DETEKSI COVID-19 MENGGUNAKAN ANALISIS METODE CERTAINTY FACTOR (CF) DALAM RANGKA MENINGKATKAN PERTAHANAN NEGARA

Authors

  • Defin Ahanudin Universitas Pertahanan Republik Indonesia
  • Rudy A.G Gultom Universitas Pertahanan Republik Indonesia
  • Makmur Supriyatno Universitas Pertahanan Republik Indonesia
  • Romie Oktovianus Bura Universitas Pertahanan Republik Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33172/tp.v3i2.825

Abstract

COVID-19 merupakan suatu virus baru yang dinyatakan oleh WHO sebagai pandemi global sedangkan di indonesia kasus penularaan COVID-19 terbilang tinggi dampaknya pemerintah membuat suatu kebijakan baru dengan tujuan memutus penularan covid-19. Hal tersebut menjadi tantangan dalam mengatasi dan menghadapi pandemic COVID-19. Penelitian ini dilakukan dalam meningkatkan pertahanan negara dengan membangun sebuah sistem yang dapat terkoneksi dengan internet melalui perangkat handphone maupun komputer dengan tujuan dapat mengetahui seseorang tertular virus corona. Penelitian ini menggunakan metode certainty factor (CF) sebagai salah satu bagian dari kecerdasan buatan yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia kekomputer sehingga komputer dapat melakukan pekerjaan seperti seorang pakar. Adanya sebuah nilai yaitu nilai kepercayaan MB (measure of belief) dan nilai MD ketidak kepercayaan (measure of disbelief) yang didapatkan dari seorang narasumber yang menangani COVID-19 dengan dilakukannya suatu pengumpulan data untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan perancangan sistem dan data yang akan dianalisis. informasi yang dibutuhkan berupa nama penyakit yang memiliki kerentanan dan gejala COVID-19 yang dirasakan dan dikeluhkan oleh pasien positif COVID-19. Setelah dilakukan penelitian menggunakan metode certainty factor dapat diterapkan dalam mendeteksi dini gejala covid-19 sebelum dilakukannya deteksi secara fisik yang dapat diukur dari perhitungan jumlah gejala yang dimiliki. Pengujian dilakukan terhadap beberapa koresponden sehingga disimpulkan tingkat akurasi sistem ini berjalan dengan baik.

References

Bramasta & Bayu, D. (2020). Update Virus Corona di Dunia 1 April: 854.608 Kasus di 201 Negara, 176.908 Sembuh.

Kementrian Pertahanan Republik, (2014). Jakarta: Buku Putih Pertahanan

Fanny, R. R., Hasibuan, N. A., Buulolo, E. (2017). Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Asidosis Tubulus Renalis Menggunakan Metode Certainty factor Dengan Penulusuran Forward Chaining. Media Informatika Budidarma, Vol 1, No 1.

Halim, S. & Seng, H. (2015).” Penerapan Metode Certainty factor dalam Sistem Pakar Pendeteksi Resiko Osteoporosis dan Osteoarthritis”. ULTIMA Computing, Vol. VII, No. 2

Hasibuan, N. A., dkk (2017). “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kaki Gajah Menggunakan Metode Certainty factor”. Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika (JURASIK). Vol (2) No 1.

Ilpaji, S. M., dkk. (2020). “Analisis Pengaruh Tingkat Kematian Akibat Covid-19 Terhadap Kesehatan Mental Masyarakat di Indonesia ”. Universitas Padjadjaran. Jurnal Pekerjaan Sosial. Vol. 3 No: 1.

Kusumadewi, S. (2003) Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Graha Ilmu. Yogyakarta

Ulinnuha, S. W., Sugiharti, E., & Arini, F. Y. (2017) “Expert System Diagnosis Dental Disease Using Certainty factor Method”. Scientific Journal of Informatics. Vol. 4, No.1.

Septiana, L. (2016). “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ispa Dengan Metode Certainty factor Berbasis Android”. Jurnal Techno Nusa Mandiri Vol. XIII, No. 2.

Susilo, A., dkk. (2020). “Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini”. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia. Vol. 7, No. 1 .

Downloads

Published

2022-01-07

How to Cite

Ahanudin, D., Gultom, R. A., Supriyatno, M., & Bura, R. O. (2022). DETEKSI COVID-19 MENGGUNAKAN ANALISIS METODE CERTAINTY FACTOR (CF) DALAM RANGKA MENINGKATKAN PERTAHANAN NEGARA. Teknologi Penginderaan, 3(2). https://doi.org/10.33172/tp.v3i2.825

Most read articles by the same author(s)