Pengaruh Kepemimpinan dan Iklim Keselamatan Penerbangan Terhadap Kinerja Keselamatan Penerbangan di Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdana Kusuma

Authors

  • Janur Yudo Anggoro Program Studi Strategi Pertahanan Udara Universitas Pertahanan

DOI:

https://doi.org/10.33172/jspu.v3i1.62

Abstract

Abstrak - Fenomena yang terjadi di satuan Skadron Udara 31 adalah bagaimana suatu kinerja keselamatan penerbangan untuk operasional penerbangan sangat dipengaruhi oleh komitmen seorang pimpinan dan iklim keselamatan penerbangan di satuan tersebut.  Kondisi ini menyebabkan seorang pemimpin harus memiliki komitmen yang kuat untuk menjaga kinerja keselamatan berjalan dengan baik serta dapat menyesuaikan iklim keselamatan pada saat itu. Atas dasar fenomena tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan dan iklim keselamatan penerbangan terhadap kinerja keselamatan penerbangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan tehnik dokumentasi dan kuesioner untuk mengukur variabel kepemimpinan, iklim keselamatan dan kinerja keselamatan penerbangan.

Penelitian dilakukan atas 116 responden, yaitu personel Skadron Udara 31. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial kepemimpinan berpengaruh sebesar 36% terhadap kinerja keselamatan penerbangan dan secara parsial iklim keselamatan penerbangan berpengaruh sebesar 19,8% terhadap kinerja keselamatan penerbangan.

Kata Kunci: Kepemimpinan, Iklim Keselamatan Penerbangan, Kinerja  Keselamatan Penerbangan

 

Abstract - The phenomenon that occurs in units of Air Squadron 31 is how an airline safety performance of aviation operations is strongly influenced by the commitment of the leaders and the climate in the unit's flight safety. This condition causes a leader must have a strong commitment to maintain safety performance goes well and can adjust safety climate at the time. On the basis of the phenomenon, the study was conducted in order to determine how much influence the climate leadership and flight safety of the aviation safety performance. The method used is quantitative method with the technical documentation and questionnaires to measure the variables of leadership, safety climate and flight safety performance.The study was conducted on 116 respondents, ie personnel Air Squadron 31. The results showed that partially influential leadership of 36% of the performance of aviation safety and aviation safety climate partially influenced by 19.8% against the flight safety performance.

Keywords: Leadership, Aviation Safety Climate, Safety Performance Flight

Author Biography

Janur Yudo Anggoro, Program Studi Strategi Pertahanan Udara Universitas Pertahanan

Program Studi Strategi Pertahanan Udara Universitas Pertahanan

References

Daftar Pustaka

Bass: 1993, Transformational Leadership Theory

Burke, Sarpy, Tesluk dan Crowe, 2002, Kinerja Keselamatan

Dislambangjaau, Safety & Airworthiness, Membangun Safety Dalam Upaya

Gary Yuki, Kepemimpinan Dalam organisasi

Griffin dan Neal, 2000, Kinerja Keselamatan.

Kirkpatrick dan Locke, 1991, Kepemimpinan

Luria:2008, transformational leaders dan safety climate

Mewujudkan Zero Accident Menuju The First Class Air Force, Mei 2012, Sambutan Kasau.

NS Seskoau Air Power

Robert House:1971, The Path-Goal Theory

Sekkau, 2011, Vademicum Operasi dan Latihan TNI AU, Jakarta, hal 252

Somantri, Ating, Aplikasi Statistika dalam Penelitian, Bandung: Pustaka Setia, 2006

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D

Sugiyono, Statistik untuk penelitian (Bandung: Alfabeta, 2010)

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta : Bumi Aksara,2008

Tim Penulis Seskoad, Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah, Bandung: Alfa Beta, 2016

Tim Penulis Seskoad, Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah, Bandung: Alfa Beta, 2016

Yuki:2007, Pemimpin Transformasional

Zaccaro:2007, Trait Based of Leadership

Buku Petunjuk Teknis TNI AU Tentang Operasi Angkutan Udara dengan Nomor Perkasau /69/XII/2007 Tanggal 28 Desember 2007

Prosedure Tetap Skadron Udara 31, 2015

UU RI No 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara

UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI

AdamShick, Leadership and safety climate in high-risk military organizations. Maryland school of public policy, 2007.

Gil Luria, Climate Streght: How Leaders from consensius. Department of Human Services, The University of Haifa, Haifa 31905

Sara J. Singer, MBA, PhD, comparing safety climate in naval aviation and hospitals: Implications for improving patient safety. Health Care Manage Rev, 2010.

Shelley A. Kirkpatrick dan Edwin A. Locke, Leadership: Do Traits Matter? The Executive, Vol. 5, No. 2 May, 1991

Zaccaro, Trait Based of Leadership, Geroge Mason University, Virginia, 2007.

Downloads

Additional Files

Published

2017-07-13