ANALISIS PENGARUH LETAK BILGE KEEL TERHADAP STABILITAS KAPAL KCR 60M DALAM MENDUKUNG OPERASI PERTAHANAN DI LAUT
Abstract
Strategi Pertahanan Laut Nusantara dalam Doktrin Eka Sasana Jaya berorientasi pada konsep negara kepulauan sehingga pertahanan laut nusantara harus mempertimbangkan kondisi geografi Indonesia sebagai Negara kepulauan. Salah satu kegiatan yang dilakukan TNI Angkatan Laut dalam mendorong kebangkitan indutri dalam negeri adalah dengan memproduksi Kapal KCR 60m melalui PT PAL Surabaya (PT PAL Indonesia, n.d.). Kapal KCR 60m memiliki kemampuan khusus dalam melakukan penyerangan cepat dengan persenjataan rudal serta dapat melakukan gerakan menghindar dengan cepat. Kapal KCR 60m perlu didesain dengan stabilitas yang baik, karena stabilitas merupakan salah satu parameter penting yang berhubungan dengan masalah keselamatan kapal. Banyak aspek dapat dikaji dalam teknik merekayasa stabilitas kapal, salah satunya adalah analisis pengaruh letak Bilge keel pada stabilitas kapal KCR 60m. Stabilitas lambung kapal KCR 60m telah memenuhi standar International Maritime Organization, hasil dari model 1 sampai dengan model 3 didapatkan nilai GZ dan nilai GM yang berbeda-beda dalam tiap model dan kondisi kapal. Hasil nilai GZ maksimum dan GM maksimum terjadi pada Model 3. Kesimpulannya, model 3 memiliki stabilitas kapal yang lebih baik dibandingkan dengan model 1 dan model 2.References
Craig & Grant. (1996). Manajemen Strategi. Jakarta: Alex Media Komputindo. 49.
Djaya, Indra Kusna. (2008). Teknik Konstruksi Kapal Baja. Jakarta Pusat: Departemen Pendidikan Nasional. 187.
Huda,Moch.Choirul. (2017). Desain Kapal Patroli Alumunium Untuk Wilayah Indonesia Bagian Timur. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November. 13
Kementerian Pertahanan Negara Republik Indonesia. (2015). Buku Putih Pertahanan Indonesia. Jakarta: Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. 29-30.
Kunaifi, A’ang. (2016). Analisa Perbandingan Kebutuhan Power Pada Active Tank Stabilizer Untuk Design Kapal Patroli 70 m. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November. hlm.5.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D's. Bandung: Alfabeta. 5.
Ardiansyah, R.H., Samuel, dan Imam, P.M. (2014). Analisa Stabilitas Kapal Roro Passanger 5000 GT Merak-Bakauheni dengan Variasi Lebar dan Panjang Bilge Keel. Jurnal Teknik Perkapalan. 2(3). 1-5.
Paroka, D., Syamsul, A. Misliah, Ardi, S.M. dan Haswar. (2012). “Pengaruh Karakteristik Geometri Terhadap Stabilitas Kapal”. Seminar Nasional Teori dan Aplikasi Teknologi Kelautan. 1.
Putra, I Nengah dan Pramono, Sholeh Hadi (2017). Konsepsi Pembangunan Kekuatan Dan Kemampuan Sistem Informasi Operasi TNI AL Dalam Mendukung Penyelenggaraan Strategi Pertahanan Laut Nusantara. Asro Jurnal STTAL, 7, 26-27.
PT PAL Indonesia. n.d. “60 Meter Kapal Cepat Rudal”. Retrieved from https://www.pal.co.id/product_&_solution/naval_shipbuilding/detail/103?lang=ina, diakses pada 16 September 2019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Proposed Policy for Journals That Offer Open Access. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Proposed Policy for Journals That Offer Delayed Open Access. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.