Kerjasama Pemda, Polres dan Korem 061/Sk Bogor Dalam Pencegahan Propaganda Ideologi Radikal di Kabupaten Bogor Tahun 2015-2016

Authors

  • Dewi Indri Rianti Program Studi Peperangan Asimetris, Universitas Pertahanan
  • M. Afifuddin Program Studi Peperangan Asimetris, Universitas Pertahanan
  • Bambang Wahyudi Program Studi Peperangan Asimetris, Universitas Pertahanan

DOI:

https://doi.org/10.33172/pa.v4i1.196

Abstract

Abstrak -- Kabupaten Bogor merupakan wilayah yang strategis sebagai sebagai penyangga Ibu Kota. Hal inilah yang menyebabkan pertumbuhan penduduknya mengalami peningkatan pesat sehingga kompleksitas permasalahan sosial yang cukup tinggi dan heterogenitas masyarakat sangat besar. Salah satu yang menarik adalah berkembanganya berbagai macam ideologi radikal disertai dengan berbagai kasus penangkapan terduga pelaku terorisme dan adanya ego sektoral lembaga yang berwenang. Dalam menyikapi situasi seperti ini dibutuhkan sinergitas lembaga terkait untuk menciptakan situasi yang kondusif ditengah berbagai ancaman ideologi radikal yang mulai bermunculan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa Propaganda Idiologi Radikal di Kabupaten Bogor Tahun 2015-2016 dan menganalisa kerjasama Pemerintah Daerah, Polres dan Korem 061/SK Bogor, dalam pencegahan propaganda Ideologi Radikal di Kabupaten Bogor Tahun 2015-2016.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskritif. Sedangkan subjek penelitiannya adalah kerjasama Pemda, Polres dan Korem yang ada di Kabupaten Bogor.

Penelitian ini menghasilkan bentuk propaganda ideologi radikal di Kabupaten Bogor Tahun 2015-2016 adalah radikalisme agama. Kerjasama Pemerintah Daerah, Polres dan Korem 061/SK Bogor dalam pencegahan propaganda Ideologi radikal di Kabupaten Bogor sudah berjalan dengan baik. Namun, belum ada bentuk kerjasama yang mengikat dan masih terbatas pada koordinasi, pertukaran informasi dan penanganan kasus bersama. Hubungan kerjasama yang terjalin adalah melalui Perhumas, Kominda, Muspida/ Fokominda (Musyawarah Pimpinan Daerah).

Kata kunci: propaganda, ideologi radikal, kerjasama

 

Abstract - Bogor Regency is a strategic area as buffer of capital city. This is caused of the population growth has increased rapidly so that the complexity of social problems is quite high and heterogeneity of society is very large. One of the interest thing is the development of various radical ideologies, accompanied by various cases of the arrest of unexpected terrorism offender alleged abductions of terrorists and the existence of sectoral ego of institutions. In dealing with such situations, the synergy of related institutions is needed to conduct a conducive situation amidst various radical ideologies that are emerging. The purpose of this research is to analyze Radical Idiology Propaganda in Bogor Regency in 2015-2016 and to analyze cooperation of Local Government, Polres and Korem 061 / SK Bogor, in preventing of Radical Ideology Propaganda in Bogor Regency in 2015-2016.

This research uses qualitative method with descriptive approach. While the subject of research is cooperation between local government, police and Korem in Bogor District.

This research resulted radical ideological propaganda form in Bogor Regency in 2015-2016 is radicalism religion. The cooperation of Local Government, Polres and Korem 061 / SK Bogor in preventing radical ideology propaganda in Bogor Regency has been running well. However, there is no binding form of cooperation and is still limited to coordination, information flow and translation. The Cooperation relationships that exist is through Perhutas, Kominda, Muspida / Fokominda (Regional Leadership Council).

Keywords: Propaganda, Radical Ideology, Cooperation.

Author Biographies

Dewi Indri Rianti, Program Studi Peperangan Asimetris, Universitas Pertahanan

Program Studi Peperangan Asimetris, Universitas Pertahanan

M. Afifuddin, Program Studi Peperangan Asimetris, Universitas Pertahanan

Program Studi Peperangan Asimetris, Universitas Pertahanan

Bambang Wahyudi, Program Studi Peperangan Asimetris, Universitas Pertahanan

Program Studi Peperangan Asimetris, Universitas Pertahanan

References

Daftar Pustaka

Buku

Ali Syafa’at,Muchamad. (2003). Tindak Pidana Teror Belenggu Baru bagi Kebebasan dalam “terrorism, definisi, aksi dan regulasi”.Jakarta : Imparsial.

Abdulaziz, Saleh, Alshebil. (2007). Consumer Perception of Rebranding The Case of Logo Changes. Jakarta.

Ardianto,Elvinaro. (2013). Hand Book Of Public Relation. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Bugin, Burhan. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta:Rajawali Pers.

Departemen komunikasi dan Informatika. (2013). Fungsi, Peran dan tugas humas. Jakarta.

F Nova, Firsan. (2011). Crisis Public Relations. Jakarta: Rajawali Pers.

Fathoni, Abdurrahmat. (2006). Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi, Jakarta: Rineka Cipta.

Foley, Jhon dan Julie Kedrik. (2006). Balanced Brand .Jakarta: Trans media.

Gupta, Deepak. (2005). Handbook Of Advertising Media And Public Relations. New Delhi: Mittal Publication.

Hariwijaya. (2007). Metodologi dan teknik penulisan, skripsi, Tesis, dan Disertasi. Yogyakarta: Elmatera Publising.

Idris, Irfan. (2016). Membumikan Deradikalisasi Soft Approach model Pembinaan Terorisme dari Hulu ke Hilir secara Berkesinambungan. Jakarta: Daulat Perss.

Kotler, Philip & Waldemar Pfoertsch. (2006). B2B Brand Management. Jerman: Springer Berlin.

Kusumastuti, Firda. (2001) Dasar-Dasar Humas, Malang: Ghalia Indonesia.

Lexy J.Moleong. (2006). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung :Remaja Rosdakarya.

Lexy J, Moleong. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi.Bandung:Remaja Rosdakarya.

Nasir, Moh. (1998). Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nasir, Abas. (2012 Januari). Kajian tentang Terorisme, Makalah disampaikan pada Diskusi Kajian tantang Terorisme diDitjenstarahan Kemhan.

Onong Uchjana, Effendy. (2004). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Prawito. (2007). Penelitian komunikasi kualitatif. Yogyakarta:LKIS.

Rumanti, Maria Assumpta. (2002). Dasar-Dasar Public Relations, Jakarta: Grasindo.

Ruslan, Rosadi. (2000). Kiat dan Strategi Kampanya Public Relation. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Ruslan, Rosady. (2008). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: Rajawali Pers.

Satori, Djam’an dan Aan Komariah. (2002). Metodelogi penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Soekamto, Soerjono. (2005). Sosiologi suatu pengantar. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Soemirat, Soleh & Ardianto, Elvinaro (2010). Dasar-dasar Publik Relation.Bandung: Rosda.

Suharto, Bohar. (1993). Petunjuk Praktis mengenai Penelitian, Fungsi, Format, Bimbingan dan Cara penulisan Karya karya Imliah (Makalah, Sekripsi dan Tesis)Ilmu Sosial, Bandung: Tarsito.

Sukendro, Achmed. (2009). Basic Hospital Public Relation. Jogjakarta: Amara Books.

Syafiie, Kencana, Inu, DR. (2011). Manajemen Pemerintahan. Pustaka Reka Cipta. Jawa Barat.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. yogyakarta: Andi Offset.

Umar, Husein. (2007). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka.

Usman, Husain dan Purnomo Setiady Akbar. (2009). Metodologi Penelitian Soaial, Jakarta: Bumi Aksara.

Saputra, Wahidin & Nasrullah, Rully. (2011) Public Relation 2.0. Depok: Gramata publishing.

Wiryanto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo.

Woon, Liu Shuk. (2011). How Customers Asses Rebranding Strategy The Impact Percieved Brand Image Similiarity and Loyalty Before Rebranding. The Hong Kong Polytechnic university: M Phill.

Yunus, Hadi Sabari. (2011). Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jurnal

Tantalo, Caterina and Priem, Richard L. Value Creation Through Stakeholder Synergy. Strategic Management Journal Strat. Mgmt. J. (2014) Wiley Online Library (wileyonlinelibrary.com) DOI: 10.1002/smj.2337

Junaedi, Fajar. Relasi Terorisme dan Media. Jurnal ASPIKOM. Volume 1, Nomor 1, Juli 2010: 1-124

Muhammad, Ali. International Context Of Indonesia’s Counter-Terrorism Policy, 2001 – 2004.

Downloads

Published

2018-05-02

How to Cite

Rianti, D. I., Afifuddin, M., & Wahyudi, B. (2018). Kerjasama Pemda, Polres dan Korem 061/Sk Bogor Dalam Pencegahan Propaganda Ideologi Radikal di Kabupaten Bogor Tahun 2015-2016. Peperangan Asimetris (PA), 4(1). https://doi.org/10.33172/pa.v4i1.196