INDUSTRI DAN MATERIAL ENGINE PROPULSI ROKET

Authors

  • Sovian Aritonang Prodi Teknologi Daya Gerak Unhan
  • Nugroho Adi Sasongko Prodi Teknologi Daya Gerak Unhan
  • Asril Arifin Prodi Teknologi Daya Gerak Unhan
  • Hanung Bayu Setiawan Prodi Teknologi Daya Gerak Unhan
  • Imastuti Imastuti Prodi Teknologi Daya Gerak Unhan
  • M.Abdi S. Gilman Prodi Teknologi Daya Gerak Unhan
  • Putri Herdiyana Prodi Teknologi Daya Gerak Unhan

Abstract

Abstrak - Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) merupakan hal utama dalam membentuk masyarakat yang berbasis pengetahuan. IPTEK dapat dikatakan sebagai unsur kemajuan dari sebuah peradaban manusia. Melalui pengetahuan dalam bidang IPTEK, manusia dapat memanfaatkan kekayaan alam untuk menunjang kesejahteraan dan meningkatkan kualitas hidupnya. Salah satu teknologi yang dikembangkan adalah pengembangan teknologi roket. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengidentifikasi mineral serta material yang terdapat pada engine propulsi roket. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian studi literatur dengan pengumpulan data yang digunakan adalah data sekunder yang merupakan data pendukung yang bersumber dari literatur atau referensi-referensi yang ada seperti jurnal, buku, dan internet. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa material dan mineral yang terdapat pada engine propulsi roket terdiri dari aluminium, berrylium, dan zirconium. Dimana material dan mineral tersebut belum dapat mengolah dan memurnikan, manufacturing ataupun proses fabrikasi.

Kata Kunci: Industri, Material Engine, Propulsi Roket.

 

Abstract - Science and technology is the main component of shaping a knowledge-based society. Science and technology is elements that composes human civilization. Through knowledge in science and technology, people can utilize the natural resources to support the improvement of their wealth and living standards. One of the most advanced technologies developed is the technology of rocket propulsion. This study aims to examine and identify the minerals and materials contained in the rocket propulsion engine. This Research conducted using literature study through data collection as secondary data, and other data sources such as existing literature or references, journals, books, and online articles. The results of this study shows that the materials and minerals found in the rocket propulsion engine consist of aluminum, berrylium, and zirconium. These materials and minerals have not been able to process, refine, manufacturing or fabricate the process.

Keywords: Industry, Material Engine, Rocket Propulsion.

Author Biographies

Sovian Aritonang, Prodi Teknologi Daya Gerak Unhan

Prodi Teknologi Daya Gerak Unhan

Nugroho Adi Sasongko, Prodi Teknologi Daya Gerak Unhan

Prodi Teknologi Daya Gerak Unhan

Asril Arifin, Prodi Teknologi Daya Gerak Unhan

Prodi Teknologi Daya Gerak Unhan

Hanung Bayu Setiawan, Prodi Teknologi Daya Gerak Unhan

Prodi Teknologi Daya Gerak Unhan

Imastuti Imastuti, Prodi Teknologi Daya Gerak Unhan

Prodi Teknologi Daya Gerak Unhan

M.Abdi S. Gilman, Prodi Teknologi Daya Gerak Unhan

Prodi Teknologi Daya Gerak Unhan

Putri Herdiyana, Prodi Teknologi Daya Gerak Unhan

Prodi Teknologi Daya Gerak Unhan

References

Referensi

Amborse, William A. 2013. The Significance of Lunar Water Ice and Other Mineral Resources for

Amin, Sarmidi. 2007. Pemilihan Material Nosel Motor ROket Padat Dengan Metode Pendekatan Kondisi Operasi.. Jurnal M.P.I Volume 1 nomor 3. Tersedia di http://lib.kemenperin.go.id/neo/download_artikel.php?id=36. Diakses pada Tanggal 17 November 2018.

Astrid, wahyuni. 2010. Aspek-aspek terkait Dalam Merancang Roket kendali RKX Tahap Awal. Tersedia di www.jurnal.lapan.go.id/index.php/berita_dirgantara/article/download/707/625 . Diakses pada tanggal 17 November 2017.

Ganda, Samosir. 2010. Penerapan FEM untuk menentukan Material Komponen Propulsi Roket RKX-10C16. Tersedia di www. jurnal.lapan.go.id › Home › Vol 8, No.2 Desember (2010). Diakses pada tanggal 16 November 2017.

H.Djamaludin, dkk. 2012. Potensi Dan Prospek Peningkatan Nilai Tambah Mineral Logam Di Indonesia (Suatu Kajian Terhadap Upaya Konservasi Mineral). Tersedia di www.download.portalgaruda.org/article.php?article=94526&val=2170 . Diakses pada tanggal 17 November 20177.

Kemenristek RI. 2006. Buku Putih: Indonesia 2005-2025, Penelitian , Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bidang Pertahanan dan Keamanan. Jakarta: Kemenristek RI.

Munzir, Qadri dkk. 2014. Perancangan Sistem Propulsi Motor Roket Untuk Gaya Dorong 1 Ton. Tersedia di https://jurnal.umj.ac.id/index.php/sintek/article/view/155. Diakses pada tanggal 16 November 2017.

Nafiun, 2013. Pembuatan dan Kegunaan Logam Magnesium Kalsium Berilium barium. Tersedia di http://www.nafiun.com/2013/07/pembuatan-dan-kegunaan-logam-magnesium-kalsium-berilium-barium.html.

NASA. 2015. NASA Technology Roadmaps TA 1: Launch Propulsion Systems. Terseddia di https://www.nasa.gov/sites/default/files/atoms/files/2015_nasa_technology_roadmaps_ta_1_launch_propulsion_systems_final.pdf. Diakses pada tanggal 17 November 2017.

Nawangpalupi, Catharina Badra. 2005. Proses manufaktur adalah proses untuk mengubah bahan baku (raw material). Tersedia di http://repository.unpar.ac.id/bitstream/handle/123456789/4060/LPD_Catharina_Hubungan%20antara%20Proses%20Manufaktur-p.pdf?sequence=1&isAllowed=y. Diakses pada tanggal 18 November 2018.

Newton, 2010. Free Energy of Zircon Based on Solubility Measurments at High and Pressure, Memorial University, Canada

Peraturan Mentri Pertahanan Nomor 17 Tahun 2014 Tentang Pelaksanaan Pengadaan Alat Utama Sistem Senjata Di Lingkungan Kementrian Pertahanan Dan TNI, Pasal 1 ayat (7).

Rocket Propellants and Human Settlement of the Moon. Bureau of Economic Geology, John A. and Katherine G. Jackson School of Geosciences, University of Texas at Austin, University Station. Tersedia di http://store-assets.aapg.org/documents/previews/1179M101/CHAPTER01.pdf. Diakses pada tanggal 17 November 2017.

Sajima,dkk. 2012. Pembuatan Konsentrat Zirkon dari Pasir Zirkon Kalimantan Barat, Prosiding Seminar Penelitian dan Pengelolaan Perangkat Nuklir, Yogyakarta

Samosir, Ganda. 2010. Penerapan FEM Untuk Menentukan Material KOmponen Propulsi ROket RKX-10C16. Jurnal Teknologi Dirgantara Volume 8 Nomor 2. Tersedia di http://jurnal.lapan.go.id/index.php/jurnal_tekgan/article/viewFile/1523/1367. Diakses pada tanggal 17 November 2017.

Slamet,Widodo. 2013. Proses Manufaktur dan Integrasi Struktur Inasat-1 LAPAN.Berita Dirgantara Volume 14 nomor 1. Tersedia di http://jurnal.lapan.go.id/index.php/berita_dirgantara/article/download/2063/1874. Diakses pada tanggal 17 November 2017.

Sutrisno. 2015. Rancang Bangun Roket Lapan Dan Kinerjanya. Tersedia di www.jurnal.lapan.go.id/index.php/berita_dirgantara/article/viewFile/700/618. Diakses pada tanggal 17 November 2017.

Downloads

Published

2018-06-04