STUDI ERGONOMI DESAIN KURSI PENUMPANG KENDARAAN TAKTIS MAUNG 4X4 PT. PINDAD BERDASARKAN ANTROPOMETRI PENGGUNA BERBASIS VIRTUAL ENVIRONMENT MODELLING MENGGUNAKAN METODE POSTURE EVALUATION INDEX (PEI)

Authors

  • Alran Rony Rinaldho Universitas Pertahanan RI
  • Erzi Agson Gani Universitas Pertahanan RI
  • Ade Bagdja Universitas Pertahanan RI

Abstract

Pertahanan negara menjadi salah satu faktor penting dalam menjamin eksistensi dan kelangsungan hidup suatu bangsa dan negara. Dalam rangka membangun suatu sistem pertahanan negara yang kuat tersebut salah satu syarat utamanya adalah terpenuhinya kebutuhan akan alat peralatan pertahanan dan keamanan (Alpalhankam) yang modern, handal dan berdaya saing tinggi secara mandiri. Salah satu Alpalhankam yang mendukung terwujudnya sistem pertahanan negara yang kuat tersebut adalah kendaraan taktis (rantis). Saat ini, paralel dengan proses produksi, PT. Pindad terus melakukan penelitian dan pengembangan untuk menyempurnakan rantis maung 4x4 agar memenuhi terhadap perkembangan teknologi dan tuntutan peningkatan yang ditetapkan oleh TNI dan Kementerian Pertahanan. Namun, selama ini proses desain dan rekayasa rantis maung masih belum secara komprehensif dan optimal memanfaatkan studi ergonomi, baik pada keseluruhan desain dan komponen, termasuk kursi penumpang. Oleh karena itu, perlu untuk dianalisa dan dilakukan penelitian lebih lanjut terkait studi ergonomi dalam mengevaluasi desain kursi penumpang pada kendaraan taktis maung di atas melalui analisis evaluasi postur tubuh dan gerakan tubuh seseorang saat duduk dan berada pada kursi kendaraan tersebut dengan menggunakan bantuan dari software digital human modeling and simulation yang dikenal dengan Jack 8.2 dan dibantu menggunakan analisis metode penilaian posture evaluation index (PEI). Dari hasil simulasi, maka diperoleh bahwa desain aktual saat ini masih belum ergonomis dan setelah dilakukan perubahan konfigurasi desain maka diperoleh desain ergonomis berdasarkan perhitungan nilai menggunakan metode posture evaluation index (PEI) adalah konfigurasi 3 dimana memiliki nilai PEI paling kecil yaitu sebesar 1,1531 untuk persentil 5 dibandingkan dengan perhitungan nilai posture evaluation index (PEI) pada konfigurasi 1 (aktual) dan konfigurasi 2.

References

Ahmad, Tubagus D.P., Yannes Martinus Pasaribu, Andar Bagus Sriwarno. (2016). Strategi Pengembangan Produk Terintegrasi dan Modular (PPT-M) pada Litbang Desain Rantis Komodo di PT Pindad. Jurnal Sosioteknologi : Vol. 15, No 1.

Majalah Pindad. (2020). Kendaraan Taktis 4x4 Maung, Vol.9, Edisi September 2020. https://pindad.com/majalah. Diakses pada 31 Januari 2022.

NIOSH (National Institute for Occupational Safety and Health). (1997). A Critical Review of Epidemiologic Evidence for Work-Related Musculoskeletal Disorders of the Neck, Upper Extremity, and Low Back. NIOSH: Centers for Disease Control and Prevention. DHHS (NIOSH) Publication, No. 97-141.

Oktora, Mochamad Yoesdinar. (2017). Komunikasi Pemasaran PT Pindad (Persero) Di Kawasan Asia Tenggara. Jurnal Kajian Komunikasi, Volume 5, No. 2, Desember 2017, hlm. 190-201.

Peraturan Menteri Pertahanan Republik Indonesia No. 4 tahun 2019 Tentang Pelaksanaan Laporan Data Alutsista TNI di Lingkungan Kementerian Pertahanan dan TNI.

Peraturan Presiden Republik Indonesia No 8 tahun 2021 Tentang Kebijakan Umum Pertahanan Negara tahun 2020-2024

Perhimpunan Ergonomi Indonesia. (2021). Anthropometric Indonesia-The Largest Antrophometry Data In Indonesia. Retrieved from https://pei.or.id/ dan http://antropometriindonesia.org/ pada 22 Juni 2021.

Prawiranegara, Raden Yoga. (2011). Analisis Postur Duduk Tentara Indonesia Dan Perancangan Kursi Penumpang Kendaraan Tempur Tipe Apc (Armoured Personnel Carrier) Yang Ergonomis Dalam Virtual Environment (Skripsi Sarjana). Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia.

Putra, E.S. and M. A. Waskito. (2020). Konsep ergonomi kultural nusantara dalam pendidikan dasar Desain Produk ITENAS, p.296-297, Juli-Desember 2020.

Rudi, S. dkk. (2018). Desain dan Analisis Artificial Exoskeleton pada Prajurit TNI. Jurnal Optimasi Industri.

Undang-Undang No. 3 tahun 2002 Tentang Pertahanan Negara

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2012 Tentang Industri Pertahanan.

Downloads

Published

2022-06-30