SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) UNTUK RANCANGAN DOCK PT PAL SEBAGAI OBYEK VITAL NASIONAL DALAM RANGKA PENGEMBANGAN WILAYAH INDUSTRI PERTAHANAN DI TELUK SEMANGKA PROVINSI LAMPUNG

Authors

  • Filya Rizky Lestari Universitas Pertahanan Indonesia
  • Amarullah Octavian Universitas Pertahanan Indonesia
  • Gentio Harsono Universitas Pertahanan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33172/tp.v1i2.486

Abstract

Pengembangan teknologi dalam mendukung pertahanan negara dibutuhkan untuk memenuhi standar minimum essential force (MEF), yakni peningkatan kemampuan mobilitas TNI untuk mendukung tugas pokok TNI yang dilaksanakan oleh kementerian atau lembaga khususnya industri pertahanan. Pengembangan kawasan industri pertahanan berdasarkan surat perintah Menteri Pertahanan dilaksanakan di Pulau Sumatera dengan lokasi terletak di Provinsi Lampung. Pada rencana pembangunan BUMNIP tersebut salah satunya adalah pengembangan PT. PAL. Pengembangan rencana PT. PAL dikembangkan di Teluk Semangka, Kabupaten Tanggamus dengan mempertimbangkan kondisi geografis darat dan laut wilayah tersebut. Pengembangan industri PT. PAL berkaitan dengan pembuatan galangan (dock) kapal sebagai tempat pembuatan kapal, uji kapal, repair, dan maintenance. Teknologi Penginderaan yang diaplikasikan adalah asumsi pemodelan lokasi dock kapal menggunakan sistem informasi geografis. Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis tingkat kesesuaian dock berdasarkan penggunaan aplikasi SIG sebagai asumsi pemodelan lokasi dock kapal. Penelitian menggunakan metode teknik weight overlay dan buffer berdasarkan klasifikasi dari tutupan lahan, kemiringan lahan, jenis batuan, batimetri, sebaran bencana, dan data pendukung hidro-oseanografi seperti grafik pasang surut, kecepatan angin, dan tipe sedimen yang menghasilkan tingkat kesesuaian lokasi dock secara optimal. Secara regional, sistem informasi geografis pada penelitian ini terbukti sesuai dalam penentuan tingkat kesesuaian lahan rencana lokasi dock kapal secara geospasial yang berada di Lokasi C (Kecamatan Limau). Sistem informasi geografis pada penelitian ini menghasilkan asumsi pemodelan dock kapal sederhana berdasarkan parameter yang telah diproses.

Kata Kunci: Galangan Kapal, Sistem Informasi Geografis, Kesesuaian Lahan

References

Buku

Department of Defense United State of America. 2002. Unified Facilities Criteria Design: Graving Dock. US.

FAO (Food and Agriculture Organization). 1976. A Framework for Land Evaluation, FAO Soil Bulletin 52. Soil Resources Management and Conservation Service Land and Water Development Division.

Laporan Kodim 0424/Tanggamus. 2017. Analisis Daerah Operasi Wilayah. Kodim 0424/Tanggamus.

Prahasta, Eddy. 2014. Sistem Informasi Geografis: Konsep Dasar (Perspektif Geodesi & Geomatika), Edisi Revisi. Bandung: Informatika.

Supriyatno, Makmur. 2014. Tentang Ilmu Pertahanan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Zuidam, R.A. Van dan Zuidam, F.I. van Concelado. 1985. Arial Photointerpretation in Terrain Analysis and Geomorphologic Mapping, Enschede: ITC

Website

Sindonews,” Tiga BUMN Industri Pertahanan Akan Direlokasi ke Lampung”, diakses dari https://

nasional.sindonews.com/read/1266025/14/tiga-bumn-industri-pertahanan-akan-direlokasi-ke-lampung-1513328424, pada tanggal 30 Juli 2018, pukul 13.19 WIB.

Peraturan dan Undang-Undang

Undang-undang Nomor 16 Tahun 2012 Tentang Industri Pertahanan, pasal 1.

Undang-undang Nomor 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang, pasal 1 ayat 28.

Peraturan Menteri Perindustrian RI Nomor 40/M-IND/PER/6/2016 Tentang Pedoman Teknis Pembangunan Kawasan Industri, pasal 2.

Peraturan Daerah Kabupaten Tanggamus Nomor 16 Tentang Rencana Tata Ruang Kabupaten Tanggamus 2011-2031.

Perkasal No. 24/IV/2011 Tanggal 19 April.

Surat Perintah Menteri Pertahanan Nomor B/1011/VII/2017/DJPOT.

Downloads

Published

2020-04-22

How to Cite

Lestari, F. R., Octavian, A., & Harsono, G. (2020). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) UNTUK RANCANGAN DOCK PT PAL SEBAGAI OBYEK VITAL NASIONAL DALAM RANGKA PENGEMBANGAN WILAYAH INDUSTRI PERTAHANAN DI TELUK SEMANGKA PROVINSI LAMPUNG. Teknologi Penginderaan, 1(2). https://doi.org/10.33172/tp.v1i2.486