SIMULASI NUMERIK BALISTIK INTERIOR PADA MUNISI KALIBER 5.56X45 mm MENGGUNAKAN METODE FINITE VOLUME

Authors

  • Muhammad Samsul Ma’arif Universitas Pertahanan Indonesia
  • Romie Oktovianus Bura Universitas Pertahanan Indonesia
  • Robertus Heru Triharjanto Universitas Pertahanan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33172/tsj.v3i1.736

Abstract

Balistik interior merupakan fenomena penembakan yang terjadi didalam laras senjata, yang dimulai dengan pembakaran propelan sampai munisi keluar dari mulut laras. Analisis balistik interior dapat dilakukan dengan metode eksperimen, solusi analitis, maupun memggunakan metode numerik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk pengembangan model Computational Fluid Dynamics (CFD) balistik interior untuk munisi kaliber 5.56x45 mm, yang dikembangkan PT. Pindad, dimana dikembangkan 2 varian propelan, yakni propellan single-based dan double-based. Simulasi dilakukan menggunakan Ansys FLUENT 18.2 dengan pemodelan 2-dimensi dengan turbulen ????????? ???????????????????????????????? pada kondisi transient. Hasil simulasi yang diperoleh mampu menangkap fenomena balistik interior seperti tekanan dan kerapatan gas, kecepatan proyektil, dan action time. Validasi dari simulasi dilakukan dengan membandingkan dengan hasil eksperimen balistik interior yang dilakukan PT. Pindad, dan didapatkan perbedaan sebesar 5,7 % untuk kecepatan proyektil dan 10% untuk action time untuk munisi dengan propellan single-based dan perbedaan sebesar 21,5 % untuk kecepatan proyektil dan 2% untuk action time untuk munisi propellan double-based. Pengembangan model numerik lebih lanjut, seperti 3-dimensi yang bisa memodelkan gerak putar proyektil, diperlukan untuk memperbaiki perbedaan antara simulasi dan experimen.

References

Ansys. (2021). Ansys Inc, Version 18.2 Academic Pakage. USA.

Carlucci, E. Donald and Jacobson, Sidney. (2007). Ballistics, Theory and Design of Gun and Ammunition. CRC Press. New York

Deng, S., Sun, H., Chiu, C.-J., & Chen, K.-C. (2013). Transient finite element for in bore analysis of 9 mm pistols. Applied Mathematics Modelling.

Jang, Jin Sung dkk. (2013). “Numerical Analysis of Interior Ballistic Through Eulerian-Lagrangian Approach”. Journal of Mechanical Science and Technology.

Kolditz, O. (2002). Computational Method in Enviromental Fluid.

Pindad. (2020). Diambil kembali dari https://pindad.com/mu5-tj-azzz.

Ruyat, Y. (2020). Ammunition and Explosion System. Bogor.

Sari, S. (2021). Analisis Pengaruh Aging Terhadap Karakteristik Propelan Munisi Kaliber 5.56x45 mm. Bogor.

Schield, F. (1983). Numerical Analysis. Singapore.

Versteeg, H.K and W. Malalasekera. 2007). An Introduction to Computational Fluid Dynamics 2nd Edition. Pearson Education Limited.

Xavier, Sathish. (2011). Numerical Analysis of Gun Barrel Pressure Blast Using Dynamic Mesh Adaption. Tesis Program Magister Aerodpace Engineering, Embry-Riddle Aeronautical University. Florida.

Zuo, Wangda. (2016). “Introduction Computational Fluid Dynamics”. Petersburg.

Downloads

Published

2021-06-28