STRATEGI PERTAHANAN PERAIRAN PEDALAMAN DALAM MENGHADAPI ANCAMAN NON-MILITER DI SUNGAI MAHAKAM

Authors

  • Rizky Thesalonika Yulyanti R Universitas Pertahanan RI
  • Amanda Mary Kartika Palar Universitas Pertahanan RI
  • Mayang Agneztia Parasasti Universitas Pertahanan RI

DOI:

https://doi.org/10.33172/spl.v8i2.1538

Abstract

Kepentingan perlindungan warga negara, wilayah, dan sistem politik dari ancaman negara lain adalah bagian dari pertahanan negara yang merupakan elemen pokok sebuah negara. Jika melihat pada situasinya, ancaman yang terjadi di Sungai Mahakam tidak dapat dikategorikan sebagai ancaman militer, tetapi lebih mengarah kepada ancaman non-militer. Berbagai faktor non-militer yang dinilai mempunyai kemampuan yang membahayakan keutuhan wilayah negara, kedaulatan, serta keselamatan segenap bangsa dapat dipahami sebagai ancaman non-militer. Jika tidak ditangani dengan serius, maka ancaman non-militer di Sungai Mahakam ini dapat berkembang menjadi kondisi permanen yang dapat bertransformasi menjadi ancaman besar terhadap pertahanan negara. Sebagai upaya memformulasikan strategi pertahanan perairan pedalaman di Indonesia, penelitian ini mengelaborasikan 4 teori yaitu: Teori strategi maritim, Teori kekuatan laut, Teori ancaman, dan Konsep riverine operation untuk menghindari ancaman di Sungai Mahakam. Dalam penyusunan penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Angkatan Laut diharapkan dapat menerapkan pertahanan di perairan pedalaman di kawasan Sungai Mahakam untuk menghindari ancaman non militer dan mendukung terciptanya pertahanan negara di IKN Nusantara.

References

Bappenas. (2022). Rencana Induk IKN dalam Lampiran Undang – Undang IKN. Jakarta: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Kementerian Pertahanan RI. (2015). Buku Putih Pertahanan Indonesia. Jakarta: Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Mahan, A. T. (1890). The Influence of Sea Power Upon History. Boston: Little, Brown, and Company.

Parliament of Australia. (2018). Maritime Strategy Concept. Canberra: Parliament of Australia.

Sea Power Centre Australia. (2013). What is a Maritime Strategy? Canberra: Sea Power Centre Australia.

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 1996 Tentang Perairan Indonesia

Undang – Undang Pertahanan Negara Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2002, tentang Pertahanan Negara

University of Birmingham. (2015). Learn from the Sea Power Theory and Geopolitical Theory. Birmingham: University of Birmingham.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Yulyanti R, R. T., Kartika Palar, A. M., & Parasasti, M. A. (2022). STRATEGI PERTAHANAN PERAIRAN PEDALAMAN DALAM MENGHADAPI ANCAMAN NON-MILITER DI SUNGAI MAHAKAM. Jurnal Strategi Pertahanan Laut, 8(2), 73–85. https://doi.org/10.33172/spl.v8i2.1538