PEMODELAN SISTEM PEMELIHARAAN ELECTRIC MOTOR PROPULSION GUNA MENINGKATKAN AVAILABILITY MESIN HIBRID DI KAPAL PERANG REPUBLIK INDONESIA
Abstract
Tantangan tugas yang cukup berat dan kompleks menuntut TNI AL harus dapat memelihara dan meningkatkan performa alutsistanya secara berkesinambungan. Performa alutsista dalam hal ini kapal perang tidak dapat dilepaskan dari sistem propulsi. Saat ini teknologi di dunia perkapalan terus berkembang khususnya pada teknologi propulsi kapal. Perkembangan teknologi propulsi kedepannya akan mengarah kepada teknologi hybrid. Saat ini TNI AL memiliki teknologi mesin hybrid pada Kapal perang berjenis sigma freegate yang menggunakan dua jenis propulsi yaitu propulsion diesel engine (PDE) dan propulsion electric motor (PEM). Namun dengan kondisi dua propulsi tersebut, terdapat perbandingan frekwensi penggunaan yang berbeda, dimana PDE memiliki jam operasi lebih tinggi. kemudian pada penggunaan PEM pada daya besar perlu diperhatikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pemodelan sistem pemeliharaan yang paling efektif untuk meningkatkan availability mesin hibryd. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan konsep metode overall equipment effectiveness (OEE) dan metode Markov decision process (MDP). Pada hasil penelitian, data diperoleh dari data operasional kapal dan kegiatan pemeliharaan mesin di kapal. Kemudian data diolah dengan metode OEE dengan hasil rasio PDE 63,33% dan PEM 69,06%, nilai tersebut masih dibawah standar OEE dengan rasio 85%. Selanjutnya nilai rasio OEE dijadikan sebagai input analisis MDP. Pada analisis MDP tersebut dibuat empat pemodelan sistem pemeliharaan yaitu M1, M2, M3 dan M4. Output dari pemodelan tersebut adalah probabilitas jangka panjang mesin dalam keadaan baik. Berdasarkan proses penelitian, pemodelan M1 merupakan model yang paling berpengaruh terhadap availability mesin hybrid dengan melakukan penjadwalan, ketersediaan suku cadang sesuai jadwal pemeliharaan, keahlian personel dan pemeriksaan rutin. Pemodelan M1 juga merupakan model paling efektif guna meningkatkan availability mesin hibryd karena mengutamakan deteksi dini terhadap gejala kerusakan sehingga dapat dicegah.References
Alfred. P. P. (2014). Penerapan Metode Markovian Decision Proses dan Overall Equipment Effectiveness untuk Menentukan Kebijakan Perawatan Mesin Produksi di PTPN XII (Persero) Bantaran-Blitar. Penelitian Tugas Akhir. Universitas Brawijaya, Malang.
Andi HM, dkk (2015). Pemodelan Sistem Propulsi Kapal perikanan dengan Hybrid Energi. Seminar Teknologi dan Rekayasa (Sentra) 2015. Unhas-Makasar. ISBN: 978-979-796-238-6.
Chetan S.S. dkk. (2016). A Case Study on Total Productive Maintenance in Rolling Mill. International Journal of Scientific Development and Research (IJSDR) www.ijsdr.org. ISSN: 2455-2631.
Gischa S (2019). Indonesia sebagai Negara Maritim apa maksudnya? https :// www. Kompas. com / skola / read / 2019 /12 / 10 / 162412069 / indonesia – sebagai – negara – maritim – apa – maksudnya? page = all. Diakses tanggal 4 juli. 11.40 WIB.
Malik, N. A., & Hamsal, M. (2013). Pengukuran Kinerja Operasional Melalui Implementasi Total Produktive Maintenance di PT. XYZ. Journal of Business and Enterprenuership Vol.01, No.02, pp.51-73.
Marsetio. (2015). Aktualisasi peran pengawasan wilayah laut dalam mendukung pembangunan Indonesia sebagai Negara Maritim yang tangguh. Makalah Penelitian. Jakarta.
Priambodo, B. (2018). Minimalisasi Biaya Maintenance Lift Menggunakan Metode Markov. Jurnal Valtech, 1(1), pp.12-16. ITN-Malang.
Rochmoeljati, R. (2012). Perencanaan Perawatan Mesin Menggunakan Metode Markov Chain untuk Meminimumkan Biaya Perawatan. Jurnal Teknik Industri FTI UPNV Jatim, pp.63-74.
Saiful, Amrin R, Olyvia N. (2014). Pengukuran Kinerja Mesin Defekator I dengan menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness. Jurnal Of Engineering and Management in Industrial System. Vol. 2 no. 2 tahun 2014. ISSN 2338-3925. Unhas-Makasar.
Tangguh B, I Made A, Indrajaya G. (2014). Analisa Penerapan Sistem Hybrid Pada Kapal KPC 28 Dengan Kombinasi Diesel Engine dan Motor Listrik yang Disuplai Dengan Batterai. Jurnal Teknik Pomits Vol. 3, No. 1, (2014) ISSN: 2337-3539. ITS-Surabaya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Proposed Policy for Journals That Offer Open Access. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Proposed Policy for Journals That Offer Delayed Open Access. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.