DESAIN KONSEPTUAL REMOTE CONTROL WEAPON STATION (RCWS) PADA KAPAL TANPA AWAK GUNA MENDUKUNG OPERASI DAN LATIHAN TNI ANGKATAN LAUT

Authors

  • Agustina Novita Hehakaja Universitas Pertahanan Republik Indonesia
  • I Nengah Putra Apriyanto Universitas Pertahanan Republik Indonesia
  • Jupriyanto Jupriyanto Universitas Pertahanan Republik Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33172/tsj.v3i2.812

Abstract

Dalam hal mewujudkan kebijakan Poros Maritim Dunia (PMD), Pemerintah perlu membangun kekuatan pertahanan maritim yang didukung teknologi satelit dan sistem drone. Pada internal TNI Angkatan Laut upaya yang perlu dilakukan agar Strategi Pertahanan Laut Nusantara dapat mewujudkan Poros Maritim Dunia (PMD) diantaranya dengan Proyeksi kekuatan TNI Angkatan Laut dalam bentuk operasi laut yang merupakan kegiatan penangkalan dan pengendalian laut dengan tujuan untuk mengamankan wilayah perairan  nasional Indonesia. Sarana prasarana pengendalian laut digunakan untuk mampu mengawasi, mendeteksi, mengarahkan dan menindak kapal-kapal yang melakukan pelanggaran di laut. Salah satu teknologi persenjataan yang ada yaitu Remote Control Weapon Station (RCWS). Diperlukan konsep desain alutsista, salah satunya dengan cara penerapan terhadap  Kapal Tanpa Awak yang dilengkapi Remote Control Weapon Station (RCWS) sesuai dengan kebutuhan. Menganalisis Requirement Remote Control Weapon Station (RCWS) pada kapal tanpa awak serta pengaruhnya terhadap kondisi stabilitas kapal untuk operasi dan latihan TNI Angkatan Laut dengan menggunakan System Life Cycle sampai pada perancangan arsitektur sistem senjata Remote Control Weapon Station (RCWS). Kebutuhan menunjukan bahwa terdapat kriteria standar umum dan spesifikasi teknis dimensi, kemampuan dan sistem Remote Control Weapon Station (RCWS) pada kapal tanpa awak. Persyaratan teknis Remote Control Weapon Station (RCWS) pada Kapal Tanpa Awak disusun dengan mengacu kepada Operational Requirement dalam tugas operasi keamanan laut, TNI Angkatan Laut  memerlukan kapal tanpa awak yang dilengkapi dengan remote control weapon stasion (RCWS) guna menghindari korban saat melakukan operasi. Mendesain RCWS pada kapal tanpa awak ini dengan melihat aspek subtasi  yaitu : Senjata, Mounting frame dan Remote system yang akan digunakan pada kapal tanpa awak ini. Analisis Stabilitas Kapal menggunakan Standar stabilitas yang ditetapkan International Maritime Organisation (IMO). Penelitian lebih lanjut dengan menggunakan pemodelan lambung Kapal Tanpa Awak yang memiliki displacement yang besar untuk dapat mengangkut Remote Control Weapon Station (RCWS).

 

References

Agung, A. A. dan T., & Kristiyono. (2019). Stabilitas Kapal Kecil (Vol. 53, Issue 9).

Erwin, I. M., & Prihatmanto, A. S. (2013). Motor driver program on heavy machine gun model for Remote Controlled Weapon Station (RCWS).

Proceedings - International Conference on ICT for Smart Society 2013: “Think Ecosystem Act Convergence”, ICISS 2013, 312–317.

Kementerian Pertahanan. (2015). Buku Putih Pertahanan.

Manurung, H. (2018). Indonesia Menuju Poros Maritim. Seminar Nasional Pakar Ke 1 Tahun 2018, 1(April), 147–152.

Mao, B. Q., Wang, C. Y., Xu, L., Wu, Y. L., & Zhang, X. X. (2012). Research on the structure system mode match of a Remote Control Weapon Station. Applied Mechanics and Materials, 105–107, 275–278.

Nurhadi, H., & Wahyudi, I. (2016). Analisa Struktur Fenite Element Method Rangka Pada Remote Control Weapon System Kaliber 12 . 7 MM. 143–150.

Pambudi, A. E., Maajid, L., Rohman, J., & Mujahidin, I. (2019). Aplikasi Penggunaan Joystick Sebagai Pengendalian Remote Control Weapon Station (Rcws) Senjata Mesin Ringan (Smr). JASIEK (Jurnal Aplikasi Sains, Informasi, Elektronika Dan Komputer), 1(2), 98–105.

Ramadhan, F., & Aryawan, W. D. (2017). Pembuatan Detail Desain Unmanned Surface Vehicle (USV) untuk Monitoring Wilayah Perairan Indonesia. Jurnal Teknik ITS, 6(2).

Studi, M., Kmp, K., Milik, R., Asdp, P. T., & Ferry, I. (2020). Analisa teknis penambahan panjang kapal untuk menambah kapasitas muatan studi kasus kmp. roditha milik pt. asdp indonesia ferry (persero). 131–138.

Widyoutomo, A. (2020). Pengamanan laut mewujudkan keamanan maritim Indonesia. Jurnal Maritim, 1(1), 16

Downloads

Published

2021-12-17