ANALISIS FAKTOR DAN POLA PENYEBARAN VIRUS AVIAN INFLUENZA DI INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PAR

Authors

  • Hasbi Ash Shiddiqy Universitas Pertahanan
  • Tirton Nefianto Universitas Pertahanan
  • Sugeng Triutomo Universitas Pertahanan

DOI:

https://doi.org/10.33172/jmb.v5i1.609

Abstract

Wabah avian influenza di Indonesia muncul pada akhir tahun 2003 dan menyebar hingga ke-33 provinsi dari 34 provinsi dalam waktu kurang dari 5 tahun. peristiwa ini cukup menarik karena secara geografis Indonesia berbentuk kepulauan di mana laut merupakan barier alami dari penyebaran penyakit. Maka dari itu penelitian ini ingin menganalisis faktor dan pola penyebaran wabah AI di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik. Penelitian ini melibatkan pejabat struktural dan staff dari direktorat kesehatan hewan dan badan karantina di kementerian pertanian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara dan kerangka kerja pengkajian bencana model PAR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: faktor yang menyebabkan penyebaran wabah AI adalah implementasi biosekuriti yang kurang baik, progam penanggulangan wabah yang kurang holistik, dan pengawasan dalam perdagangan unggas yang kurang terkendali dan terawasi. Sedangkan pola penyebaran wabah avian influenza di indonesia berkaitan erat dengan jalur perdaganagan pada wilayah dengan konsumsi produk unggas yang tinggi.

References

Agrina. 2016. Awas, AI datang lagi. url: www.agrina-online.com/show_article.php?rid=19&aid=5694 Diakses 9 Januari 2017: 20.05 WIB.

Atmawinata. 2006. Kiat Bebas Flu Burung. Bandung: Yuramawidya.

Cucunawangsih. 2006. Flu Burung: Cara Menanganinya dan Mencegahnya. Jakarta: BIP.

Damayanti. 2010. Disertasi. Universitas Indonesia. Depok.

Depkominfo. 2008. Flu Burung: Ancaman dan Pencegahan. Jakarta: Publikasi sendiri.

Ditjennak. 2016. Data Peternakan Indonesia. ditjennak.pertanian.go.id.

Mohamad. 2006. Flu burung. Adaptasi dari www.influenzareport.com oleh: Kamps, Hoffman, dan Preiser (Ed.). Publikasi sendiri.

Muchlisoh. 2007. Analisis Content, Context, Actor dan Process Kebijakan Penggunaan Antiviral Oseltamivir dalam Penanggulangan Flu Burung di Indonesia Tahun 2007. Tesis. Universitas Indonesia. Depok.

Oxfam. 2012. The Disaster Crunch Model: Guidelines for a Gendered Approach. Oxford: Oxfam GB.

WHO. 2006. Current WHO Global Phase of Pandemic Alert: Avian Influenza. url: www.who.int/influenza/preparadness/pandemic/h5n1phase/en.

Yin. 2015. Studi Kasus: Desain & Metode. Jakarta: Raja Grafindo Pustaka

Downloads

Published

2019-05-31

How to Cite

Shiddiqy, H. A., Nefianto, T., & Triutomo, S. (2019). ANALISIS FAKTOR DAN POLA PENYEBARAN VIRUS AVIAN INFLUENZA DI INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PAR. Jurnal Manajemen Bencana (JMB), 5(1). https://doi.org/10.33172/jmb.v5i1.609