STRATEGI PEMERINTAH INDONESIA DALAM PENANGGULANGAN ANCAMAN NARCOTERRORISM

Authors

  • Aulia Akmalina Program Studi Peperangan Asimetris, Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahanan
  • Pujo Widodo Program Studi Peperangan Asimetris, Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahanan
  • Bambang Wahyudi Program Studi Damai dan Resolusi Konflik, Fakultas Keamanan Nasional, Universitas Pertahanan

DOI:

https://doi.org/10.33172/pa.v5i2.410

Abstract

Abstrak -- Perkembangan arus narkotika telah semakin mengkhawatirkan di Indonesia. Tidak hanya membahayakan keamanan dan ketertiban masyarakat, hal ini juga berpeluang untuk menjadi salah satu jalan dalam hal pembiayaan peristiwa terorisme. Peluang melalui pasar yang besar di Indonesia ditambah dengan adanya ideologi radikal yang masuk menjadikan keadaan menjadi semakin rawan. Hal ini kemudian dikenal sebagai narcoterrorism. Di Indonesia, narcoterrorism masih ditangani sebagai dua ancaman yang terpisah (ancaman narkotika dan ancaman terorisme). Belum ada penanganan menyangkut narcoterrorism sebagai suatu ancaman yang baru muncul. Pertanyaan utama dari penelitian ini adalah mengenai perkembangan narcoterrorism di Indonesia dan strategi yang ditempuh oleh Pemerintah Indonesia untuk menanggulangi hal itu. Penelitian ini dimaksudkan untuk memahami mengenai konvergensi antara organisasi terorisme dengan kriminal yang dikaji melalui konsep terror-crime nexus. Dengan adanya kajian ini, maka diharapkan pemerintah dapat mengerti dan merumuskan cara yang tepat dan efektif untuk dapat mengantisipasi perkembangannya. Penelitian ini dilaksanakan secara kualitatif. Melalui penelitian ini didapatkan hasil bahwa perkembangan narcoterrorism di Indonesia terus terjadi, dan dibutuhkan antisipasi agar tidak berkembang ke arah yang lebih mengkhawatirkan. Strategi yang dilaksanakan pemerintah melalui pendekatan soft approach dan hard approach perlu dimaksimalkan hingga mencapai smart approach.

Kata kunci: Pemerintah, Penanggulangan Narcoterrorism, Strategi, Terror-Crime Nexus

Abstract -- The development of illegal drugs and illicit finance in Indonesia has afford a new concerning phase, not only towards the order and human security but also in terms of terrorism funding possibility. The advantage of massive market in Indonesia added up with radical ideology has built up the complexity of situation. In Indonesia, narcoterrorism is still treated as two separated threat (narcotics and terrorism). There are no certain rules regarding narcoterrorism as a whole new threat. Main research question of this thesis is about the recent development of narcoterrorism in Indonesia and Indonesian Government’s strategy to eradicate such existence. This research was aimed to understand the convergence criminal and terrorism organization through terror-crime nexus. With this thesis, the Indonesian Government are expected to form and build an effective and efficient strategy to deal with this problem. This research has been conducted in qualitative method, and discovered that the development of narcoterrorism in Indonesia are still happening and have to be anticipated in appropriate manners to prevent it from further development. Strategy applied by the Indonesian Government are in soft and hard approach, however it is still need further improvement to reach smart approach.

Keywords: Government, Countering Narcoterrorism, Strategy, Terror-Crime Nexus


Author Biographies

Aulia Akmalina, Program Studi Peperangan Asimetris, Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahanan

Program Studi Peperangan Asimetris, Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahanan

Pujo Widodo, Program Studi Peperangan Asimetris, Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahanan

Program Studi Peperangan Asimetris, Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahanan

Bambang Wahyudi, Program Studi Damai dan Resolusi Konflik, Fakultas Keamanan Nasional, Universitas Pertahanan

Program Studi Damai dan Resolusi Konflik, Fakultas Keamanan Nasional, Universitas Pertahanan

References

Daftar Pustaka

UNODC. 2018. The Drug Problem and Organized Crime, Illicit Financial Flows, Corruption and Terrorism, booklet 5 UNODC Research, Vienna: UNODC, hlm. 9.

Gomis, Benoit. 2015. Demistifying ‘narcoterrorism’. Policy Brief no 9. Swansea: Global Drug Policy Observatory.

Suhendi, Adi. 2013. Bertemu Imam Samudra Hingga Bisnis Narkoba dalam TribunNews.com edisi Kamis, 5 Desember 2013, dalam http://www.tribunnews.com/nasional/2013/12/05/perjalanan-teroris-fadli-sadama-bertemu-imam-samudra-hingga-bisnis-narkoba diakses pada 23 Agustus 2018.

Suhendi, Adi. 2013. Fadli Sadama Pemimpin Kumpulan Organisasi Teror Indonesia dalam TribunNews.com edisi Selasa, 17 Desember 2013, dalam http://www.tribunnews.com/nasional/2013/12/17/fadli-sadama-pemimpin-kumpulan-organisasi-teror-indonesia diakses pada 23 Agustus 2018.

Kementerian Pertahanan RI. 2015. Strategi Pertahanan Negara 2015, Jakarta: Kemhan RI.

Perri, Frank et al.,2009. Evil Twins the Crime-Terror Nexus. (Springfield:The Forensic Examiners Winter Edition).

Makarenko, Tamara. 2004. “The Crime-Terror Continuum: Tracing Organised Crime and Terrorism”. Global Crime vol 6. (New York: Routledge) hlm 129-145

Creswell, John. 2014. Research Design, Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches, (California: SAGE Publications), hal. 42.

BNN. n.d. “Bersama Cegah Ancaman Narkoba, 2019, dalam https://bnn.go.id/blog/beritakegiatan/bersama-cegah-ancaman-narkoba , diakses pada 19 Februari 2019.

Siregar, Evalisa. 2015. Menhan: narkoba ancaman nyata ketahanan Indonesia, Antaranews.com edisi 19 maret 2015 dalam https://www.antaranews.com/berita/486074/menhan-narkoba-ancaman-nyata-ketahanan-indonesia diakses pada 19 Februari 2019.

Lestari, Mustiana. 2013. Fadli Sadama, teroris Kakap yang Kabur dari LP Tanjung Gusta, Merdeka.com dalam https://www.merdeka.com/peristiwa/fadli-sadama-teroris-kakap-yang-kabur-dari-lp-tanjung-gusta.html diakses pada 19 Februari 2019.

Kemenko Polhukam RI. 2018. Sesmenko Polhukam: Penanggulangan Terorisme, Program Prioritas Nasional” dalam https://polkam.go.id/sesmenko-polhukam-penanggulangan-terorisme-program-prioritas-nasional/ diakses pada 19 Februari 2019.

Herdiansah, et. al. 2017. Peran dan Fungsi Pembinaan Teritorial TNI AD dalam Perbantuan Pemerintah Daerah: Studi Kasus Kabupaten Lebak, (Bandung: UNPAD). hlm 65-82.

Downloads

Published

2019-08-09

How to Cite

Akmalina, A., Widodo, P., & Wahyudi, B. (2019). STRATEGI PEMERINTAH INDONESIA DALAM PENANGGULANGAN ANCAMAN NARCOTERRORISM. Peperangan Asimetris (PA), 5(2). https://doi.org/10.33172/pa.v5i2.410

Most read articles by the same author(s)