SINERGITAS KOMANDO ARMADA I DAN BADAN KEAMANAN LAUT REPUBLIK INDONESIA DALAM STRATEGI PERTAHANAN LAUT GUNA MEMBERANTAS KEJAHATAN LINTAS NEGARA DI SELAT MALAKA

Authors

  • Andhika Wira Kusuma Universitas Pertahanan Indonesia
  • Lukman Yudho Prakoso Universitas Pertahanan Indonesia
  • Dohar Sianturi Universitas Pertahanan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33172/spl.v5i2.643

Abstract

Tesis ini menganalisis tentang kerjasama antara Koarmada I dan Bakamla dalam upaya memberantas kejahatan lintas negara yang terjadi di perairan Selat Malaka dan sekitarnya serta mengidentifikasi peraturan yang berlaku dalam melaksanakan kerjasama dan potensi celah yang ada pada tingkat operasional sehubungan dengan kejahatan yang terjadi di laut. Penelitian ini juga berfokus kepada faktor-faktor yang mempengaruhi hubungan kerjasama antara kedua lembaga tersebut dalam upaya pemberantasan kejahatan lintas negara. Pada dasarnya masing-masing lembaga telah memiliki sarana yang dibutuhkan untuk upaya tersebut, namun perlu adanya pemanfaatan bersama terhadap sarana yang ada untuk mencapai hasil yang optimal melalui kerjasama antara kedua lembaga tersebut. Untuk menganalisis hubungan antar kedua lembaga dipergunakan teori kerjasama antar instansi (inter-agency working), sementara untuk melihat manfaat yang dihasilkan dari kerjasama tersebut digunakan teori sinergitas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pengamatan dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih dibutuhkan kerjasama yang lebih intensif dan interaksi secara formal melalui prosedur kerjasama yang efektif agar upaya pemberantasan kejahatan lintas negara, khususnya di perairan Selat Malaka dan sekitarnya dapat berjalan dengan lebih optimal.

Kata Kunci: Kejahatan lintas negara, kerjasama, strategi, selat Malaka

References

Buku dan Jurnal

Barca, Mehmet (2018). The Theory of the Growth of the Firm in Economic Foundations of Strategic Management.

Booth, Ken (1977). Navies and Foreign Policy. London: Routledge.

Buku Putih Pertahanan Indonesia (2015).

Hamid, Abd Rahman (2013). Sejarah Maritim Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Himmelman, Arthur Turovh (2002). Collaboration for Change: Definitions, Decision-Making Models, Roles, and Collaboration Process Guide, White Paper.

Koarmabar (2015). Armada Pengawal Perairan Barat Nusantara. Jakarta: Koarmabar.

Krahmann, Elke (2005). New Threats And New Actors in International Security. New York: Palgrave Macmillan.

Kwa, Chong Guan, and John K. Skogan (2007). Maritime Security in Southeast Asia.

Prakoso, Lukman Yudho, Suhirwan Suhirwan, and Kasih Prihantoro (2020). Sea Defense Strategy And Urgency Of Forming Maritime Command Center. Jurnal Pertahanan Vol. 6 No. 2

Suhirwan, and L. Y. Prakoso (2019). Defense Strategy at Sea Handling of Transnational Organized Crime (TNOC) in Nunukan Indonesia’s National Sea Border, in IOP Conference Series: Earth and Environmental Science.

Susanto, and Dicky R. Munaf (2015). Komando Dan Pengendalian Keamanan Dan Keselamatan Laut Berbasis Sistem Peringatan Dini. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Till, Geoffrey (2013). The Historic Attributes of The Sea And Maritime Developments in The Asia-Pacific, in Maritime Challenges and Priorities in Asia: Implications for Regional Security, ed. by Joshua Ho and Sam Bateman. New York: Routledge.

Internet dan website

https://jurnalmaritim.com/Armada-Sea-and-Coast-Guard-Indonesia/. 2019.

Peraturan Perundang-undangan

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2009 tentang pengesahan United Nations Convention Against Transnational Organized Crime.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2014 tentang Kelautan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pemerintahan Daerah.

United Nations Convention on The Law of The Sea (UNCLOS) 1982.

Downloads

Published

2021-01-08

How to Cite

Kusuma, A. W., Prakoso, L. Y., & Sianturi, D. (2021). SINERGITAS KOMANDO ARMADA I DAN BADAN KEAMANAN LAUT REPUBLIK INDONESIA DALAM STRATEGI PERTAHANAN LAUT GUNA MEMBERANTAS KEJAHATAN LINTAS NEGARA DI SELAT MALAKA. Jurnal Strategi Pertahanan Laut, 5(2). https://doi.org/10.33172/spl.v5i2.643

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>