagai Mediasi antara Program Mentoring dengan Kepuasan Kerja, Prestasi Kerja dan Niat Ingin Pindah.” Disertasi tidak dipublikasikan. Universitas Diponegoro Semarang, 2008.
Edi Nugroho, 2010,( http://prb-indo.blogspot.co.id/2010/06/paradigma-yang-perlu-berubah.html?m=1), diunduh pd tgl 8 Okt 2017 pkl 13.42 wit)
Gartiria Hutami Anis Chairi, Pengaruh Konflik Dan Ambiguitas Peran Terhadap Komitmen Independensi Auditor Internal Pemerintah Daerah (Studi Empiris Pada Inspektorat Kota Semarang), Undip, Harian Pikiran Rakyat, Bandung, 24 Oktober 2017.
Hasil kajian Tim Analisa dan Evaluasi Penanggulangan Bencana, sesuai Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI. Nomor : PHN 65-HN-01.06 Tahun 2011, tanggal 9 Maret 2011, hal 2
Ito Hediarto, Armaidy Armawi, Edhi Martono, Jurnal Ketahanan Nasional, UGM, 2016, Optimalisasi Peran Kodim Dalam Penanganan Tanggap Darurat Bencana Alam Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Wilayah (Studi Di Kodim 0613/Ciamis, Jawa Barat) dari http://jurnal.ugm.ac.id/JKN, diakses pd tgl 11 feb 2017.
James Panjaitan, Institut Teknologi Bandung, 2008, Konsepsi Pelibatan Tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) TNI Dalam Penanggulangan Bencana (Studi Kasus : Operasi Bhakti TNI Pasca Bencana Gempa di Nias, 2005) dari https://www.academia.edu/24542228/KONSEPSI PELIBATAN_TUGAS_OPERASI_MILITER_SELAIN_PERANG_OMSP_ TNI_DALAM_PENANGGULANGAN_BENCANA?auto=download, diakses pd tgl 11 feb 2017, Kabupaten Indramayu Dalam Angka, 2017, hal 37.
Kecamatan dalam angka, 2011 dalam Penyusunan strategi dan model pengembangan kawasan perkotaan dan di pedesaan PKW Indramayu, hal III-3 (https://www.slideshare.net/DandiRustandi/bab-3-gambaran)
Kep. Panglima TNI No Kep/474/VII/2012 tgl 5 Juli 2012 tentang Doktrin TNI Tridek (Naskah Sementara).
Kep. Kasad No Kep/480/XII/2013, tgl 4 Des 2013, Doktrin TNI AD, Kartika Eka Paksi, lampiran A-7.
Kep. Kasad No KEP/591/VIII/2017 tgl 9 Agustus 2017, Doktrin Kartika Eka Paksi.
M. Nasir, Metode Penelitian, 1988, hal 111 dari http://teori-ilmupemerintahan.blogspot.co.id/2011/06/pengertian-studi-kepustakaan.html?m=1, diunduh pada tanggal 21 Des 2017, pkl 20.05 wib
Majalah Forum, Asia Pasific Defense, vol 37, terbitan ke-2, 2012, hal 13.
Mabes TNI AD, Buku Petunjuk Induk tentang Pembinaan Teritorial No. 201.05- 111116 PI : Ter-01.a tahun 2007, hal 10.
Mabes TNI, Buku Petunjuk Lapangan tentang OMSP, Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Skep/364/X/2004 tanggal 4 Oktober 2004, hal 2-3.
Pedoman Nasional Manajemen Bencana di Indonesia, Kemenkopolhukkam RI, Juli 2005, hal 5.
Perkasad no Perkasad/74/X/2009 tangal 23 Oktober 2009, Bujukops tentang Pembinaan Teritorial, hal 1.
Perkasad no Perkasad/18/IV/2008 tanggal 8 April 2008, dan revisi Perkasad nomor Perkasad November 2008, tentang Orgas Kodim, hal 1.
Permenhan RI Nomor 35 Tahun 2011 tentang Tugas Bantuan TNI kepada Pemerintahan Di Daerah, hal 5.
Perkasad nomor Perkasad/91/XI/2009 tanggal 30 November 2009, PP: OPS- 11.06, Bujuklak tentang Pedoman Pembantuan TNI AD kepada Pemerintah Daerah, hal 16-17.
Program Kerja Kodim 0616/Imy TA. 2017. Protap Kodim 0616/Indramayu Nomor : 17 / PROTAP / I /2017, Januari 2017 tentang Protap Penanggulangan Bencana Alam Banjir.
Program Binter Kodim 0616/Indramayu TA. 2017, Maret 2017 Rencana kegiatan program Gerakan Nasional Indonesia Bersih (GNIB) Dim 0616/Indramayu semester I TA. 2017, Maret 2017
Rencana Penanggulangan Bencana Alam Banjir Kodim 0616/Indramayu, Januari 2017.
Renbinter Kodim 0616/Indramayu TA. 2017, Maret 2017.
Rencana Kontijensi Gempa Provinsi Jabar, 2016, hal 14.
Ristrini, Rukmini dan Oktarina, Buletin Penelitian Sistem Kesehatan vol 15 no 1, Jan 2012, hal 92.
Ryamirzad Ryacudu, Doktrin Pertahanan Negara, 2015, hal 44.
Ryamirzad Ryacudu, Strategi Pertahanan Negara, 2015, hal 96-97.
Syamsul Ma’arif,Kalakhar Bakornas,Bahan ceramah Pasis Dikreg XLV, Seskoad, tgl 26 April 2007.
Sundoro Agung Nugroho, Jurnal Pertahanan tentang Analisis Kerjasama Sipil-Militer dalam bantuan kemanusiaan di Indonesia: Studi kasus masa tanggap darurat penanggulangan bencana alam letusan gunung Merapi 2010, Mei 2012, vol 2, nomor 2, hal 161-162.
Telaahan Binter Kodim 0616/Indramayu TA. 2017, Maret 2017.
Tim Peneliti LP2M Unhan, Lap. Hasil Penelitian Pengurangan Resiko Bencana Berbasis Komunitas di Kota Madya Padang-Sumatera Barat, Jakarta, Oktober 2014.
United Nations International Strategy for Disaster Reduction – UN ISDR , 2004.
UU RI nomor 24 tahun 2007, tentang Penanggulangan Bencana, Bab I Ketentuan umum, hal 3.
UU nomor 23 / Prp tahun 1959 tentang Keadaan bahaya.
Berita online Poskota News, Senin 3 Februari 2014, dari http://poskotanews.com/2014/02/03/diterjang-banjir-700-rumah-rusak/, diakses pada tgl 7 Feb 2017.
Berita online Radar Cirebon, Selasa 11 Februari 2014, dari http://www.radarcirebon.com/bupati-apresiasi-kesigapan-tni.html, di akses pada tgl 7 Feb 2017.
Berita online Bandung Jawa Barat, 10 Juli 2012, dari https://bandungjawabarat.wordpress.com/2012/07/10/bencana-banjir-indramayu/ diakses pd tgl 15 feb 2017.
Berita online Republika News, Rabu, 28 Desember 2016, dari http://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/16/12/28/oiw6hf359-bencana-2016-di-indramayu-didominasi-banjir-rob, diakses pd tgl 15 Feb 2017.
Media Kreatif dan Budaya, Ranggon Seni, Indramayu dari https://meneerpanqi.blogspot.co.id/2016/02/banjir-indramayu-musibah-lintas-zaman.html, diakses pd tgl 15 Feb 2017.
Suharsini Arikunto dari https://www.scribd.com/mobile/doc, diunduh pada tgl 21 Desember 2017, pkl 22.3o wib.
http://dmc.kemhan.go.id/post-mengkaji-manajemen-bencana-berbasis-pertahanan-pada-universitas-pertahanan.html, diakses pd tanggal 23 Jan 2017
http://eprints.walisongo.ac.id/154/3/061211026_Bab2.pdf, http://bpbd.indramayukab.go.id/jumlah-pegawai/https://www.academia.edu/24542228/konsepsi_pelibatan_tugas_operasi_militer_ selain_perang_omsp_TNI_dalam_penanggulangan_bencana?auto=download, diakses pada 23 Jan 2017.
http://desawirausaha.blogspot.com/2015/11/jumlah-dan-nama-nama-desa-kelurahan-di-kabupaten-indramayu-provinsi-jawa-barat-menurut-permendagri-nomor-56-tahun-2015.html, diakses pada 15 Feb 2017.
http://bappedaindramayu.madebychocaholic.com/geografis.
http://www.jabarprov.go.id/index.php/ pages/id/1052.
https://www.google.com/search?q=SUNGAI+di++INDRAMAYU
http://www.bnpb.go.id/berita/2228/indonesia -led-shepherd-pada-mcpa-ke-4-di- kawasan-asean, diakses pd tggl 30 Juni 2016, pkl 15.35 wib.
http://prb-indo.blogspot.co.id/2010/06/paradigma-yang-perlu-berubah.html?m=1
https://meneerpanqi.blogspot.co.id diakses pd tgl 7 Nov 2107 pkl 11.30 wit.
http://bisniskeuangan.kompas.com, diunduh pd tanggal 4 Desember 2017 pkl 11.30 wit
https://www.scribd.com/mobile/doc, diunduh pd tgl 21 Desember 2017, pkl 17.45