ANALISIS KERUSAKAN YANG DISEBABKAN OLEH VIBRASI PADA SISTEM SUSPENSI KENDARAAN RODA EMPAT

Authors

  • Sovian Aritonang Prodi TDG Unhan
  • Imastuti Imastuti Prodi TDG Unhan
  • Putri Herdiyana Wulanuari Prodi TDG Unhan

Abstract

Abstrak - Getaran atau vibrasi yang terjadi pada sebuah kendaraan yang sering kita gunakan akan menimbulkan ketidaknyamanan. Tidak hanya itu, getaran yang ditimbulkan secara berlebihan pada kendaraan cepat atau lambat akan menyebabkan kerusakan-kerusakan pada komponen-komponen yang terdapat pada kendaraan. Hal ini tidak berbeda jauh dengan getaran yang ditimbulkan pada suspensi yang berlebihan, tentu akan merusak sistem suspensi itu sendiri. Oleh karena hal tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa jenis-jenis kerusakan yang diakibatkan oleh vibrasi pada sistem suspensi kendaraan roda empat (mobil), supaya adanya tindak lanjut sebagai evaluasi dalam memproduksi kendaraan untuk menghasilkan kendaraan yang berkualitas serta memberikan keamanan dan kenyamanan. Dan akan sangat penting kiranya untuk mendeteksi getaran dan kerusakan yang ditimbulkan dari vibrasi (getaran), dimana selanjutnya dapat dilakukan usaha untuk meminimalisasi getaran atau vibrasi yang terjadi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pertama vibrasi atau getaran pada sistem suspensi akan menimbulkan kerusakan dengan kategori cacat lokal dan cacat terdistribusi. Kedua, vibrasi atau getaran akan menimbulkan kerusakan pada sistem suspensi, begitu juga sebaliknya kerusakan akan menimbulkan getaran. Serta ketiga, untuk menganalisa kerusakan akibat getaran atau vibrasi dapat dibantu oleh beberapa alat standar seperti vibration meter, vibration analyszer, Shock Pulse Meter, dan osciloskop.

Kata kunci: Suspensi Kendaraan, Kendaraan Roda Empat, Vibrasi.

 

Abstract - Vibration that occurs in a vehicle that we use often will cause inconvenience for us. Not only that, the excessive vibration of the vehicle sooner or later will cause damage to the components contained in the vehicle. This is not much different from the vibrations generated on the excessive suspension, will certainly damage the suspension system itself. Therefore, the purpose of this study is to analyze the types of damage caused by vibrations in the vehicle suspension system (car), and also as an evaluation in vehicles production to produce quality vehicles and provide security and comfort. It is an important thing to detect the vibrations and damage caused by vibrations (vibrations), so further efforts can be made to minimize vibration that occurs. The conclusion of this research is that the first vibration in the suspension system will cause damage with local defect categories and distributed defects. Second, vibration will cause damage to the suspension system, and vice versa damage will cause vibration. Third, to analyze the damage caused by vibration can be assisted by some standard tools such as vibration meter, vibration analyzer, Shock Pulse Meter, and osciloskop.

Keywords: Vehicle suspenssion, four wheel vehicle, vibration.

References

Arfiana, Fikri. 2014. Klasifikasi Kendaraan Roda Empat Menggunakan Metode Naïve Bayes. Tersedia dihttp://ejournal.widyatama.ac.id/index.php/if_utama/article/view/25. Diakses pada tanggal 11 Mei 2018.

Susatio & Biyanto. 2006. Perancangan Sistem Suspensi Aktif pada Kendaraan Roda Empat Menggunakan Pengendali Jenis Robust Proporsional, Integral dan Derivatif. Tersedia di http://jurnalmesin.petra.ac.id/index.php/mes/article/view/16523. Diakses pada tanggal 11 Mei 2018.

Suhandoko. 2014. Analisis Getaran Pada Sistem Suspensi Kendaraan Roda Dua (Yamaha Jupiter Z 2004) Menggunakan Simulasi Software Matlab 6.5. Tersedia di http://eprints. ums.ac.id/30618/1/2._PUBLIKASI_ILMIAH.pdf. Diakses pada tanggal 11 Mei 2018.

Galanti, F. 2013. Modelling, Simulation and Control for A Skyhook Suspension. Rusian: Engenharia De Controle A Automacao.

Gao, W, dk. 2007. A Half-Car for Dynamic Analysis of Vehicle with Random Parameters. Australia: Journal Australasian Congress on Applied Mechanics.

Naucler, Peter. 2005. Modelling and Control of Vibration in Mechanical Structures. Swedia: Uppsala Universitet.

Nouvel, Ahmad. 2015. Klasifikasi Kendaraan Roda Empat Berbasis Knn. Jurnal Bianglala Informatika Vol 3 No 2 - September 2015. Tersedia di https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/Bianglala/article/view/540. Diakases pada tanggal 15 Mei 2018.

Departemen Perhubungan. 2009. Peraturan Pemerintah Indonesia Nomor 44 Tahun 1993. Tersedia di http://hubdat.dephub.go.id/ peraturan-pemerintah/82-pp-no-44-tahun-1993-ttg-kendaraan-dan-pengemudi/ download. Diakases pada tanggal 15 Mei 2018.

Downloads

Published

2018-04-02