PENGUATAN STRATEGI PERTAHANAN LAUT WILAYAH LANAL BANTEN MELALUI PENDAYAGUNAAN TRAFFIC SEPARATION SCHEME DI SELAT SUNDA

Authors

  • Mohamad Rachmad Universitas Pertahanan RI
  • Ansori Zaeni Universitas Pertahanan RI
  • Ernalem Bangun Universitas Pertahanan RI

DOI:

https://doi.org/10.33172/spl.v7i1.847

Abstract

Indonesia sebagai negara kepulauan dikaruniai Tuhan dengan letak geografis yang berada di antara dua benua dan juga dua samudera sehingga menjadikan posisi Indonesia sangat strategis. Sesuai dengan UNCLOS 1982, sebagai negara kepulauan Indonesia mempunyai kewajiban untuk menyediakan jalur pelayaran yang disebut ALKI (Alur Laut Kepulauan Indonesia). ALKI 1 terbentang mulai dari Selat Malaka hingga menuju ke Selat Sunda, Selat Sunda sebagai salah satu jalur pelayaran yang ramai rentan terhadap berbagai bentuk ancaman. Untuk menjamin keamanan pelayaran di Selat Sunda maka ditetapkan TSS Selat Sunda sebagai alur pemisah jalur pelayaran. Dengan penetapan TSS Selat Sunda maka pelayaran yang menggunakan Selat Sunda akan semakin ramai, hal ini akan menimbulkan ancaman yang semakin besar. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penguatan strategi pertahanan laut di Selat Sunda yang di lakukan Lanal Banten melalui pendayagunaan TSS Selat Sunda. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori implementasi kebijakan dari Van Meter Van Horn dan teori strategi dari Lykke. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kurangnya sarana dan prasarana serta belum adanya operasi khusus yang digelar oleh TNI AL untuk pengamanan Selat Sunda, sehingga pelaksanaan penguatan strategi pertahanan laut di Selat Sunda belum maksimal. Perlu adanya dukungan sarana dan prasarana maupun dukungan operasi khusus di Selat Sunda untuk penguatan strategi pertahanan laut di Selat Sunda serta partisipasi masyarakat sekitar Selat Sunda.

References

Agostino. (2006). Implementasi Kebijakan Publik Model Van Meter Van Horn: The Policy Implementation Process. https://kertyawitaradya.wordpress.com/2010/04/13/implementasi-kebijakan-publik-model-van-meter-van-horn-the-policy-implementation-process/

Ajinugroha, S. (2020). Jangankan China, Kapal Selam Indonesia Malah Pernah Bidik Armada Kuat Inggris untuk Ditenggelamkan Karena Langgar Kedaulatan Negara - Semua Halaman - Sosok. https://sosok.grid.id/read/411998804/jangankan-china-kapal-selam-indonesia-malah-pernah-bidik-armada-kuat-inggris-untuk-ditenggelamkan-karena-langgar-kedaulatan-negara?page=all

Badriyanto. (2017). Diambil dari Myanmar, Begini Alur Penyelundupan 1 Ton Narkoba ke Indonesia _ Okezone Nasional. 20 Juli 2017. https://nasional.okezone.com/read/2017/07/20/337/1740571/diambil-dari-myanmar-begini-alur-penyelundupan-1-ton-narkoba-ke-indonesia

Bungin, B. (2007). Penelitian _kualitatif (2nd ed.). Kencana.

Dotulung, A. M. (2020). Fungsi Radar Surveilance IMSS dalam Mendukung Pengamanan Pelayaran di Selat Sunda (ALKI I). … Indonesia (Indonesian Maritime Journal), Alki I, 7–13. http://jurnalmaritim.tnial.mil.id/index.php/IMJ/article/view/47

Geoffrey, T. (2009). Seapower A Guide for the Twenty-First Century (2nd ed.). Taylor & Francis. https://www.pdfdrive.com/seapower-a-guide-for-the-twenty-first-century-d158702993.html

Gunawan, D., Barnas, R., & Pertahanan, U. (2018). Strategi pangkalan tni angkatan laut banten dalam mendukung pengamanan di alur laut kepulauan indonesia – i strategy of naval base - banten in favor of security in indonesia’s archipelagic sea lanes – i. Jurnal Prodi Strategi Perang Semesta, 4 No.2(Agustus), 71–88.

Indonesia, M. (2017, July 15). Pesisir Selat Sunda Rawan Penyelundupan Narkoba. https://mediaindonesia.com/read/detail/113054-pesisir-selat-sunda-rawan-penyelundupan-narkoba

Keliat, M. (2009). Keamanan Maritim dan Implikasi Kebijakannya Bagi Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 13(Juli), 19.

Kemenhan. (2015). Buku Putih Pertahanan (Kemhan (ed.); 1st ed.). Kemhan. https://www.kemhan.go.id/wp-content/uploads/2016/04/BPPI-INDO-2015.pdf

Kemenhub. (2017). Pemerintah Segera Tetapkan TSS di Selat Sunda dan Selat Lombok « Maritim Indonesia. https://maritimindonesia.co.id/2017/09/pemerintah-segera-tetapkan-tss-di-selat-sunda-dan-selat-lombok/

Lykke Jr. (1989). Thmy for MmIWs. Military Review, May.

Mahan., A. T. (1987). The influence of sea power upon history,1660-1783 (1st ed.). Dover. https://www.pdfdrive.com/the-influence-of-sea-power-upon-history-1660-1783-d176016289.html

Maritim, J. (2020). Berlaku 1 Juli 2020, Kemenhub Mulai Sosialisasikan TSS Selat Sunda dan Lombok. https://jurnalmaritim.com/berlaku-1-juli-2020-kemenhub-mulai-sosialisasikan-tss-selat-sunda-dan-lombok/#:~:text=Berlaku 1 Juli 2020%2C Kemenhub Mulai Sosialisasikan TSS Selat Sunda dan Lombok,-January 28%2C 2020&text=JMOL.&text=“Setiap orang yang berada d

Marsetio. (2014). Sea Power Indonesia (H. Purnomo (ed.); 1st ed.). UNHAN.

Mustari, B., & Barnas, R. (2018). Strategi pertahanan laut nusantara dalam mewujudkan indonesia sebagai poros maritim dunia. Jurnal Prodi Strategi Perang Semesta, 17–36.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2002 Tentang Pertahanan Negara, 1 (2002). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/44421

Perpres No.16, (2017). http://jdih.dephub.go.id/assets/uudocs/perpres/2017/PERPRES_16_Tahun_2017.pdf

Suhirwan, S., & Prakoso, L. Y. (2019). Forum Maritim Kunci Sukses Penanggulangan Ancaman Asimetris di Selat Sunda. 13–20. https://doi.org/10.33510/slki.2019.13-20

Downloads

Published

2022-01-24

How to Cite

Rachmad, M., Zaeni, A., & Bangun, E. (2022). PENGUATAN STRATEGI PERTAHANAN LAUT WILAYAH LANAL BANTEN MELALUI PENDAYAGUNAAN TRAFFIC SEPARATION SCHEME DI SELAT SUNDA. Jurnal Strategi Pertahanan Laut, 7(1), 1–19. https://doi.org/10.33172/spl.v7i1.847