Pengaruh Fasilitas Latihan dan Kompetensi Tenaga Pendidik Terhadap Kualitas Hasil Didik di Pusdiklathanudnas Surabaya

Authors

  • Budi Santoso Program Studi Strategi Pertahanan Udara, Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahanan
  • Yusuf Yusuf Program Studi Peperangan Asimetris, Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahanan
  • Sovian Aritonang Program Studi Teknologi Daya Gerak, Fakultas Teknologi Pertahanan, Universitas Pertahanan

DOI:

https://doi.org/10.33172/jspu.v5i1.371

Abstract

Abstrak -- Pusat pendidikan dan latihan pertahanan udara nasional (Pusdiklathanudnas) Surabaya mempunyai tugas menyelenggarakan pendidikan dan latihan pada spesialisasi sistem pertahanan udara nasional bagi personel organik maupun non organik yang diharapkan mampu menghasilkan sumber daya manusia berkemampuan Hanud yang handal dan berkualitas. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis seberapa berpengaruh fasilitas latihan dan kompetensi tenaga pendidik terhadap kualitas hasil didik Pusdiklathanudnas. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan meteode survei dan teknik analisis jalur. Data penelitian yang digunakan, data primer yang diperoleh langsung dengan cara menyebar kuesioner/angket kepada responden personel militer berpangkat Perwira dan Bintara di Pusdiklathanudnas Surabaya dan mantan peserta didik di Pusdiklathanudnas Surabaya sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen, menggunakan studi literatur yang dilakukan terhadap banyak buku dan berdasarkan catatan-catatan yang berhubungan dengan Penelitian. Hasil penelitian menunjukkan fasilitas latihan berpengaruh langsung positif terhadap kualitas hasil didik sebesar 71%, hal ini berarti fasilitas latihan merupakan variabel penting dalam upaya meningkatkan kemampuan dan kualitas hasil didik. Kompetensi tenaga pendidik berpengaruh langsung positif terhadap kualitas hasil didik sebesar 99%, hal ini berarti kompetensi tenaga pendidik merupakan variabel penting dalam upaya meningkatkan kualitas hasil didik. Fasilitas latihan berpengaruh langsung positif terhadap kompetensi tenaga pendidik sebesar 84%, hal ini berarti fasilitas latihan merupakan variabel penting dalam meningkatkan kompetensi tenaga pendidik.

Kata kunci: fasilitas latihan, kompetensi tenaga pendidik, kualitas hasil didik

 

Abstrak -- The national air defense education and training center (Pusdiklathanudnas) Surabaya has the task of organizing education and training in the specialization of national air defense systems for organic and non-organic personnel who are expected to be able to produce reliable and quality human resources capable of Hanud. The purpose of this study was to analyze how influential the training facilities and the competence of educators on the quality of the results of the Pusdiklathanudnas students' education. By using a quantitative approach with survey methods and path analysis techniques. The research data used primary data obtained directly by distributing questionnaires / questionnaires to respondents military officers with rank of officers and officers at the Surabaya National Education Center and former students at the Surabaya National Education Center while secondary data is obtained from documents, using literature studies conducted on many books and based on records relating to research. The results of the study show that training facilities have a direct positive effect on the quality of student outcomes by 71%, which means that training facilities are important variables in an effort to improve the ability and quality of student outcomes. The competence of teaching staff has a direct positive effect on the quality of student outcomes by 99%, this means that the competence of educators is an important variable in an effort to improve the quality of student outcomes. Training facilities have a positive direct effect on the competence of educators by 84%, which means that training facilities are an important variable in increasing the competence of educators.

Keywords: training facilities, competency of teaching staff, and quality of student outcomes

Author Biographies

Budi Santoso, Program Studi Strategi Pertahanan Udara, Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahanan

Program Studi Strategi Pertahanan Udara, Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahanan

Yusuf Yusuf, Program Studi Peperangan Asimetris, Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahanan

Program Studi Peperangan Asimetris, Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahanan

Sovian Aritonang, Program Studi Teknologi Daya Gerak, Fakultas Teknologi Pertahanan, Universitas Pertahanan

Program Studi Teknologi Daya Gerak, Fakultas Teknologi Pertahanan, Universitas Pertahanan

References

Daftar Pustaka

Buku/Teori

Arifin, Johar. 2017. SPSS 24 Untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: PT. Elex Media Kaputindo.

Haryanto, Imam and Triwibowo Totok. 2018. Path Analysis Menggunakan SPSS dan Exel. Bandung: Informatika.

Marsono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: In Media.

Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Riduwan. 2010. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sudarmanto. 2015. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, Nana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suhertian, Piet. 1994. Profile Pendidik Profesional. Jakarta: Andi Offset.

Suharsaputra, Uhar. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Sutrisno, Edy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada media Group.

Syaodih, Nana and Syaodih, Erliana. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Refika Aditama

Tjiptono, Fandy. 1996. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.

Jurnal

Asis Agustiani. 2014. “Pengaruh Kualitas Kerja Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Kecamatan Bontang Selatan”. Journal Ilmu Pemerintahan. Volume 2 Nomor 3.

Krisnayanti, Putu Natalia and Utama I Wayan Mudiartha. 2018. “Pengaruh Kompensasi, Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kualitas Kerja Karyawan PT. Delta Satria Dewata Denpasar”. Jurnal Manajemen Unud. Volume 7 Nomor 7.

Putri Maya Yulia Eka and Nurhuda. 2017. “Pengaruh Pemanfaatan Waktu Belajar, Pemanfaatan Fasilitas Belajar dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan Akuntansi di SMK Labor Binaan FKIP UNRI”. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Volume 5 Nomor 1.

Utomo Makmur, Waluyo Musyafari and Hidayah Taufiq. 2014. “Pengaruh Latihan Tolak peluru dengan Penambahan Latihan terhadap Hasil Lemparan Tolak Peluru pada Pelempar Pemula”. Jurnal Ilmu, Volume 3 Nomor 2.

Triyanto Eko, Anitah Sri and Suryani Nunuk. 2013. “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam pemanfaatan Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran”. Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 1 nomor 2.

Perundang-Undangan/ Peraturan

Surat Keputusan Panglima Kohanudnas Nomor Skep/87/XII/2004 Tgl 29 Desember 2004 tentang Pokok Pokok Organisasi Prosedur Pusdiklathanudnas.

Downloads

Published

2019-03-12