PEMANFAATAN TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI GEOGRAFI DALAM MENDUKUNG SISTEM PERTAHANAN OBJEK VITAL NASIONAL DITINJAU DARI TATA RUANG WILAYAH DI PROVINSI DKI JAKARTA

Authors

  • Novi Rahmawati Universitas Pertahanan Indonesia
  • Yudhi Swastanto Universitas Pertahanan Indonesia
  • Makmur Supriyatno Universitas Pertahanan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33172/tp.v1i1.484

Abstract

Provinsi DKI Jakarta sebagai ibukota negara menjadi salah satu lokasi strategis yang memiliki berbagai objek vital nasional, salah satunya yaitu Istana Presiden. Upaya pemerintah dalam pertahanan negara khususnya untuk melindungi obvitnas tersebut diimplementasikan dalam strategi pertahanan yang disesuaikan dengan kondisi wilayah yakni dengan membuat sistem
anti serangan udara di gedung tinggi yang direncanakan oleh mantan petinggi Kepala Staf TNI AD yang menjabat tahun 2013-2014, Jenderal (Purn) Budiman. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu mengenai potensi pertahanan yang ada berdasarkan analisis wilayah dan tata ruang di DKI Jakarta secara umum, dan mencoba untuk memanfaatkan Sistem Informasi Geografis dalam
menentukan lokasi yang sesuai dengan strategi pertahanan tersebut berupa penempatan alutsista (rudal) di atas gedung yang tinggi dan memiliki atap yang rata. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memberikan gambaran pola pertahanan di provinsi DKI Jakarta berdasarkan Tata Ruang Wilayah dan sistem pertahanan udara dalam melindungi obvitnas, serta dapat menjadi kajian awal dalam
mendukung sistem pertahanan di provinsi DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan pemanfaatan SIG untuk melakukan analisis buffer wilayah pertahanan di DKI Jakarta serta menganalisis berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah dan Tata Ruang Wilayah Pertahanan. Selain itu juga menggunakan pemanfaatan citra DSM yang diolah dari data LiDAR (Light Detection and Ranging) untuk melihat ketinggian bangunan dalam menganalisis persebaran bangunan tinggi yang terdapat di kawasan Jakarta. Hasil penelitian menemukan bahwa pola pertahanan di DKI Jakarta berdasarkan tata ruang wilayah serta konsep pertahanan udara yang ada dalam melindungi obvitnas, dibagi dalam empat lapisan pertahanan dan menemukan kecamatan Setiabudi sebagai
salah satu lokasi yang sesuai untuk penempatan alutsista tersebut berdasarkan analisis wilayah pertahanan dan ketersediaan lahan terbangun khususnya bangunan tinggi.

Kata Kunci : Pola Pertahanan, DSM, Objek Vital Nasional, Penempatan Alutsista

References

Buku

Departemen Pertahanan Republik Indonesia. 2007. Strategi Pertahanan Negara. Jakarta.

Djumantri, Maman, et al. 2009. Kamus Penataan Ruang. Jakarta : Direktorat Jenderal Penataan Ruang, Kementerian Pekerjaan Umum.

Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. 2015. Doktrin Pertahanan Negara. Jakarta.

Nazir, Mohd. 2014. Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia.

Purwadhi, Sri Hardiyanti F. 2001. Interpretasi Citra Digital. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Supriatna. 2001. Dasar – Dasar Sistem Informasi Geografis. Depok : Departemen Geografi FMIPA UI.

Supriyatno, Makmur. 2014. Tentang Ilmu Pertahanan. Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Sutanto. 1994. Penginderaan Jauh Jilid 1. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Sutanto. 2016. Metode Penelitian Penginderaan Jauh. Yogyakarta : Ombak.

Tim LabSIG. 2006. Modul Praktikum Sistem Informasi Geografis 2. Depok : Departemen Geografi UI.

Jurnal

Ghose, D., U.R. Prasad dan K. Guruprasad. 1993. “Missile Battery Placement for Air Defense : A dynamic Programming Approach”. Appl. Math. Modelling. Volume 17.

Ko Ko, Aung. 2014. “Defensive Power Analysis by Spatial Concept : A Case Study of Meiktila”. Mandalay University Research Journal. Volume 5.

Neritarani, Rivi dan R. Suharyadi. 2013. “Analisis Morfometri Bangunan untuk Evaluasi Penataan Ruang Kawasan Malioboro”. Jurnal Bumi Indonesia. Volume 2, Nomor 3.

Perundang – Undangan

Keputusan Menteri Pertahanan Nomor 138 Tahun 2018 tentang Wilayah Pertahanan dan Rencana Wilayah Pertahanan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2008 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2014 tentang Penataan Wilayah Pertahanan Negara.

Undang-Undang RI Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara.

Tesis

Iriyanto. 2012. “Implementasi Kebijakan Tata Ruang Wilayah DKI Jakarta bagi Peningkatan Efektifitas Gelar Satuan Arhanud pada Objek Vital Nasional di Ibukota Jakarta”. Tesis. Bogor : Program Studi Strategi Perang Semesta, Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahanan.

Poespitohadi, Wibisono. 2014. “Sinergitas Rencana Tata Ruang Wilayah Kodim 0618/BS dengan Pemda Kota Bandung”. Tesis. Bogor : Program Studi Strategi Perang Semesta, Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahanan.

Rosidin. 2013.”Implementasi Kebijakan Pengelolaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat Tentang Ketersediaan Daerah Latihan Militer : Studi pada Kodim 0621/ Kabupaten Bogor”. Tesis. Bogor : Program Studi Strategi Perang Semesta, Fakultas Strategi Pertahanan, Universitas Pertahanan.

Siswanto. 2004. “Peranan Radar dalam Sistem Pertahanan Udara Nasional Sebagai Salah Satu Tugas Pokok TNI AU (Studi Terhadap Ancaman Kedaulatan NKRI di Udara)”. Tesis. Jakarta : Program Pasca Sarjana Pengkajian Stratejik, Universitas Indonesia.

Website

Ahsan, Ahmad Syauqi. 2016. “Teori GIS dan Analisa Spasial” dalam http://ariv.lecturer.pens.ac.id, diakses pada tanggal 3 September 2018 pukul 06.24 WIB.

Anonim. 2016. “Penginderaan Jauh dan Penjelasannya” dalamhttps://www.

amuzigi.com, diakses pada tanggal 3 September 2018 pukul 05.00 WIB.

Anonim. 2017. “Components of GIS” dalam https://grindgis.com, diakses pada November 2018.

Enviromental Systems Research Institute (ESRI). 2016. “Fundamentals about Lidar” dalam http://desktop.arcgis. com/en/arcmap/10.4/

manage-data/las-dataset/what-is-lidar-data-.htm, diakses pada tanggal 26 Februari 2019.

Kumar, Rohit. 2015. “3D Landscape (DSM/DTM) Service” dalam http://www.satpalda.com, diakses pada tanggal 3 September 2018 pukul 05.00 WIB.

National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA). 2018. “What is LIDAR” dalam https://oceanservice.noaa.gov, diakses pada tanggal 27 September 2018.

Prabowo, Prasto. 2013. “4 Rencana Sistem Pertahanan untuk Jakarta” dalam http://www.satuharapan.

com, diakses pada tanggal 1 September 2018.

Downloads

Published

2020-04-22

How to Cite

Rahmawati, N., Swastanto, Y., & Supriyatno, M. (2020). PEMANFAATAN TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI GEOGRAFI DALAM MENDUKUNG SISTEM PERTAHANAN OBJEK VITAL NASIONAL DITINJAU DARI TATA RUANG WILAYAH DI PROVINSI DKI JAKARTA. Teknologi Penginderaan, 1(1). https://doi.org/10.33172/tp.v1i1.484

Most read articles by the same author(s)