DESAIGN ULANG LAMBUNG KAPAL UNMANNED SURFACE VESSEL DENGAN SENJATA PADA KAPAL NIRAWAK DINAS PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN TNI ANGKATAN LAUT MENGGUNAKAN PROGRAM KOMPUTASIONAL UNTUK MENINGKATKAN PERFORMA GUNA MENDUKUNG OPERASI TNI ANGKATAN LAUT

Authors

  • Hendri Priyono Universitas Pertahanan RI
  • Sovian Aritonang Universitas Pertahanan RI
  • Mahesa Akbar Universitas Pertahanan RI

Abstract

Kapal Nirawak TNI AL yang ada saat ini adalah kapal tanpa awak yang pertama di buat oleh Dislitbangal, karena kapal ini kurang optimal maka perlu dilakukan redesain lambung kapal dengan menggunakan metode simulasi model dengan bantuan software maxsurf. Dimana software maxsurf digunakan dalam menganalisa performa hidrodinamis yang salah satunya parameter adalah tahanan kapal, dengan redesain menunjukkan hasil bahwa terjadi pengurangan tahanan kapal, redesain lambung Kapal Kapal Nirawak TNI AL dengan menggunakan metode simulasi model dengan bantuan software maxsurf dalam menganalisa performa hidrodinamis, hambatan yang di hasilkan pada kecepatan maksimal. Sedangkan daya yang dibutuhkan kapal pada kecepatan maksimal sedangkan kecepatan menunjukkan peningkatan kecepatan kapal maksimun sehingga memenuhi ketentuan operational requirement dan menghasilkan olah gerak yang baik. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa kapal tersebut setelah di redesain dapat lebih baik.

References

Daftar Pustaka

Permenhan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Pembinaan Industri Pertahanan.

Kementerian Pertahanan, Kebijakan Penyelarasan Minimum Essesntial Force Komponen Utama, (2016), https://www.kemhan.go.id/ppid,

Kukner, Abdi & Yasa, A Mertean. (2014). High-speed planning hulls resistance prediction methods and comparison, Journal Technical University.

Bahatmaka, Aldias., Hadi, Eko Sasmito., Mulyatno, Imam Pujo. 2013. Perancangan Lambung Small Waterplane Area Twin Hull (SWATH) Kapal Protector dengan Sistem Unmanned, Jurnal Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro, 2(1).

Hardianto, Dwiko., & Aryawan, Wasis Dwi. 2017. Pembuatan konsep desain Unmanned Surface Vehicle (USV) untuk monitoring wilayah perairan Indonesia, ejournal ITS, 6(2), 2337-3520.

Evans, J. 1959. Basic Design Concepts, Naval Engineers Journal, 671- 678.

Harvald, S.V. (1983). Tahanan dan Propulsi Kapal. Sutomo, Jusuf. 1992. Airlangga University Press, Surabaya.

Antonio, Jose C. Hull adjustment towards hydrostatic requirements.

Laporan Hasil Kapal Tanpa Awak PT Robo Marine Indonesia (2020) Dislitbangal.

Downloads

Published

2021-06-28