PENGEMBANGAN SISTEM KOMUNIKASI SATELIT SATUAN KOMUNIKASI ELEKTRONIK TENTARA NASIONAL INDONESIA DALAM MENDUKUNG OPERASI DAN LATIHAN TENTARA NASIONAL INDONESIA

Authors

  • Boris Lukman Universitas Pertahanan RI
  • Agus Adriyanto Universitas Pertahanan RI

DOI:

https://doi.org/10.33172/spl.v7i1.850

Abstract

Pengembangan Sistem Komunikasi Satelit (Siskomsat) TNI menjadi salah satu komponen yang penting dalam menjaga kedaulatan negara, seiring dengan perkembangan teknologi di masa kini. Masih adanya kendala-kendala dalam pelaksanaan tugas operasi menggunakan Siskomsat TNI. Tesis ini membahas bagaimana sistem dan metoda yang ada pada Sistem Komunikasi Satelit TNI, sarana dan prasarananya yang berupa infrastruktur Siskomsat, SDM pengawak Siskomsat yang menjadi kriteria dalam mengevaluasi kebijakan Pimpinan TNI dalam Siskomsat TNI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tentang sistem dan metoda, sarana dan prasarana serta SDM yang dibutuhkan dalam pengembangan Siskomsat TNI dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI, terutama dalam operasi dan latihan TNI. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperlukannya upaya strategis yang meliputi penataan sistem dan metoda, peningkatan atau pengembangan sarana dan prasarana, peningkatan kemampuan SDM, dan pola perencanaan pengembangan Siskomsat TNI yang terpadu sehingga dapat mendukung pelaksanaan operasi dan Latihan TNI dengan maksimal.

References

Bungin, Burhan. (2016). Penelitian Kualitatif: Edisi Kedua. Jakarta: Prenada Media.

Maral Gerard, et. al. (2009). Systems, Techniques and Technology, Satellite Communications Systems, Fifth Edition, UK: John Wiley & Sons Ltd.

Hart & Fredrickson. (2003). Kebijakan Publik dan Formulasi, Jakarta: Sinar Harapan.

Octavian, Amarulla. (2011). Militer dan Globalisasi, Studi Sosiologi Militer dalam Konteks Globalisasi dan Kontribusinya Bagi Transformasi TNI. Jakarta : UI Press.

Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 1996 tentang Telekomunikasi.

Winarno, Budi. (2005). Kebijakan Publik. Yogyakarta: PT Adi Wacana.

Warwick, Donald P. (1980). Planning Education For Development volume I-IV. Cambridge, Massachusetts: Harvard University

Downloads

Published

2022-01-24

How to Cite

Lukman, B., & Adriyanto, A. (2022). PENGEMBANGAN SISTEM KOMUNIKASI SATELIT SATUAN KOMUNIKASI ELEKTRONIK TENTARA NASIONAL INDONESIA DALAM MENDUKUNG OPERASI DAN LATIHAN TENTARA NASIONAL INDONESIA. Jurnal Strategi Pertahanan Laut, 7(1), 83–92. https://doi.org/10.33172/spl.v7i1.850

Most read articles by the same author(s)