MODEL SISTEM ALAT BANTU PELEPAS PAD SHOE RODA RANTAI TANK LEOPARD GUNA MENDUKUNG OPERASI PERTAHANAN DARAT

Authors

  • Asril Arifin Universitas Pertahanan
  • Sovian Aritonang Universitas Pertahanan

Abstract

Abstrak - Salah satu Alutsista yang sudah dimiliki satuan Kavaleri TNI AD adalah tank Leopard. Proses pemeliharaan tank Leopard yang sering diganti adalan pada bagian pad shoe karena memiliki life time lebih cepat dibandingkan perangkat lainnya. Pad shoe adalah bantalan rantai tank yang terbuat dari rubber/karet yang berfungsi sebagai pelapis rantai agar tidak terjadi friction dengan jalan yang dilintasinya. Dari aspek ke stabilan berkendaraan pad shoe mempunyai peran penting dalam keseimbangan manuver pada saat di medan tempur, saat latihan dan demonstrasi. Melepas pad shoe Ranpur tank Leopard dengan sistem manual awalnya adalah untuk standar postur Negara asal (German) yang bertubuh besar, apabila digunakan untuk standar personil militer Indonesia tidak efektif karena butuh tenaga besar dan waktu yang lebih lama. Dampak yang timbul adalah resiko terjadinya kecelakaan kerja cukup tinggi bagi prajurit diakibatkan kelelahan. Sistem alat pelepas pad shoe roda rantai tank Leopard dirancang menggunakan sistem hidrolik untuk menggandakan tenaga supaya pekerjaan lebih cepat dan ringan. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana menganalisa kebutuhan alat sistem pelepas pad shoe dan bagaimana membuat model alat pelepas pad shoe tank Leopard. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan melakukan eksperimen. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah pengolahan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kebutuhan model alat bantu pelepas pad shoe roda rantai tank Leopard yang efisiensi dari segi waktu, tenaga dan personil sesuai requirement dan spesifikasi adalah menggunakan sistem hidrolik yang terdiri dari; silinder hidrolik, pisau pendorong dan pengukuh, manual power, selang hidrolik dan pressure gauge..

References

Referensi

Buku

Dr.-Hell-Straße. 2015. Tentang D-24107 Kiel, Operational Manual Vol. 1 Description Main Battle Tank MBT Leopard 2 A4+. Germany: Rheinmetall Landsysteme GmbH.

Tipler Paul A. 1998. Tentang Fisika untuk Sains dan Teknik. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Turban, Leidner, McLean & Wetherbe. 2008. Tentang Information technology for management, (With CD). John Wiley & Sons.

Jurnal dan tesis:

Borkowski Waclaw, Rybak Piotr. 2009. “Test Of Impack Reistency Of Tracked Combat Vehicle”. The Journal of Military University of Technology, Faculty of Mechanical Engineering Institue of Motor Vehicle and Transportation, (diakses 15 Agustus 2018).

Petrus. 2018. “Analisis efisiensi pemeliharaan roda rantai tank AMX 13 Yonkav 3/AC Malang”. Tesis, Universitas Pertahanan, Bogor.

Perundang-undangan:

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2012 Tentang Industri Pertahanan.

Peraturan-peraturan:

Peraturan Menteri Pertahanan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2015 Tentang Postur pertahanan negara Indonesia.

Peraturan Menteri Pertahanan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Buku Putih Pertahanan Indonesia.

Referensi online:

Asni Ovier,“Tank Leopard Sesuai dengan Kondisi Geografis Indonesia, 2014 Online; http://www.beritasatu.com/ nasional/192407-tankleopard-sesuai-kondisi-geografis-indonesia.html (diakses tanggal 9 Agustus 2018)

Cookie,”Gambaran umum tank tempur utama”, online; https://id.wikipedia. rg/wiki/Tank _tempur_ utama (diakses 9 Agustus 2018).

Sumber Lainnya:

Peraturan Kasad Nomor Perkasad / 74/ VIII / 2011 Tanggal 8 Agustus 2011 tentang Orgas satuan Kavaleri.

Hasil analisa eksperimen melepas pad shoe-1 tank Leopard di workshope Bengpuspal, pada tanggal 30 Oktober 2018.

Hasil analisa eksperimen melepas pad shoe-1 tank Leopard di workshope Bengpuspal, pada tanggal 30 Oktober 2018.

Hasil analisa eksperimen melepas pad shoe- 2 tank Leopard di workshope Bengpuspal, pada tanggal 30 Oktober 2018.

Downloads

Published

2019-12-22