STRATEGI PRANCIS MENGHADAPI ANCAMAN PERTAHANAN KEAMANAN DI PASIFIK (STUDI KASUS KONTRA INSURJENSI DI KALEDONIA BARU)

Authors

  • Windu Wahyu Wijaya Universitas Pertahanan RI
  • Moch. Afifuddin Universitas Pertahanan RI
  • Triyoga Budi Prasetyo Universitas Pertahanan RI

DOI:

https://doi.org/10.33172/pa.v7i1.920

Abstract

Untuk dapat memahami tentang strategi kontra insurjensi Prancis di Kaledonia Baru diperlukan pemahaman akan lingkungan strategis regional di Pasifik. Hal itu dikarenakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu gerakan insurjensi adalah ada tidaknya dukungan dari negara-negara luar atau organisasi internasional. Oleh karena itu, fenomena meningkatnya kehadiran dan pengaruh China di Pasifik dapat dipersepsikan oleh Prancis sebagai ancaman karena China adalah kiblat gerakan insurjensi seluruh dunia. Penelitian tentang meningkatnya kehadiran dan pengaruh China di Pasifik serta strategi kontra insurjensi Prancis di Kaledonia Baru dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan desain penelitian studi kasus. Hasil penelitian yang diperoleh ternyata Prancis tidak menganggap China sebagai ancaman dan menerapkan strategi pertahanan keamanan dengan membangun kekuatan kooperatif, yaitu membangun kekuatan bersama, bukan kekuatan atas kekuatan lain yang ada di Pasifik seperti China. Kebijakan strategi pertahanan keamanan Prancis tersebut diambil karena China sebagai aktor di kawasan dapat diajak bekerjasama menjaga keamanan dan stabilitas perdamaian di Pasifik yang sangat luas dan mengandung permasalahan yang kompleks. Tetapi, Prancis menyadari perlu selalu mengawasi dan memperingatkan China agar mengikuti aturan hukum internasional. Hasil penelitian terkait strategi kontra insurjensi Prancis di Kaledonia Baru, diketahui Prancis lebih fokus melakukan pembangunan ekonomi dan mengakui identitas Kanak. Sekarang Suku Kanak hidup lebih sejahtera daripada sebelumnya. Sehingga, diprediksi hasil referendum tahun 2020 dan 2022 nanti, mayoritas penduduk Kaledonia Baru akan memilih tetap bersama Prancis.

References

Buku

Adie, William Andrew Charles. (1972) Chinese Strategic Thinking under Mao Tse-tung. Australian National University Press, 3.

J. Moleong, Lexy. (2012). Metode Penelitian Kualitatif (edisi revisi). PT. Remaja Rosda Karya, 6.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta, 252.

W. Creswell, John. (2008). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, 3rd Edition. SAGE, 12-13.

Galtung, Johan. (2009). Theories of conflict, definitions, dimensions, negations, formation. University of Hawaii, 105.

Deutsch, Morton, T. Coleman, Peter, C. Marcus, Eric. (2006) The Handbook of Conflict Resolution, Theory, and Practice, 2nd edition. Jossey-Bass, 120.

Martin Van Creveld (1991), The Transformation of War: The Most Radical Reinterpretation of Armed Conflict Since Clausewitz. Free Press, 78.

F. Lykke, Arthur, Jr. (1998). Military Strategy: Theory and Application. Carlisle. PA: U.S. Army War College.

L. Rousseau, David dan Garcia-Retamero, Rocio. (2006) Identity, Power, and Threat Perception. SAGE Publications, 217.

Wolfers, Arnold. (1962). Discord and Collaboration. The Johns Hopkins Press, 133-143.

Kott, Alexander, dan Skarin, Bruce. (n.d.). Approaches to Modeling Insurgency.

P. Zimmerman, Ericka, EdD, ATC dan Herzog, Valerie, EdD, LAT, ATC. (2009). Conflict Resolution Strategies and Improving Relationships. Weber State University. ATT, 37.

Publikasi

Ministère des Armées. (2019). La France et la Securité en Indopacifique, 1.

Supera, Luc, Baulard, Eric, Baudchon, Gérard. (2010). L'économie calédonienne en mouvement. CEROM, 13.

-24.2., FMI. (2009). Tactics in Counter-Insurgency. Headquarters of the Army, 2-11.

Eddassi, Hassane, PhD. (2019) Presentation on Asian Infrastructure Investment Bank. Université Paris Dauphine.

Websites

CNN Indonesia. (2018). Retrieved from Referendum Kaledonia Baru, Kelompok Pro Kemerdekaan Kalah. https://berita /internasional/11-2018/referendum-kaledonia-baru-kelompok-pro-kemerdekaan-kalah, diakses pada 20 Maret 2019.

Idtesis.com. (2020). Retrieved from Pengertian Gross Domestic Product dan Tipe-Tipe, Glosarium. https://idtesis.com/pengertian-gross-domestic-product/, diakses pada 15 Januari 2020.

Jurnal

Jennings, R.Y. (1964). The Acquisition Of Territory In International Law. THE MODERN LAW REVIEW, 113-114.

Amankwah, H.A. (1996). Self-determination Asia-Pacific Style: Alien Domination and Freedom's Tortuous Path Revisited. James Cook University, 137.

Downloads

Published

2021-02-28

How to Cite

Wijaya, W. W., Afifuddin, M., & Prasetyo, T. B. (2021). STRATEGI PRANCIS MENGHADAPI ANCAMAN PERTAHANAN KEAMANAN DI PASIFIK (STUDI KASUS KONTRA INSURJENSI DI KALEDONIA BARU). Peperangan Asimetris (PA), 7(1), 72–102. https://doi.org/10.33172/pa.v7i1.920